Comscore Tracker

7 Aplikasi Pembaca PDF dan E-book Terbaik untuk Windows

Mulai dari yang paling ringan hingga berfitur lengkap

Sementara ebook mengubah cara kerja manusia dalam membaca buku, PDF menjadi format umum dari ebook itu sendiri. Tidak seperti DOC, PDF bukanlah jenis format dokumen yang hanya bisa dibuka lewat aplikasi tertentu.

Hampir semua browser populer seperti Chrome, Firefox dan Edge dapat digunakan untuk membuka file PDF. Akan tetapi, itu hadir dengan banyak keterbatasan.

Oleh karena itu, dibutuhkan yang namanya aplikasi PDF khusus untuk bisa mendapatkan fitur yang lebih lengkap seperti edit, merge dan convert. Berikut 7 di antaranya yang direkomendasikan!

1. Adobe Acrobat Reader DC

7 Aplikasi Pembaca PDF dan E-book Terbaik untuk Windowspcworld.com

Acrobat Reader DC merupakan aplikasi pembaca PDF gratis dari Adobe yang jadi salah satu yang paling direkomendasikan. Ini dilengkapi dengan fitur cloud saving, di mana pengguna bisa menyimpan atau membuka file PDF di berbagai layanan cloud seperti Dropbox, OneDrive dan Box.

Apa yang membuat aplikasi ini menarik adalah fakta bahwa ini bisa membuka lebih dari satu file PDF besar secara bersamaan. Selain itu, ini juga dibekali dengan semua tools yang diharapkan seperti menyorot teks, menambahkan komen dan menandatangani formulir.

2. Foxit Reader

7 Aplikasi Pembaca PDF dan E-book Terbaik untuk Windowsfoxitsoftware.com

Foxit Reader lebih dari sekadar aplikasi pembaca PDF gratis. Selain membaca, pengguna juga dapat membuat PDF melalui aplikasi ini. Integrasi dengan Microsoft Office juga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengubah dokumen mereka ke dalam bentuk PDF.

UI yang sederhana juga membuat hal-hal seperti editing, tanda tangan, menyoroti dan memberi komentar jadi bisa lebih mudah untuk dilakukan. Selain itu, ini juga menawarkan mode Safe Reading untuk secara otomatis menonaktifkan Javascript yang tertanam di dalam PDF yang telah diunduh.

3. Slim PDF

7 Aplikasi Pembaca PDF dan E-book Terbaik untuk Windowstechradar.com

Sesuai namanya, Slim PDF merupakan aplikasi pembaca PDF yang ‘ramping’. Dengan ukuran hanya 1,43 MB saja, Slim menawarkan kecepatan buka dan load dokumen lebih cepat dari aplikasi kebanyakan. Namun, dengan ukuran sekecil itu, Slim tidak dibekali dengan banyak fitur.

Tidak ada tools seperti tanda tangan, mengisi, berkomentar atau membaca. Terdapat opsi untuk mengonversi dokumen ke PDF, namun itu memerlukan software tambahan. Meskipun begitu, Slim dapat melakukan tugasnya sebagai aplikasi pembaca PDF dengan sangat baik dan cepat.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Harus Segera Beralih dari Windows 7 ke 10 Tahun 2020 Ini

4. Nitro Reader

7 Aplikasi Pembaca PDF dan E-book Terbaik untuk Windowseasybranches.com

Nitro Reader merupakan aplikasi pembaca PDF gratis terbaik lain yang sekelas dengan Foxit Reader dan Adobe Acrobat Reader DC. Satu hal yang membuat Nitro berbeda dari kompetitor adalah dukungan touchscreen untuk perangkat seperti tablet. Karenanya, Nitro sangat direkomendasikan untuk digunakan membaca e-book.

Tidak seperti Foxit dan Acrobat, Nitro tidak dilengkapi dengan fitur seperti mengisi dan menandatangani. Akan tetapi, Nitro memungkinkan pengguna untuk mengonversi file PDF ke format dokumen lain dan sebaliknya.

5. Expert PDF Reader

7 Aplikasi Pembaca PDF dan E-book Terbaik untuk Windowssoftpedia.com

Expert PDF Reader merupakan aplikasi pembaca PDF yang ringan, namun tidak melupakan kelengkapan alat. Aplikasi yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengisi dan menandatangani dokumen hingga melampirkan dokumen tambahan ke PDF. Namun, Expert tidak dapat digunakan untuk mengonversi antar jenis file.

Selain itu, tidak ada pula mode baca atau keamanan yang ketat seperti Foxit. Kendati demikian, Expert masih layak untuk digunakan, terlebih karena ukurannya yang minimalis dan UI bergaya Microsoft Word yang mudah untuk dinavigasikan.

6. Sumatra PDF

7 Aplikasi Pembaca PDF dan E-book Terbaik untuk Windowssoftpedia.com

Menemani Slim PDF, Sumatra PDF menjadi aplikasi pembaca PDF yang tidak hanya terbaik, namun juga ringan dengan ukuran kurang dari 5MB. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan bisa digunakan pada sistem operasi Windows XP hingga Windows 10 terbaru.

Sumatra PDF sendiri dilisensikan di bawah lisensi GPLv3 dan tidak mendukung format PDF saja, namun juga format EPUB, MOBI, FB2, CHM, XPS dan DjVU. Meski tidak dilengkapi dengan banyak fitur, Sumatra PDF tetap bisa menghadirkan pengalaman membaca PDF dan e-book dengan sangat baik.

7. Javelin PDF Reader

7 Aplikasi Pembaca PDF dan E-book Terbaik untuk Windowstopthuthuat.com

Yang terakhir adalah Javelin PDF Reader, yang bisa dibilang merupakan aplikasi pembaca PDF paling sederhana dan mendasar di daftar ini. Ini tidak hadir dengan begitu banyak fitur seperti Foxit atau Nitro, namun menawarkan UI yang super bersih untuk aktivitas membaca PDF yang lebih baik.

Ukuran dari aplikasi ini hanyalah 2MB yang mana itu sangatlah kecil, terlebih jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis seperti Adobe Acrobat Reader D. Sebagai tambahan, Javelin juga dapat digunakan untuk melihat file PDF dengan keamanan DRM, yang umumnya membutuhkan kunci dekripsi untuk bisa dibuka.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi aplikasi pembaca PDF dan e-book terbaik untuk Windows. Semua aplikasi di atas bisa diunduh secara gratis, dengan opsi berbayar untuk membuka beberapa fitur yang terkunci.

Baca Juga: Cara Mengubah PDF ke Word di HP dan PC, Gak Ribet!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya