TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Aplikasi Desain Rumah HP dan PC Terbaik 2023, User Friendly

Bantu rancang rumah idamanmu!

ilustrasi aplikasi Desain Rumah (dok. apps.apple.com)

Punya keinginan membangun rumah sendiri? Sambil nyicil modalnya, yuk coba buat desain rumah idaman versimu.

Jika menyewa jasa arsitek masih terasa mahal, kamu bisa mencoba alternatif lain, yakni dengan menggunakan aplikasi desain rumah HP dan PC. Ada aplikasi yang cocok dipakai pemula. Kamu gak perlu jadi desainer profesional dulu, kok.

Nah, IDN Times sudah menghimpun 10 aplikasi desain rumah terbaru untukmu, yang terdiri dari aplikasi desain rumah di HP dan aplikasi desain rumah di PC atau laptop. Kamu tinggal pilih yang paling mudah digunakan, ya.

1. TurboFloorPlan Home & Landscape Pro

TurboFloorPlan Home & Landscape Pro (dok. turbocad.com)

Aplikasi desain rumah HP dan PC yang pertama adalah TurboFloorPlan Home & Landscape Pro. Aplikasi ini termasuk yang paling populer karena mudah digunakan, apalagi untuk pemula yang gak ada pengalaman mendesain rumah sebelumnya.

Tersedia fitur dan template menarik yang bisa dipakai. Meski tanpa skill khusus, mendesain rumah terasa lebih gampang.

Sebelumnya, aplikasi desain rumah ini hanya tersedia untuk MacBook atau Mac. Namun, sekarang pengguna iPhone juga bisa menggunakannya. Hanya saja, kamu perlu mengeluarkan bujet sekitar Rp2,1 juta karena aplikasi ini termasuk perangkat lunak berbayar.

2. FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro with Lightworks

FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro with Lightworks (dok. turbocad.com)

Selanjutnya, aplikasi desain rumah untuk PC atau laptop. Sayangnya, aplikasi ini gak bisa dipakai oleh sembarang orang. Sebab, FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro with Lightworks khusus dibuat untuk arsitek profesional. 

Lantas, bagaimana dengan pemula yang gak punya kemampuan mendesain? Jalan alternatifnya adalah, melihat video training yang sudah disediakan dulu.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, FloorPlan 2020 Home & Landscape Pro with Lightworks baru bisa digunakan setelah kamu membelinya sekitar Rp2,8 juta. Ini harga yang cukup worth sih, mengingat aplikasi ini menghadirkan fitur canggih dan terbaik.

Tersedia juga fitur 360 degree Online Viewer, sehingga kamu bisa melihat desain visual secara jelas. Bila melihat fitur yang ditawarkan, gak heran aplikasi ini khusus untuk arsitek.

3. Roomstyler 3D Home Planner

Roomstyler (dok. roomstyler.com)

Meski Roomstyler 3D Home Planner gak bisa disebut aplikasi desain rumah HP dan PC, tapi situs ini sangat layak dipertimbangkan. Gak hanya desain 2D, kamu juga bisa membuat desain 3D. Menariknya lagi, kamu bisa menyimpan desain yang telah dibuat.

Bagi kamu yang suka main The Sims, pasti gak asing dengan Roomstyler 3D Home Planner ini. Tampilannya mirip seperti game simulasi kehidupan. 

Kabar baiknya nih, Roomstyler 3D Home Planner bisa diakses secara gratis. Ornamen yang disediakan juga lengkap, bahkan ada perabotan rumah seperti meja, kursi, lemari, dan jam dinding.

Baca Juga: 7 Aplikasi Scan Foto Terbaik, Simpan Foto Kertas Jadi Digital

4. SketchUp

Sketchup (dok. sketchup.com)

SketchUp cukup terkenal di kalangan arsitek. Situs ini kadang disamakan dengan Adobe Photoshop. Namun, kamu gak perlu khawatir karena situs ini masih user friendly. Sehingga, bisa dipakai pemula atau profesional.

Jika ingin mendapatkan versi aplikasinya, unduh SketchUp Make dan SketchUp Pro. Perlu diingat, aplikasi tersebut bisa dipakai jika kamu berlangganan.

Berbeda dengan versi gratis, aplikasi yang berbayar memiliki fitur lebih lengkap. Ini cocok untukmu yang memang ingin menjadi arsitek profesional. Apabila hanya ingin belajar mendesain rumah sendiri, situs yang bisa diakses gratis sudah sangat cukup untuk pemula.

5. DreamPlan

DreamPlan (dok. apps.apple.com)

Aplikasi desain rumah HP dan PC ini juga gak kalah menarik, lho. Cocok untuk kamu yang gak selalu bisa terkoneksi dengan internet. Sehingga, aplikasi desain rumah untuk PC ini lebih praktis.

Pemula dapat belajar mendesain rumah sederhana. Bahkan, ada template yang bisa kamu gunakan patokan untuk membuat desain rumah. Walaupun tampilan antarmukanya gak terlalu kece, tapi fitur-fiturnya cukup membantumu.

6. Planner 5D

aplikasi desain rumah (dok. planner5D.com)

Kamu gak mau repot mendesain rumah lewat PC? Tenang, ada aplikasi desain rumah di HP yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah Planner 5D. 

Aplikasi ini bisa diunduh dan dipakai di HP Android dan iPhone. Fiturnya lengkap dan bisa digunakan untuk membuat desain 2D atau 3D. 

Selain itu, ada bermacam-macam template yang dapat kamu pakai. Menariknya, kamu juga bisa membuat desain rumah bagian dalam, bukan hanya bagian luar saja. 

7. Houzz

Houzz (dok. houzz.com)

Aplikasi desain rumah HP dan PC ini memberikan bermacam-macam inspirasi. Jika kamu enggan membuat desain, kamu bisa melihat foto-foto desain saja. 

Satu keunggulan yang gak boleh dilewatkan, yaitu ada fitur khusus untuk terkoneksi dengan jasa konsultasi rumah dan toko furnitur. Kamu bisa mengecek kecocokan furnitur di ruangan juga. Simpan desain ke galeri jika sudah selesai.

8. Kitchen Planner 3D

Kitchen Planner 3D (dok. kitchenplanner)

Mau aplikasi desain rumah di HP yang mudah? Kitchen Planner 3D adalah jawabannya.

Kamu bisa menyimpan dan mengekspor gambar ke galeri tanpa bayar. Berbeda dengan aplikasi lain, kamu juga bisa membuat desain dapur sendiri dengan aplikasi ini.

Sesuai dengan namanya, kamu bisa membuat desain secara 3D. Sehingga, peletakan perabotan rumah lebih gampang. Kamu jadi bisa mengamati desain lebih leluasa. 

9. Design Home

aplikasi Design Home (play.google.com)

Berikutnya, aplikasi desain rumah HP dan PC bernama Design Home. Aplikasi ini menawarkan pengalaman seru, sebab bentuknya adalah game desain rumah.

Selain menyenangkan, kamu dapat merancang rumah impianmu. Tersedia katalog furnitur dari brand-brand yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi. Secara tampilan antarmuka dan fitur-fitur, aplikasi ini sangat cocok untuk pemula, ya.

Baca Juga: Cara Mengganti Notifikasi WA dengan Suara Google Terbaru

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya