Comscore Tracker

7 Aplikasi Penghilang Noise Audio untuk HP, Bebas Kebisingan

Bikin audio makin jernih

Noise atau suara bising latar belakang dalam rekaman audio dapat mengganggu pendengaran. Ini berpotensi mengalihkan perhatian pendengar, bahkan membuat audiens malas menyimak hingga tuntas. Selain itu, ini akan membuatmu tampak tidak profesional.

Untungnya, ada solusi untuk gangguan ini: yaitu aplikasi peredam kebisingan. Aplikasi ini mengoptimalkan pengalaman mendengarkan dengan mengurangi suara latar belakang. Manfaat lainnya adalah mengurangi ketegangan pada telinga, sehingga mencegah potensi bahaya.

Berikut adalah beberapa aplikasi peredam kebisingan terbaik yang bisa kamu unduh di Google Play Store maupun Apple App Store.

1. Audio Video Noise Reducer

7 Aplikasi Penghilang Noise Audio untuk HP, Bebas KebisinganAudio Video Noise Reducer (dok. Inverse.AI)

Audio Video Noise Reducer adalah alat penghilang noise yang bagus untuk file audio. Aplikasi ini berfungsi mengambil dan mengoptimalkan kebisingan latar belakang ke desibel rendah, yang membuat suara utama menjadi jelas.

Kalau kamu suka membuat rekaman di tempat umum, kamu bisa mendapatkan manfaat dari aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki versi premium yang menyediakan lebih banyak fitur, seperti denoise tak terbatas, tanpa iklan, dan opsi pengurangan kebisingan untuk semua jenis file audio dan video.

2. Reduce Noise in Audio - Video

7 Aplikasi Penghilang Noise Audio untuk HP, Bebas KebisinganReduce Noise in Audio - Video (High Tech Social Leb)

Reduce Noise in Audio - Video memiliki fitur luar biasa untuk mengurangi noise dari file audio atau video. Namun, aplikasi ini dioptimalkan lebih baik untuk file audio. Selain itu, kamu juga dapat langsung melakukan perekaman lewat aplikasi ini.

Reduce Noise in Audio - Video juga memiliki fitur pemangkasan audio dan konverter audio. Semua fitur aplikasi ini dapat digunakan gratis, dan mendukung hampir semua format audio dan video.

3. Auphonic Edit

7 Aplikasi Penghilang Noise Audio untuk HP, Bebas KebisinganAuphonic Edit (dok. Auphonic)

Auphonic Edit adalah aplikasi editor audio yang mudah digunakan dan mampu menghasilkan suara berkualitas tinggi. Jika kamu ingin mengedit rekaman secara mendalam, Auphonic Edit menyediakan banyak fitur pengeditan, seperti level puncak maksimum, pengeditan non-destruktif, dan sebagainya.

Selain aplikasi mobile, Auphonic Edit juga menyediakan layanan berbasis web untuk menyaring frekuensi yang mengganggu agar menghasilkan suara yang jernih. Baik aplikasi maupun layanan webnya, adalah alat yang harus dicoba untuk kebutuhan pengeditan audio.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android untuk Menyembunyikan Aplikasi Lain, Rahasia Aman

4. Audio Extract Kit

7 Aplikasi Penghilang Noise Audio untuk HP, Bebas KebisinganAudio Extract Kit (dok. Xigeme Technology Co., Ltd.)

Audio Extract Kit adalah aplikasi pemrosesan audio dengan berbagai fitur. Aplikasi ini mendukung pengurangan noise dari semua format audio utama. Ini juga memiliki grafik visual yang menampilkan tinggi rendah kebisingan sehingga membantu mendeteksi suara latar belakang.

Fitur-fitur Audio Extract Kit dapat dimanfaatkan secara gratis. Ada juga versi premium yang memungkinkan kamu menikmati semua fiturnya tanpa gangguan iklan.

5. Lexis Audio Editor

7 Aplikasi Penghilang Noise Audio untuk HP, Bebas KebisinganLexis Audio Editor (dok. pamsys)

Lexis Audio Editor adalah editor audio dengan fitur pengurangan noise. Ini memungkinkan kamu merekam audio baru atau mengedit file audio yang sudah ada di HP dengan fitur pengurangan noise. Selanjutnya, kamu dapat menyimpan file-file ini dalam format yang diinginkan.

Aplikasi ini menyediakan fitur pengeditan audio terperinci, termasuk kompresor, tempo, kecepatan, penyesuaian nada, dan banyak lagi. Banyak fitur penting Lexis Audio Editor yang tersedia secara gratis. Namun, ada juga versi berbayar untuk meningkatkan pengalaman yang jauh lebih baik.

6. Neutralizer

7 Aplikasi Penghilang Noise Audio untuk HP, Bebas KebisinganNeutralizer (dok. SoftwareHut Sp. z o.o.)

Neutralizer merupakan equalizer khusus Android yang dibuat untuk preferensi pendengaran khusus. Aplikasi ini mempertimbangkan bahwa setiap orang mendengar secara berbeda sehingga memberikan masing-masing pengguna kemampuan untuk melakukan penyesuaian apa pun yang dirasa paling pas.

Aplikasi ini juga memiliki alat peredam noise yang dapat dengan mudah mengatur tingkat kebisingan di sekitarmu untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan audio. Menariknya lagi, Neutralizer dapat digunakan secara gratis.

7. Noise Wall

7 Aplikasi Penghilang Noise Audio untuk HP, Bebas KebisinganNoise Wall (dok. MynioTech Apps)

Tidak seperti aplikasi lain dalam daftar yang dirancang untuk mengurangi noise dalam rekaman audio, Noise Wall dirancang untuk membuatmu tetap fokus saat sedang bekerja, belajar, atau tidur. Sama seperti namanya, NoiseWall bertindak layaknya dinding yang menghalangi kebisingan di latar belakang. Jadi, saat kamu perlu memusatkan seluruh konsentrasi, kamu dapat memutar audio dalam aplikasi ini untuk menyingkirkan gangguan eksternal.

Aplikasi ini muncul dengan empat jenis noise: 

  • White Noise: 20-20.000Hz dengan semua frekuensi di level yang sama
  • Pink Noise: 20-20.000Hz dengan suara bass yang lebih banyak daripada white noise
  • Brown Noise: campuran frekuensi yang lebih rendah
  • Custom Noise.

Jadi, jika kamu perlu aplikasi penghilang noise, pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi ini, ya.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pembersih Speaker HP, Atasi Audio Bermasalah

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya