Comscore Tracker

Fitur Baru Instagram? Berbagi Link via Sticker di Stories

Masih dalam tahap pengujian awal

Selain Reels yang dibuat untuk menyaingi platform lain seperti TikTok, salah satu nilai jual utama Instagram adalah Stories. Setelah menghadirkan beberapa fitur seperti polling, kuis, pertanyaan dan musik, Instagram saat ini tengah bersiap-siap untuk merilis fitur baru. Fitur baru tersebut memungkinkan pengguna untuk berbagi link atau tautan via stiker di Stories. 

1. Alternatif dari fitur berbagi link yang selama ini terbatas

Fitur Baru Instagram? Berbagi Link via Sticker di Storiesvulture.com

Sebelum Instagram berencana meluncurkan fitur berbagi link via stiker, sebelumnya pengguna bisa menyematkan link di Stories mereka dan pengguna lain yang melihatnya bisa mengaksesnya hanya dengan “Swipe Up” Stories terkait. Sayangnya, fitur tersebut tergolong “eksklusif” karena hanya bisa digunakan oleh pengguna dengan jumlah pengikut sebanyak 10 ribu atau yang akunnya telah diverifikasi dengan keterangan centang biru. Karenanya, dengan fitur baru ini, diharapkan pengguna dengan jumlah pengikut sedikit dapat menikmati dukungan berbagi link serupa.

Baca Juga: 7 Fitur Baru Instagram 2021 yang Tak Banyak Orang Ketahui

2. Saat ini masih dalam tahap pengujian berskala kecil

Fitur Baru Instagram? Berbagi Link via Sticker di Storiestheverge.com

Kepada The Verge, Head of Product Instagram – Vishal Shah menyebut bahwa fitur berbagi link baru yang mereka kembangkan masih dalam tahap awal pengujian berskala kecil. Fokus utama saat ini adalah untuk memantau jenis link apa yang dibagikan oleh pengguna, terutama untuk link yang memuat hoax atau spam.

Lebih lanjut, Shah menjelaskan jika fitur berbagi link via stiker ini ke depannya direncanakan tidak hanya untuk pengguna biasa saja, namun juga pengguna dengan hak berbagi link via swipe up. Jadi, bukan tidak mungkin fitur swipe up akan dihilangkan dan diganti dengan fitur baru ini.

3. Hanya untuk Stories saja

Fitur Baru Instagram? Berbagi Link via Sticker di Storiestheverge.com

Saat ini, fitur berbagi link via stiker hanya direncanakan untuk bisa digunakan di Stories saja. Shah mengatakan bahwa belum atau tidak ada rencana untuk menambahkan fitur serupa ke feed atau bagian lain dari Instagram.

Di samping itu, tidak seperti swipe up di mana pengguna hanya bisa mengakses link yang dibagikan saja, fitur berbagi link via stiker memungkinkan pengguna untuk merespons atau memberi komentar via DM (Direct Message). Karena masih dalam tahap pengujian awal, belum ada kepastian terkait kapan fitur ini akan tersedia secara global.

Bagaimana pendapat kamu tentang fitur ini? Dan kira-kira fitur apa yang kamu harapkan untuk hadir di Instagram ke depannya?

Baca Juga: 7 Fakta Unik Instagram Reels, Apa Lebih Baik dari TikTok?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya