Comscore Tracker

Daftar 7 Browser Terbaik untuk Digunakan di Windows 11

Semuanya bisa diunduh dan digunakan secara gratis!

Kemunculan internet melahirkan banyak aplikasi untuk memfasilitasi kebutuhan pengguna akan akses ke internet. Butuh beberapa tahun memang, tetapi kini aplikasi yang disebut dengan browser itu telah mencapai titik di mana sebagian besar di antaranya nyaman untuk digunakan dan sangat membantu pengguna untuk berselancar di internet.

Ada banyak pilihan browser di luar sana terutama untuk digunakan dalam sistem operasi baru seperti Windows 11. Berikut beberapa di antaranya.

1. Mozilla Firefox

Daftar 7 Browser Terbaik untuk Digunakan di Windows 11ilustrasi Mozilla Firefox (techradar.com)

Mozilla Firefox telah ada sejak 2002 silam dan hadir sebagai alternatif yang lebih user-friendly sekaligus cepat bagi browser bawaan Windows saat itu, yakni Internet Explorer.

Meski tak lagi jadi satu-satunya alternatif, Firefox tetap dibekali segudang fitur dan hingga kini, masih menjadi salah satu browser paling aman.

Selain itu, Firefox juga memungkinkan pengguna untuk menghentikan video dari diputar secara otomatis, menyimpan password dengan aman hanya dalam satu kali klik dan mengambil screenshot lebih mudah.

2. Microsoft Edge

Daftar 7 Browser Terbaik untuk Digunakan di Windows 11ilustrasi Microsoft Edge (techradar.com)

Internet Explorer merupakan browser bawaan Windows yang dikenal sangat lambat. Menyikapi hal tersebut, Microsoft akhirnya memutuskan untuk membuat browser baru yang dibangun menggunakan engine berbasis Chromium.

Browser itu adalah Microsoft Edge yang kini telah menggantikan Internet Explorer sebagai browser bawaan Windows (terutama dalam Windows 11).

Selain punya performa yang lebih cepat, Edge juga jauh lebih aman dengan user-interface yang lebih modern. Selain itu, Edge juga dibekali dengan cukup banyak fitur menarik.

3. Google Chrome

Daftar 7 Browser Terbaik untuk Digunakan di Windows 11ilustrasi Google Chrome (techradar.com)

Sebelum Microsoft melahirkan Edge, Google Chrome menjadi browser pertama yang dibangun menggunakan engine berbasis Chromium.

Bagi yang belum tahu, Chromium merupakan source code bersifat open-source yang dibuat oleh Google sendiri. Chrome dikenal karena user experience yang unik, di samping jadi salah satu browser paling responsif dan cepat ketika pertama kali dirilis.

Meski kini telah ada cukup banyak opsi browser untuk dipilih, Chrome masih dinilai sebagai yang terbaik terutama lewat katalog extension-nya yang lengkap.

4. Opera GX

Daftar 7 Browser Terbaik untuk Digunakan di Windows 11ilustrasi Opera GX (pcmag.com)

Opera GX merupakan browser yang ditujukan untuk para gamer. Salah satu perbedaan terbesar dari browser ini dibanding saudaranya, yaitu Opera, adalah fakta bahwa Opera GX dilengkapi fitur yang membuatnya bisa lebih ramah untuk sistem operasi pengguna.

Opera GX memungkinkan pengguna untuk mengatur limit penggunaan CPU, GPU, dan RAM. Jadi, sekalipun berjalan di latar belakang, Opera GX tetap tidak mengganggu kinerja perangkat secara keseluruhan. Sebagai browser untuk gamer, Opera GX juga hadir dengan UI atraktif khas gamer.

5. Vivaldi

Daftar 7 Browser Terbaik untuk Digunakan di Windows 11ilustrasi Vivaldi (techradar.com)

Vivaldi merupakan browser gratis yang diluncurkan pada 2016 silam. Tidak hanya di sistem operasi seperti Windows, Vivaldi juga tersedia di hampir semua OS seperti macOS, Linux, dan Android.

Vivaldi dipasarkan sebagai browser yang akan menjaga privasi pengguna termasuk dengan melindungi informasi pengguna untuk diam-diam diambil oleh situs-situs tertentu.

Cara pemasangan browser yang satu ini sangat mudah dan pengguna juga bisa mengimpor data browser, seperti bookmark dan riwayat dari browser sebelah, dengan sangat mudah ke Vivaldi.

6. Brave

Daftar 7 Browser Terbaik untuk Digunakan di Windows 11ilustrasi Brave (techradar.com)

Selanjutnya adalah Brave yang tak kalah menarik dengan browser-browser lain dalam daftar ini. Browser ini dibangun menggunakan engine berbasis Chromium dan tidak lemot sebagaimana browser berbasis Chromium lainnya.

Brave memiliki segudang fitur menarik, salah satunya adalah fitur yang akan mengeliminasi pengumpulan metadata guna mencegah situs tertentu untuk menampilkan iklan terkustomisasi.

Selain itu, ada juga aplikasi video konferensi bawaan yang memanfaatkan jaringan dengan keamanan tinggi yang dimiliki oleh Brave.

7. Slim Browser

Daftar 7 Browser Terbaik untuk Digunakan di Windows 11ilustrasi Slim Browser (slimbrowser.net)

Jika segudang fitur yang dimiliki oleh browser-browser modern dirasa terlalu berlebihan dan kurang penting, maka Slim Browser bisa dipilih sebagai alternatif yang menarik.

Slim Browser merupakan browser minimalis yang dilengkapi fitur-fitur basic yang bisa ditemukan di hampir semua browser. Browser ini terbilang aman dan hadir dengan adblocker atau pemblokir iklan bawaan.

Di samping itu, ada pula plug-in yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan pengalaman browsing dan download manager bawaan yang tak kalah cepat dari download manager pihak ketiga.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa browser terbaik untuk digunakan di Windows 11. Bagi yang tertarik, semua browser di atas bisa diunduh secara gratis di laman resmi masing-masing.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya