Comscore Tracker

7 Cara Mengoptimalkan Google Maps untuk Traveling, Perjalanan Nyaman!

Anti nyasar dan terjebak macet

Google Maps telah mengalami banyak perkembangan sejak pertama kali dirilis. Di samping fungsi utamanya sebagai penunjuk jalan, produk Google ini memiliki banyak fitur keren lainnya.

Google Maps telah menjadi alat navigasi default untuk perangkat Android, dan ini sangat berguna bagi para pelancong. Di sini, kamu akan mengetahui beberapa cara terbaik memaksimalkan Google Maps untuk traveling.

1. Menyimpan peta secara offline

7 Cara Mengoptimalkan Google Maps untuk Traveling, Perjalanan Nyaman!ilustrasi Google Maps (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Saat kamu mengunjungi lokasi terpencil atau memiliki jaringan yang buruk, ada kemungkinan kamu kehilangan koneksi internet di tengah perjalanan. Menyimpan peta offline sebagai cadangan dapat menghindarkan kamu dari risiko tersesat dan memastikan kamu mencapai tujuan dengan selamat.

Untuk mengunduh peta offline, kamu perlu menentukan dulu lokasi tujuanmu beserta rute yang akan kamu lalui. Perlu diketahui bahwa beberapa fitur, seperti data lalu lintas langsung dan rute alternatif tidak akan berfungsi saat kamu menggunakan peta offline karena fitur ini memerlukan koneksi internet aktif. Kendati demikian, navigasi belokan demi belokan akan tetap berfungsi dengan baik.

2. Membagikan lokasi real time

7 Cara Mengoptimalkan Google Maps untuk Traveling, Perjalanan Nyaman!ilustrasi Google Maps (pexels.com/Ingo Joseph)

Demi alasan tertentu, kamu mungkin ingin membiarkan orang-orang yang kamu cintai tau di mana kamu berada. Nah, Google Maps memiliki fitur yang memungkinkan kamu membagikan lokasi secara real time.

Kamu dapat membagikan lokasi real time hanya selama 15 menit hingga satu hari. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu mengetuk  gambar profil dan memilih "Berbagi lokasi". Selanjutnya, pilih berapa lama dan dengan siapa kamu ingin berbagi lokasi. Nantinya, orang yang kamu pilih akan menerima lokasi real time.

3. Mengetahui situasi lalu lintas dan menghindari kemacetan

7 Cara Mengoptimalkan Google Maps untuk Traveling, Perjalanan Nyaman!ilustrasi jalan yang macet (pixabay.com/al-grishin)

Kemacetan adalah hal yang dibenci pengguna jalan. Yang lebih buruk, kemacetan bisa membuat kamu terlambat menghadiri acara penting. Dengan Google Maps, kamu tidak perlu menghadapi hal ini.

Saat kamu memasukkan lokasi tujuan di Google Maps, aplikasi akan secara otomatis menampilkan data lalu lintas untuk setiap rute. Dengan begitu, kamu dapat memutuskan rute mana yang akan diambil untuk mencapai lokasi tujuan dengan cepat.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Gadget untuk Cewek Mamba, Elegan dan Menarik

4. Cek harga tol dan rute alternatif

7 Cara Mengoptimalkan Google Maps untuk Traveling, Perjalanan Nyaman!ilustrasi Google Maps (unsplash.com/henry perks)

Saat kamu melakukan perjalanan jauh dan berencana melewati tol, ada baiknya memperhitungkan biaya tol yang perlu dibayar di tengah perjalanan. Untungnya, Google Maps dapat membantumu memeriksa jumlah tol pada rute dan perkiraan harga masing-masing tol.

Caranya, kamu hanya perlu klik gambar profil, lalu pilih "Setelan", "Setelan navigasi", selanjutnya aktifkan fitur "Lihat tarif kartu tol". Perlu diketahui, harga tol yang ditunjukkan sifatnya adalah estimasi, jadi sebaiknya kamu mempersiapkan saldo lebih.

Jika ingin menghindari jalan tol, kamu dapat menyetel Google Maps untuk menampilkan rute alternatif tanpa tol. Bandingkan perbedaan jarak dan putuskan apakah sebaiknya mengambil rute yang lebih panjang atau tetap melewati tol.

5. Lihat timeline perjalanan

7 Cara Mengoptimalkan Google Maps untuk Traveling, Perjalanan Nyaman!ilustrasi Google Maps (pexels.com/Brett Jordan)

Setelah selesai melakukan suatu perjalanan, kamu mungkin ingin melihat kembali semua tempat yang pernah dikunjungi. Untuk melakukannya, ketuk gambar profil dan pilih "Linimasa Anda". Di sini, kamu dapat melihat semua lokasi yang kamu kunjungi, termasuk rute yang diambil, waktu mencapai tujuan, dan foto yang kamu ambil di suatu tempat.

Fitur Timeline juga menunjukkan detail, seperti berapa lama kamu menghabiskan waktu berjalan, mengemudi, di kamar hotel, menunggu di stasiun kereta api, dan banyak lagi. Ini sangat berguna untuk kamu yang senang menulis riwayat perjalananmu di blog atau media sosial.

6. Menggunakan suara untuk navigasi

7 Cara Mengoptimalkan Google Maps untuk Traveling, Perjalanan Nyaman!ilustrasi Google Maps (unsplash.com/Dan Chung)

Kamu tidak harus selalu memegang HP untuk mendapatkan navigasi dari Google Maps. Jika berkendara sendiri menggunakan mobil, kamu cukup menaruh HP dan mendapatkan panduan navigasi lewat suara.

Nantinya, kamu akan dipandu kapan harus berbelok, jalan lurus, bahkan berputar. Selain mudah digunakan, ini juga sangat cocok untuk kamu yang kesulitan membaca peta.

7. Menemukan berbagai tempat terdekat

7 Cara Mengoptimalkan Google Maps untuk Traveling, Perjalanan Nyaman!ilustrasi Google Maps (pexels.com/Pixabay)

Selain memandu perjalanan, Google Maps juga dapat membantu kamu menemukan tempat tertentu yang paling dekat. Sebut saja restoran, hotel, halte, apotek, ATM, dan sebagainya. 

Kapan pun kamu ingin menemukan tempat tertentu di dekat lokasimu saat ini, cukup ketuk ikon yang ada di atas layar. Selain itu, kamu juga dapat mencari lokasi tersebut dengan melihat ikon yang tersebar di peta.

Setelah mempelajari semua fitur di Google Maps, kamu bisa menggunakannya untuk melancong dengan nyaman!

Baca Juga: Google Maps Luncurkan Fitur Pengukuran Kualitas Udara

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya