Comscore Tracker

7 Situs Kompres PDF Berkualitas Terbaik, Cepat dan Mudah!

Solusi tercepat kecilkan ukuran PDF

Dalam aktivitas pertukaran dokumen secara digital, format file yang paling banyak digunakan orang adalah PDF yang merupakan singkatan dari Portable Document Format. Nah, pada beberapa kesempatan, kita diharuskan untuk mengirim PDF dalam ukuran tertentu, seperti saat mengirim lamaran kerja, laporan, atau mengisi e-form yang mengharuskan kita melampirkan file.

Untuk mengecilkan atau mengompres ukuran PDF, kamu bisa memanfaatkan situs tertentu yang menyediakan layanan kompres PDF. Dengan demikian, kamu bisa mengecilkan ukuran PDF secara otomatis dan hemat waktu.

Ada banyak situs yang menawarkan layanan untuk mengompres PDF secara online dan di bawah ini akan dijelaskan beberapa situs yang menawarkan layanan terbaik.

1. iLove PDF

7 Situs Kompres PDF Berkualitas Terbaik, Cepat dan Mudah!iLove PDF (ilovepdf.com)

iLove PDF memungkinkan kamu mengompres PDF dengan cara yang simpel. Cukup masukkan file yang kamu inginkan dan kompres. Setelah PDF terkompres, kamu bisa langsung men-download-nya.

Situs ini tidak menampilkan keterangan ukuran maksimal file yang dapat dikompres atau berapa persen ukuran PDF yang dikompres. Namun, iLove PDF bisa mengecilkan ukuran file hingga lebih dari 50 persen, tanpa mengurangi kualitas file.

2. FoxyUtils

7 Situs Kompres PDF Berkualitas Terbaik, Cepat dan Mudah!FoxyUtils (foxyutils.com)

Jika dibandingkan dengan ilove PDF, FoxyUtils menyediakan fitur yang jauh lebih lengkap. Selain mengompres ukuran PDF, situs ini juga memungkinkan kamu untuk mengedit, menggabungkan, memisahkan, merotasi, mengunci, hingga mengubah format file.

Jika membahas seputar fitur untuk mengompres PDF, setelah memasukkan file, nantinya kamu diberi dua pilihan untuk mengompres file, yaitu default dan aggressive. Dari segi ukuran, aggressive memungkinkan kamu mendapatkan salinan PDF dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Namun, kualitas PDF juga berkurang. Sedangkan, default tetap mempertahankan kualitas PDF seperti sediakala.

3. Smallpdf

7 Situs Kompres PDF Berkualitas Terbaik, Cepat dan Mudah!Smallpdf (smallpdf.com)

Smallpdf merupakan situs yang menawarkan layanan untuk mengotak-atik PDF. Beberapa fitur yang disediakan, berupa mengubah format file PDF ke Word, menggabungkan PDF, mengubah gambar menjadi PDF, memberikan tanda tangan elektronik di PDF, mengedit PDF, dan tentu saja mengompres ukuran PDF.

Caranya, kamu tinggal memasukkan PDF yang kamu inginkan lalu tunggu file kamu dikompres. Setelah itu, kamu bisa men-download-nya. Situs ini memang tidak menyediakan level kompresi, tetapi file kamu bisa dikompres menjadi sangat kecil, hingga 80 persen dari ukuran aslinya tanpa mengurangi kualitas PDF.

Baca Juga: 5 Situs Terbaik untuk Mengunduh Video YouTube ke Galeri, Gratis!

4. PDF Compressor

7 Situs Kompres PDF Berkualitas Terbaik, Cepat dan Mudah!PDF Compressor (pdfcompressor.com)

Selain memperkecil ukuran PDF, PDF Compressor juga menyediakan fitur convert format file dari PDF ke Word dan sebaliknya. Selain itu, kamu juga bisa mengompres ukuran beberapa PDF sekaligus secara bersama.

Kelebihan dari piranti ini adalah bisa digunakan secara gratis sepenuhnya. Ditambah, file yang kamu kompres tidak akan berkurang kualitasnya, sehingga masih bisa di-zoom dan dicetak dengan kualitas yang baik.

5. PDF2GO

7 Situs Kompres PDF Berkualitas Terbaik, Cepat dan Mudah!PDF2GO (pdf2go.com)

Situs lain yang juga menyediakan layanan kompres PDF dan layak kamu coba adalah PDF2GO. Dalam hal kompres PDF, PDF2GO menyediakan pilihan yang mirip dengan FoxyUtils, yaitu Basic Compression dan Strong Compression.

Pada Basic Compression, PDF yang kamu masukkan akan dikompres dengan ukuran tertentu, tetapi memiliki kualitas yang baik. Jika kamu perlu mengompres PDF dengan ukuran yang lebih kecil, kamu bisa menggunakan Strong Compression. Strong Compression memungkinkan kamu menghemat ukuran file cukup banyak, tetapi kualitas file juga mengalami penurunan.

6. docuPUB

7 Situs Kompres PDF Berkualitas Terbaik, Cepat dan Mudah!docuPUB (docupub.com)

Kalau kamu perlu mengompres PDF dengan ukuran yang lebih spesifik, kamu mungkin perlu mencoba menggunakan docuPUB. Piranti ini menyediakan 4 pilihan kompresi dengan hasil yang berbeda-beda:

  • kompresi rendah, kualitas maksimal;
  • kompresi sedang, kualitas sedang;
  • kompresi tinggi, kualitas rendah;
  • kompresi maksimal, kualitas paling rendah.

Kamu tinggal pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

7. Sedja

7 Situs Kompres PDF Berkualitas Terbaik, Cepat dan Mudah!Sedja (sejda.com)

Kalau kamu mencari piranti untuk mengompres PDF dengan fitur lengkap dan tidak keberatan mengeluarkan budget lebih, kamu mungkin tertarik menjajal situs Sedja. Situs ini menawarkan beberapa keistimewaan, seperti:

  • Jaminan keamanan file melalui koneksi terenkripsi. Setelah diproses, file dihapus secara permanen;
  • Menghasilkan gambar yang berkualitas optimal dan disimpan dengan kualitas JPEG 65 persen;
  • Kamu bebas memilih resolusi PDF yang kamu unggah dan bisa mengubahnya menjadi hitam-putih.

Itulah sederet situs yang bisa kamu kunjungi untuk mengompres ukuran PDF. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu!

Baca Juga: 7 Aplikasi Kompres Foto Terbaik di HP, Kualitas Terjaga

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya