Comscore Tracker

5 Situs Rating Film Ini Wajib Dikunjungi Sebelum Nonton!

Nih, supaya kamu tidak kecewa setelah menonton film!

Kamu pencinta film? Banyak film yang berkualitas dan layak dinikmati bersama-sama, namun kadang kita kecewa pada kualitas film karena cuma mengandalkan referensi dari sinopsis seadanya. Maka, munculnya rating film punya pengaruh yang cukup kuat untuk memberikan persepsi pada orang yang belum menonton film tertentu.

Untuk kamu yang mencari rekomendasi film-film berkualitas, beberapa situs rating film terkenal telah menyediakan rekomendasi. Rating tersebut tentu berdasarkan hasil review dari para penonton dan juga kritikus film. Apa saja situs rating film tersebut? Berikut ulasannya.

1. Internet Movie Database

5 Situs Rating Film Ini Wajib Dikunjungi Sebelum Nonton!manlymovie.net

IMDb (imdb.com) adalah situs yang menyediakan informasi mengenai film dan serial TV dari seluruh dunia, termasuk orang-orang yang terlibat di dalam film, termasuk aktor/aktris, sutradara, penulis sampai penata musik dan penata rias.

IMDb memberikan kesempatan kepada pengguna situs untuk menilai suatu film yang menggunakan skor 1-10 melalui sistem voting. Saat film tersebut telah mencapai skor 6/10 dengan jumlah vote puluhan ribu, maka film tersebut sudah tergolong cukup baik.

Saat suatu film mencapai skor 7/10  dengan jumlah vote puluhan ribu, maka film tersebut tergolong baik. Selebihnya jika film mencapai skor 8/10 ke atas dengan jumlah vote puluhan hingga ratusan ribu, maka film bisa dianggap sangat bagus.

2. Rotten Tomatoes

5 Situs Rating Film Ini Wajib Dikunjungi Sebelum Nonton!vox.com

Berbeda dengan IMDb yang hanya menampilkan informasi seputar film, Rotten Tomatoes lebih ke arah review yang diulas secara detail. Review berasal lebih dari satu sumber, misal dari siaran televisi, majalah, dan radio. Sehingga kita bisa tahu alasan kenapa film tersebut layak ditonton.

Rotten Tomatoes (rottentomatoes.com) ini sangat selektif dibandingkan dengan IMDb dalam membahas suatu film. Dapat kita temukan ada film yang menurut IMDb bagus, namun menurut situs ini justru kurang bagus.

Penilaian situs ini menggunakan Tomatometer, berasal dari para kritikus dan media masa yang kemudian diakumulasi dan dijadikan sebuah skor atau rating, kemudian disajikan dalam bentuk presentase. Skor dengan nilai 0-59 persen dianggap busuk atau jelek, sedangkan nilai 60-100 persen dianggap segar atau bagus. 

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting Film Terkenal yang Ternyata Ada Aslinya, Keren Abis!

3. Metacritic

5 Situs Rating Film Ini Wajib Dikunjungi Sebelum Nonton!gamerant.com

Saat IMDb hanya fokus pada informasi seputar film dan nilai para pengguna, Metacritic (metacritic.com) fokus pada nilai-nilai dari kritikus. Metacritic tergolong sebagai situs memberikan review film secara seimbang tanpa memandang apakah film tersebut disukai secara pribadi orang sang kritikus.

Cara Metacritic menilai mungkin sedikit lebih kompleks dengan menggunakan skala 0-100. Film yang telah mencapai skor 61-80 sudah tergolong sebagai film yang bagus untuk ditonton, meski ada beberapa film dengan nilai 40-60 tergolong biasa saja tapi juga layak ditonton.

4. CinemaScore

5 Situs Rating Film Ini Wajib Dikunjungi Sebelum Nonton!christinculture.com

CinemaScore (cinemascore.com) sering menjadi salah satu faktor yang menentukan kesuksesan box office sebuah film. Situs ini menilai pengalaman menonton mereka dengan memberikan penilaian dalam bentuk huruf yang memiliki rentang nilai dari A+ sampai dengan F.

Situs ini akan melakukan pengambilan suara secara langsung di lima atau enam bioskop per kota secara acak di wilayah Amerika Utara termasuk Kanada. Adapun, kertas survei yang diberikan pun mengandung enam buah pertanyaan, termasuk skala nilai A sampai F, minat membeli dan menyewa serta data demografis.

5. The Guardian

5 Situs Rating Film Ini Wajib Dikunjungi Sebelum Nonton!theguardian.com

Surat kabar asal Inggris ini punya situs yang memiliki satu bagian khusus yang membahas tentang film. Film yang banyak diulas di The Guardian merupakan film produksi Hollywood yang telah tayang di layar lebar. 

The Guardian (theguardian.com) menggunakan sistem bintang emas dengan rentang 1 sampai 5. Semakin banyak bintang yang didapatkan sebuah film, maka kualitas film tersebut dianggap semakin baik.

Itu dia 5 situs rating film yang dapat kamu jadikan rujukan sebelum menonton film. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 7 Situs Pengecekan Plagiarisme Terbaik, Berkarya Gak dengan Menjiplak

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Just For You