Comscore Tracker

3 Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 yang Paling Mudah

Bisa merekam layar tanpa aplikasi, lho!

Memerlukan fitur screen record? Ada banyak cara merekam layar laptop Windows 10 yang bisa dicoba. Bisa menggunakan fitur bawaan Windows hingga mengunduh aplikasi pihak ketiga. Semua bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan.

Fitur ini dapat membantumu ketika ingin merekam layar untuk mengajar ataupun membuat tutorial. Bahkan saat hendak menyiarkan konten gaming, merekam layar laptop juga diperlukan. 

Cara merekam layar laptop Windows 10 dari game bar

3 Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 yang Paling Mudahilustrasi game bar pada Windows 10 (IDN Times/laili zain damaika)

Microsoft telah membekali sistem operasinya dengan kemampuan perekaman layar. Fitur ini bisa dinikmati tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Cara merekam layar laptop Windows 10 tanpa aplikasi hanya membutuhkan shortcut untuk memanggil fungsi. Nah, seperti ini caranya:

  1. Buka halaman aplikasi yang ingin direkam terlebih dahulu. Misalnya, kamu ingin membuat rekaman Power Point, maka siapkan dokumennya sebelum mulai merekam
  2. Jika sudah siap, klik ikon Windows+G di keyboard secara bersamaan. Akan muncul jendela transparan dengan berbagai menu yang dinamakan 'game bar'
  3. Temukan ikon bulat dengan titik di tengahnya. Jika kamu meletakkan kursor agak lama, kamu akan mendapati keterangan 'Start recording'
  4. Klik ikon perekaman tersebut untuk memulai merekam
  5. Selama proses perekaman, akan muncul jendela kecil penunjuk durasi perekaman, tombol stop, dan ikon microphone yang menandakan perekaman suara
  6. Jika sudah selesai, klik ikon bundar dengan persegi di dalamnya yang merupakan tombol stop
  7. Buka 'File Explorer' > This PC
  8. Pilih folder 'Videos' > folder 'Captures' dan hasil perekaman layar akan tersimpan di sana.

Pilihan shortcut lainnya yang lebih cepat yakni klik 'ikon Windows + alt + R' secara bersamaan. Shortcut ini membuat laptop langsung mengaktifkan mode perekaman layar. Opsi ini cocok buatmu yang butuh perekaman layar cepat tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu. 

Baca Juga: 5 Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Laptop Windows

Cara merekam layar laptop dengan ekstensi Chrome

3 Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 yang Paling Mudahilustrasi ekstensi perekaman layar Google Chrome (IDN Times/laili zain damaika)

Jika kamu menggunakan Google Chrome sebagai browser, terdapat fitur yang bisa dipakai untuk merekam layar laptop Windows 10. Untuk menggunakannya, kamu perlu memasang ekstensi terlebih dahulu. Namun, tahapannya gak kalah mudah dengan langkah sebelumnya, kok.

  1. Buka Google Chrome 
  2. Kunjungi toko ekstensi di laman chrome.google.com/webstore/category/extensions
  3. Ketikkan 'perekam layar' sebagai kata kunci di boks pencarian
  4. Pilih ekstensi perekam layar yang kamu kehendaki. Sebagai contoh, IDN Times menggunakan ekstensi bernama 'Screen Recorder & Screenshot Master'
  5. Pilih 'Tambahkan ke Chrome' di bagian kanan atas, tunggu hingga proses pemasangan selesai
  6. Untuk memunculkan ekstensi di Google Chrome, pilih titik tiga di kanan atas
  7. Buka opsi 'Ekstensi' di menu samping kiri
  8. Temukan ekstensi perekaman layar yang baru ditambahkan, geser toggle di kanan bawah menjadi posisi menyala
  9. Kembali ke halaman awal Google Chrome, klik ekstensi perekam layar di kanan atas
  10. Sesuaikan area perekaman, ekstensi 'Screen Recorder & Screenshot Master' ini menyediakan perekaman layar seluruh layar maupun jendela tertentu saja
  11. Untuk mulai perekaman, klik 'Start Recording'. Google Chrome akan merekam jendela atau layar sesuai pengaturanmu
  12. Jika sudah selesai, kamu bisa klik 'Berhenti Berbagi' di bagian bawah layar
  13. Kamu otomatis diarahkan ke jendela baru Chrome untuk melanjutkan opsi penyimpanan hasil rekaman. Kamu bisa memilih kualitas video, mengetahui durasi perekaman, dan informasi lainnya di tab baru ini
  14. Klik 'Download' untuk mengunduh hasil rekaman. Video perekaman layar akan tersimpan di folder sesuai kamu meletakkannya.

Sudah, deh, hasil perekaman tersimpan rapi di laptopmu. Untuk membuka hasil perekaman, cukup buka 'File Explorer > lokasi kamu meletakkan video'. Sangat mudah, bukan?

Ekstensi perekaman layar ini gak cuma bisa dipakai untuk merekam jendela Google Chrome, tetapi bisa untuk semua aplikasi di laptop. Namun, untuk mengaktifkannya kamu perlu membuka Google Chrome terlebih dahulu.

Cara merekam layar laptop dengan aplikasi OBS

3 Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 yang Paling Mudahilustrasi aplikasi perekaman layar OBS (obsproject.com)

Cara merekam layar laptop Windows 10 lainnya dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Pada tutorial ini, IDN Times menggunakan salah satu aplikasi favorit di para streamer yakni OBS. Selain bisa merekam layar, hasilnya bisa langsung dibagikan ke platform video seperti YouTube maupun DailyMotion. 

Namun, aplikasi ini gak tersedia langsung di Windows 10, jadi kamu perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Kunjungi laman obsproject.com untuk mendapatkan aplikasinya.  Jika sudah, maka mulai perekaman dengan tahapan:

  1. Buka aplikasi OBS Studio yang telah terpasang
  2. Klik tombol '+' pada menu 'Sources' yang ada di bagian bawah 
  3. Untuk mulai membuat file rekaman, pilih opsi 'Display Picture' 
  4. Klik 'Start Recording' untuk memulai perekaman
  5. Jika sudah selesai, klik tombol bulat merah atau 'Stop Recording'
  6. Hasil perekaman akan tersimpan di folder sesuai pengaturan dengan nama yang sama dengan sebelumnya. 

Akan ada banyak tombol dan menu di dalam OBS yang mungkin membingungkan. Sebab, sejatinya OBS menyediakan bermacam-macam fitur. Selain screen recording, OBS juga bisa digunakan untuk live streaming, lho. Namun, untuk perekaman layar, cukup gunakan cara di atas, ya. 

Kalau kamu membutuhkan cara merekam layar laptop Windows 10, bisa pilih salah satu tutorial di atas yang menurutmu paling mudah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Menggunakan Remote Desktop Windows 10 dengan Mudah

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya