Comscore Tracker

7 Ekstensi Browser untuk Tingkatkan Produktivitas, Bantu Tetap Fokus

Segera install pada browser favoritmu

Saat harus duduk di depan komputer dan fokus bekerja, pernahkah kamu terdistraksi dan membuang waktu untuk melakukan hal lain, seperti membuka sosial media atau membaca berita online? Atau, jangan-jangan kamu kerap menghadapi masalah ini? Jika ya, kamu mungkin saat ini sedang bertanya-tanya apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini?

Untungnya, saat ini tersedia berbagai ekstensi browser yang dapat membantu membuat hari-harimu menjadi lebih efisien. Browser ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dengan membuat kamu menjadi lebih fokus pada pekerjaanmu.

Berikut daftar ekstensi browser terbaik yang membantu kamu tingkatkan produktivitas.

1. LeechBlock NG

7 Ekstensi Browser untuk Tingkatkan Produktivitas, Bantu Tetap FokusLeechBlock NG (dok. Mozilla)

LeechBlockNG dapat membantu kamu menjadi lebih produktif dengan menghentikanmu mengunjungi situs web tertentu saat kamu seharusnya bekerja. LeechBlock NG melakukan ini dengan memungkinkan kamu menentukan hingga 30  situs untuk diblokir. 

Kamu dapat memilih dengan tepat kapan situs diblokir, seperti jam, hari, hingga durasi. Dengan demikian, kamu tidak akan tergoda menghabiskan waktu untuk membuka situs-situs favorit pada saat jam kerja. Keunggulan lain dari LeechBlockNG adalah memungkinkan kamu untuk menambahkan kata sandi ke panel kontrol. Ekstensi ini dapat dipasang pada browser Firefox.

2. Noisli

7 Ekstensi Browser untuk Tingkatkan Produktivitas, Bantu Tetap FokusNoisli (dok. Noisli)

Pernahkah kamu sulit fokus dengan pekerjaanmu karena kebisingan di sekitarmu? Jika ya, kamu perlu meng-install ekstensi Noisli. Noisli bekerja dengan memutar suara latar, seperti hujan, api unggun, kicau burung, atau bahkan badai petir, untuk meningkatkan fokusmu saat bekerja di kantor, rumah, atau kafe.

Dengan Noisli, kamu dapat menciptakan ruang yang tenang dalam sekejap di mana pun kamu berada. Noisli juga memiliki penghitung waktu dan editor teks bawaan yang secara efisien akan membantu kamu berkonsentrasi selama sesi kerja. Ini adalah ekstensi browser yang sangat cocok untuk pekerja kantor, pekerja lepas, kreatif, penulis, programmer, dan siapa saja yang terganggu oleh kebisingan di sekitarnya. Ekstensi Noisli dapat di-install di Safari dan Chrome.

3. Strict Workflow

7 Ekstensi Browser untuk Tingkatkan Produktivitas, Bantu Tetap FokusStrict Workflow (dok. Chrome)

Strict Workflow terinspirasi oleh teknik Pomodoro yang terkenal, di mana idealnya kamu bekerja selama 25 menit dan istirahat 5 menit. Setelah itu, ulangi pengaturan waktu ini sampai pekerjaan selesai. Dengan Strict Workflow, kamu dapat menyetel pengatur waktu kerja 25 menit untuk fokus pada pekerjaan dan pengatur waktu istirahat 5 menit untuk bersantai.

Lalu, bagaimana pengatur waktu ini bisa membuat kamu berkonsentrasi pada pekerjaan? Jawabannya adalah dengan memblokir semua situs web populer. Jadi, kamu tidak bisa mengecek Facebook saat kamu seharusnya bekerja. Ekstensi Strict Workflow tersedia di Chrome.

Baca Juga: 7 Adblocker Terbaik untuk Blokir Iklan di Browser Kamu

4. StayFocusd

7 Ekstensi Browser untuk Tingkatkan Produktivitas, Bantu Tetap FokusStayFocusd (dok. Chrome)

Siapa pun bisa sangat mudah terbawa suasana saat membaca artikel menarik atau scrolling media sosial sehingga banyak waktu berlalu begitu saja. Nah, ekstensi StayFocusd membantu kamu meningkatkan produktivitas dengan membatasi waktu yang dihabiskan di situs web yang tidak produktif.

Setiap hari, kamu dapat menetapkan batas waktu yang diizinkan untuk dihabiskan di situs yang mengganggu, dan ketika waktunya habis, situs ini akan otomatis terblokir oleh StayFocusd. Ekstensi ini hanya tersedia di Chrome.

5. Pocket

7 Ekstensi Browser untuk Tingkatkan Produktivitas, Bantu Tetap FokusPocket (dok. Pocket)

Berapa kali kamu jadi tidak fokus bekerja karena mulai membaca artikel menarik yang tidak sengaja kamu temukan? Jika kamu sering mengalami hal ini, kamu perlu mulai meng-install Pocket. Ekstensi ini memungkinkan kamu menyimpan semua artikel online menarik dalam satu klik, yang bisa kamu akses kapan saja. Untuk itu, kamu tidak perlu berhenti bekerja hanya karena takut ketinggalan berita terbaru.

Ini sangat cocok untuk kamu yang tidak tertarik dengan ekstensi lain yang membantu kamu tetap fokus bekerja dengan memblokir sejumlah situs. Pocket tersedia untuk semua perangkat dan platform, seperti iPad, iPhone, Android, Mac, Google Chrome, Safari, Firefox, Opera, dan Windows.

6. Timewarp

7 Ekstensi Browser untuk Tingkatkan Produktivitas, Bantu Tetap FokusTimewrap (dok. Chrome)

Timewarp memastikan kamu tetap produktif dengan selalu mengingatkanmu tentang penundaan. Setiap kali kamu memasuki situs yang mengganggu, Timewarp mengarahkanmu kembali ke situs yang lebih produktif.

Kamu juga dapat membiarkan Timewarp menunjukkan kutipan motivasi, mengarahkanmu dari halaman yang mengganggu, atau menampilkan waktu yang kamu habiskan di situs tertentu hari ini. Semua ini akan memastikan kamu membuang lebih sedikit waktu di situs web yang tidak produktif. Saat ini, Timewarp tersedia di Chrome.

7. OneTab

7 Ekstensi Browser untuk Tingkatkan Produktivitas, Bantu Tetap FokusOneTab (dok. Chrome)

Pada kebanyakan komputer, membuka banyak tab browser akan menghabiskan banyak memori dan membuat kinerja komputer menjadi lambat. Setiap kali kamu membuka terlalu banyak tab, klik ikon OneTab untuk mengubah semua tab menjadi daftar. Saat kamu perlu mengakses tab lagi, kamu dapat memulihkannya satu per satu atau sekaligus.

Dengan menggabungkan beberapa tab dengan OneTab, kamu dapat menghemat hingga 95 persen memori karena kamu akan mengurangi jumlah tab yang terbuka di Google Chrome. Selanjutnya, ini juga akan meningkatkan kecepatan waktu untuk memuat browser. OneTab dapat dipasang pada browser Chrome.

Jadi, jika kamu ingin meningkatkan produktivitas selama berada di depan komputer, pertimbangkan untuk meng-install ekstensi ini pada browser yang kamu miliki.

Baca Juga: 7 Browser untuk Mengakses Deep Web, Ada yang Pernah Coba?

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya