Comscore Tracker

Dijamin Aman, 7 Situs Download APK Alternatif Play Store

Bebas malware dan APK versi mod

Ada banyak alasan mengapa aplikasi atau game Android yang kamu inginkan tidak tersedia di Google Play Store. Salah satu yang paling umum adalah faktor wilayah di mana aplikasi tertentu hanya tersedia untuk digunakan di beberapa wilayah atau negara saja.

Kabar baiknya, di luar sana ada cukup banyak situs yang menyediakan aplikasi atau game Android yang tidak ada di Play Store, termasuk yang terkena dampak seperti pemblokiran wilayah tadi. Berikut beberapa situs terbaik alternatif Play Store untuk download APK yang bisa kamu kunjungi.

1. APKMirror

Dijamin Aman, 7 Situs Download APK Alternatif Play Storeapkmirror.com

APKMirror mungkin jadi situs download APK terbaik saat ini. Bagaimana tidak, situs ini dikelola oleh salah satu situs berita Android terpopuler yaitu Android Police. Jadi untuk urusan keamanan, APKMirror masuk dalam kategori yang terjamin.

APKMirror bahkan memiliki kebijakan yang memungkinkan file APK versi mod atau bajakan, tidak bisa tersedia di situs mereka. Untuk tiap aplikasi yang akan diunduh, kamu bisa mengunduh versi sebelumnya, melihat informasi yang diambil langsung dari Google Play Store dan mengunduh aplikasi lain yang berkaitan.

2. APKPure

Dijamin Aman, 7 Situs Download APK Alternatif Play Storeapkpure.com

Salah satu kompetitor paling populer untuk APKMirror adalah APKPure. Sama seperti APKMirror, APKPure punya kebijakan keamanan yang ketat untuk memastikan file APK yang kamu unduh aman dan bebas virus. APKPure menggunakan SHA1 untuk memastikan jika sertifikasi tiap aplikasi aman.

Lalu, ada juga pengecekan “cryptography” untuk mengetahui apakah file APK versi lawas juga datang dari developer yang sama, atau justru disusupi oleh developer abal-abal. Untuk lain-lain, APKPure mengambil screenshot, deskripsi aplikasi dan yang lainnya langsung dari Google Play Store.

3. APK-DL

Dijamin Aman, 7 Situs Download APK Alternatif Play Storeapk-dl.com

APK-DL mungkin tidak sepopuler APKMirror atau APKPure, namun untuk urusan keamanan file dan kelengkapan aplikasi yang ada, situs ini jadi salah satu yang terbaik. Semua aplikasi dan game yang disediakan oleh situs ini semua diambil secara langsung dari Google Play, sehingga keamanannya terjamin dan tidak ada versi mod atau versi berbayar yang bisa diunduh secara gratis. APK-DL sangat lengkap sampai-sampai kamu bisa sepenuhnya beralih dari Google Play Store untuk menggunakan situs ini sebagai tempat utama untuk mendapat aplikasi dan game Android.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android Termahal di Play Store, sampai Rp5 Juta

4. Aptoide

Dijamin Aman, 7 Situs Download APK Alternatif Play Storeaptoide.com

Aptoide merupakan situs download file APK terbesar selanjutnya, dengan lebih dari 200 juta pengguna dan 6 miliar unduhan secara pertama kali diluncurkan. Sama seperti APKPure, situs ini menawarkan aplikasi sendiri yang memungkinkan kamu untuk mengaksesnya dan mengunduh file APK langsung dari HP kamu.

Perusahaan yang membuat Aptoide juga dikenal karena teknologi blockchain dan cryptocurrency-nya. Aptoide memiliki token yang disebut AppCoins yang dapat meningkatkan pendapatan mereka di samping kegunaan yang lainnya.

5. Yalp Store

Dijamin Aman, 7 Situs Download APK Alternatif Play Storetechcult.com

Selanjutnya agak berbeda. Yalp Store bukan situs berbasis web melainkan aplikasi yang ketika diinstal di HP kamu, bisa digunakan untuk mengunduh file APK langsung dari Google Play Store. Karenanya, keamanan file APK yang diunduh sangat terjamin dan dapat dipastikan bebas malware maupun virus.

Yang menarik, kamu dapat mengunduh sebanyak mungkin aplikasi/game yang kamu inginkan tanpa harus login ke akun Google. Plus, HP yang sudah dalam mode root bisa mendapat lebih banyak keuntungan lewat aplikasi. Yalp Store yang juga jadi salah satu alternatif terbaik bisa diunduh dan diinstal lewat F-Droid.

6. APKMonk

Dijamin Aman, 7 Situs Download APK Alternatif Play Storeapkmonk.com

APKMonk merupakan situs download APK yang tidak kalah populer. Situs ini berfokus pada game, dengan halaman awalnya langsung menunjukkan kamu game apa saja yang trending dan kini banyak dimainkan. APKMonk tergolong aman karena menjalankan pengecekan malware sendiri sebelum memasukkan aplikasi ke dalam situsnya.

Selain itu, APKMonk juga punya versi lain dari aplikasi yang ditawarkan, metadata yang diambil langsung dari Google Play Store dan tautan kembali ke aplikasinya di Play Store. Ini cukup direkomendasikan.

7. APKHere

Dijamin Aman, 7 Situs Download APK Alternatif Play Storeapkhere.com

APKHere merupakan situs download APK yang cocok untuk mengunduh file APK yang tidak tersedia di Play Store karena memiliki bahasa asing. Tentu, APKHere punya banyak aplikasi berbahasa Inggris, namun lewat ini, kamu bisa menemukan yang lain dengan bahasa Jerman, Tiongkok, Rusia dan banyak lagi.

Untuk keamanan, APKHere masih masuk kategori terjamin untuk beberapa aplikasinya. Mengapa demikian, sebab negara seperti Rusia dan Tiongkok tidak dikenal dengan praktik keamanan dan privasi yang kuat, jadi ada baiknya untuk tetap berhati-hati dan mengunduh dengan bijak.

Demikian tadi ulasan mengenai situs download APK terbaik alternatif Google Play Store yang dijamin aman. Untuk proteksi tambahan, sesuai mengunduh file APK yang kamu inginkan, kamu bisa menggunakan MetaDefender atau VirusTotal untuk mengecek apakah ada virus atau malware yang terkandung di file APK yang kamu unduh.

Baca Juga: Ini 7 Toko Aplikasi Terbaik Alternatif Google Play Store 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya