Comscore Tracker

7 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Aplikasi Android

Kamu yang kerja remot wajib punya aplikasi ini

Saat ini, kita tidak terlalu bergantung pada dokumen fisik dan mulai beralih ke dokumen digital. Pekerja remote, freelancer, atau kamu yang sedang WFH pasti akrab dengan dokumen digital. Karenanya, aplikasi tanda tangan digital menjadi sesuatu yang semakin banyak dibutuhkan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memberikan tanda tangan digital pada dokumen dan langsung mengirimkannya kembali pada klien atau perusahaan.

Kalau kamu adalah pengguna perangkat Android, ada beberapa cara membuat tanda tangan digital dengan aplikasi yang bisa kamu install di perangkatmu. Apa saja itu? Mari, kita ulas satu per satu.

1. Adobe Fill & Sign

7 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Aplikasi AndroidAdobe Fill & Sign (dok. Adobe)

Adobe Fill & Sign adalah salah satu aplikasi tanda tangan digital terbaik yang layak dicoba. Aplikasi ini membawa beberapa fitur yang berguna,  misalnya kamera untuk memindai dokumen dan kemudian menandatanganinya. Juga, memberikan tanda tangan digital untuk dokumen yang sudah kamu miliki.

Aplikasi ini bekerja cukup baik, meskipun mengenakan biaya tambahan untuk beberapa fitur tertentu. Namun, secara umum  Adobe Fill & Sign bisa di-install gratis dan menyediakan banyak fitur yang juga dapat dinikmati secara gratis.

2. DocuSign

7 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Aplikasi AndroidDocuSign (dok. DocuSign)

DocuSign menjadi salah satu aplikasi tanda tangan digital yang sangat populer. Untuk menggunakannya, kamu cukup membuka apliakasi, pilih dan tandatangani dokumen, dan kirimkan dokumen.

Kamu juga bisa menyimpan tanda tangan untuk penandatanganan yang lebih cepat di lain waktu. Versi gratis memungkinkan kamu menandatangani dokumen dalam jumlah terbatas. Namun, jika kamu cukup sering menandatangani dokumen dan memerlukan fitur tambahan, kamu perlu membayar biaya langganan.

3. Signeasy

7 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Aplikasi AndroidSigneasy (dok. Glykka LLC (dba SignEasy))

Signeasy memungkinkan kamu menandatangani dokumen dan segera mengirimkannya ke tempat yang dituju. Salah satu daya tarik dari Signeasy adalah ini bisa digunakan untuk berbagai format file, seperti PDF, Word, PNG, dan lainnya.

Beberapa fitur menarik lainnya termasuk dukungan untuk 24 bahasa, integrasi dengan penyimpanan cloud, dan kemampuan untuk mengumpulkan tanda tangan secara langsung. Versi uji coba memungkinkan kamu menandatangani tiga dokumen secara gratis. Selebihnya, kamu harus berlangganan jika ingin terus menggunakan Signeasy.

Baca Juga: 7 Aplikasi Radio Terbaik untuk Android, Pasti Anti Bosan!

4. Zoho Sign

7 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Aplikasi AndroidZoho Sign (dok. Zoho Corporation)

Zoho Sign menawarkan fitur yang sebagian besar sama seperti aplikasi tanda tangan digital pada umumnya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat, mengirim, dan menandatangani dokumen, memindai dokumen dengan kamera untuk mendigitalkannya, dan terintegrasi dengan penyimpanan cloud.

Salah satu hal yang membuat aplikasi ini menonjol daripada aplikasi lainnya adalah karena fungsi pengingatnya, berbagai metode penandatanganan (tanda tangan, inisial, dan masih banyak lagi), dan pemberitahuan saat kamu mengirim dokumen dan seseorang menandatanganinya. 

Versi gratis aplikasi ini memungkinkan kamu menandatangani lima dokumen per bulan. Jika kamu berlangganan dengan biaya termurah, jumlah yang bisa kamu tandatangani menjadi 25 dan memberikan kamu beberapa fitur tambahan. Fitur yang akan kamu dapatkan semakin banyak jika kamu berlangganan dengan biaya yang lebih mahal.

5. signNow

7 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Aplikasi AndroidsignNow (dok. signNow)

Terkadang, kamu mungkin perlu berkolaborasi dengan orang-orang untuk memeriksa dan menandatangani dokumen. Dan, signNow adalah aplikasi tepat yang memberikan layanan untuk kelompok.

Saat mendaftar, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengundang anggota tim yang lain dengan menambahkan alamat email siapa pun yang ingin kamu undang. Selain fitur timnya, signNow bekerja dengan baik untuk memberikan tanda tangan digital sama seperti aplikasi lainnya. Ini juga memungkinkan kamu menghubungkan dokumen ke layanan yang lain, sehingga kamu dapat melakukan hal-hal seperti melacak dokumen menggunakan Google Spreadsheet atau memperbarui file asli di Google Drive saat diperbarui atau ditandatangani.

6. DottedSign

7 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Aplikasi AndroidDottedSign (dok. Kdan Mobile Software Ltd.)

DottedSign memungkinkan kamu menandatangani dokumen dalam jumlah tak terbatas. Kamu bisa mengimpor dokumen dari Dropbox, OneDrive, dan sejumlah aplikasi lain; menandatanganinya; dan mengirimkannya ke tempat yang kamu tuju. 

DottedSign juga memiliki banyak fitur menarik, seperti template yang dapat digunakan kembali, permintaan tanda tangan tanpa batas, penanda tangan prasetel, dan unggahan lampiran, tapi dengan membayar biaya langganan. Kamu juga bisa meminta lampiran dari penandatangan, seperti salinan kartu identitas. Juga, memungkinkan kamu untuk menentukan apakah suatu bidang wajib diisi atau opsional untuk penandatangan.

7. Fill and Sign PDF Forms

7 Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Aplikasi AndroidFill and Sign PDF (dok. Binary Solutions)

Fill and Sign PDF Forms memiliki fitur sederhana, antarmuka sederhana, dan mudah digunakan. Dengan demikian, kamu tidak akan kebingungan saat mengoperasikan Fill and Sign PDF Forms.

Selain memberikan tanda tangan digital, kamu juga bisa melampirkan foto ke PDF dan kemudian menyimpan dokumen yang sudah ditandatangani. Kalau kamu meng-install versi berbayar, ini akan menghapus iklan dalam aplikasi dan memungkinkan kamu menyimpan dokumen tanpa watermark.

Itulah beberapa aplikasi Android yang bisa kamu gunakan sebagai cara membuat tanda tangan digital. Untuk kamu yang sering diharuskan untuk meminta tanda tangan dan menandatangani dokumen digital, pastikan di HP kamu ada salah satu aplikasi ini. Pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu dan aplikasi ini akan mempermudah aktivitasmu dalam menandatangani dokumen.

Baca Juga: 10 Aplikasi Buka Puasa Virtual Bareng Semua Orang Tersayang

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya