Comscore Tracker

5 Cara Setting VPN di PC atau Laptop, Bisa Tanpa Aplikasi

Langkahnya ringkas dan mudah diikuti

Apakah kamu ingin menggunakan VPN? Virtual Private Network alias VPN merupakan layanan yang memfasilitasi penggunanya menjelajah berbagai laman dengan server jaringan lain. Fitur ini memungkinkan kamu berselancar ke berbagai negara di dunia tanpa dikenali. Beberapa aplikasi VPN juga menyediakan fitur yang memungkinkanmu menentukan lokasi dan memilih kecepatan koneksi. Canggih, ya?

Untuk mengaktifkan VPN, kamu harus menyesuaikan pengaturan terlebih dulu. Tak perlu khawatir, cara setting VPN di PC atau laptop cukup sederhana. Ikuti langkah-langkah berikut untuk lebih jelasnya. 

Cara Setting VPN di PC atau Laptop

VPN sering dikaitkan dengan website negatif. Padahal, VPN sendiri memiliki berbagai manfaat yang menguntungkan bagi pengguna internet. Di antaranya yakni perlindungan data, riwayat jelajah dan data diri, mengakses laman bermanfaat yang tidak bisa diakses, serta menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih baik. 

Nah, sebelum menggunakan VPN ada langkah-langkah yang perlu dilakukan. Berikut rangkuman cara setting VPN di PC atau laptop yang bisa kamu terapkan langsung di device-mu.

1. Cara menggunakan VPN di PC tanpa aplikasi

5 Cara Setting VPN di PC atau Laptop, Bisa Tanpa Aplikasiilustrasi pengaturan Windows (Unsplash.com/Windows)

Kabar gembira bagi pengguna Windows 10 dan 11! Pembaruan perangkat memberimu fasilitas untuk menggunakan VPN tanpa harus download aplikasi pihak ketiga. Pengaturannya juga sederhana, cukup membuat akun VPN PPTP dan melakukan pengaturan Windows.

Cara membuat akun VPN PPTP 

  1. Kunjungi laman Tcpvpn.com
  2. Pilih kelompok server yang tersedia. Mulai server Asia, Amerika, Europe, Amerika, hingga Afrika. Sebagai contoh, tutorial ini menggunakan server Europe
  3. Pilih negara yang ada dalam kelompok server. Misalnya, memilih server VPN Inggris Raya
  4. Pilih salah satu server yang tersedia. Dalam contoh ini menggunakan Server TCP VPN Inggris > buat nama pengguna dan kata sandi
  5. Isi formulir yang diperlukan dengan memasukkan username dan password > klik 'Create Premium Account'
  6. Tunggu hingga proses pendaftaran selesai dan kamu akan mendapatkan nomor IP dan server VPN. Simpan untuk langkah berikutnya.

Masuk ke pengaturan Windows

  1. Masuk ke pengaturan Windows di laptop
  2. Pilih menu 'Network & Internet'
  3. Klik menu 'VPN' > 'Add a VPN connection'
  4. Isi formulir yang diperlukan guna mendaftarkan koneksi VPN baru. Masukkan connection name dan IP Adress sesuai yang kamu dapatkan ketika mendaftar akun VPN PPTP
  5. Klik 'Save' untuk menyimpan pengaturan. Sambungan yang baru kamu buat akan termuat dalam daftar VPN di pengaturan Windows
  6. Klik 'Connect' untuk memulai sambungan VPN. 

Setelah melakukan langkah di atas, kamu sudah terhubung dengan internet yang terlindung dengan sambungan VPN. Buka laman whatismyip.com guna memastikan sambungan VPN sudah benar-benar aktif. 

2. Cara setting VPN di PC atau laptop dengan OpenVPN

5 Cara Setting VPN di PC atau Laptop, Bisa Tanpa Aplikasiilustrasi OpenVPN (openvpn.net)

Salah satu penyedia fasilitas VPN yang populer baik di kalangan pengguna ponsel maupun PC yakni OpenVPN. Serupa dengan opsi sebelumnya, cara setting VPN di PC atau laptop dengan OpenVPN juga membutuhkan akun dan pengaturan. Hanya saja, kamu perlu mengunduh aplikasi OpenVPN terlebih dahulu.

Cara membuat akun di VPNJantit

  1. Kunjungi laman www.vpnjantit.com/free-openvpn.html
  2. Gulir ke bawah hingga menemukan kelompok server VPN yang tersedia yakni server Asia, Amerika, Europe, Amerika, hingga Australia. Sebagai contoh, tutorial ini menggunakan server Europe
  3. Pilih negara yang ada dalam kelompok server. Misalnya, memilih server VPN Inggris Raya
  4. Pilih salah satu server yang tersedia. Dalam contoh ini menggunakan Free Premium UK2 > klik 'Create OpenVPN PremiUK2' di bagian bawah
  5. Isi formulir yang diperlukan dengan memasukkan username dan password > klik 'Create Free OpenVPN'
  6. Penting! Jangan lupa untuk unduh file konfigurasi dengan mengklik 'Download OpenVPN Config PremiUK2' di bagian kanan segaris dengan tombol pembuatan akun
  7. Tunggu hingga proses pendaftaran selesai dan kamu akan mendapatkan nomor IP dan server VPN, serta file config. Simpan untuk langkah berikutnya
  8. Ekstrak file config. yang sudah diunduh. Pastikan menemukan file dengan format .ovpn, ya.

Sebagai catatan, pembuatan akun free di VPN Jantit hanya berlaku 3 hari saja. Selebihnya kamu bisa membuat akun baru atau membeli fitur premium. 

Jika sudah, unduh aplikasi OpenVPN yang tersedia di halaman resminya, yaitu openvpn.net/download-open-vpn/. Selanjutnya, pilih aplikasi yang tersedia sesuai jenis PC atau laptopmu yakni Windows, macOS, dan Linux.

Masuk ke pengaturan aplikasi OpenVPN Windows

Apabila pemasangan aplikasi sudah selesai, langkah selanjutnya melakukan pengaturan agar bisa terhubung ke server VPN. Caranya:

  1. Di bagian kanan bawah, terdapat berderet ikon yang menyediakan menu berbeda. Klik panah segitiga dan pilih 'Show Hidden Icons' untuk menunjukkan ikon OpenVPN
  2. Pada ikon OpenVPN GUI, klik kanan dan pilih 'Import file...'
  3. Pilih file konfigurasi dengan format file .ovpn yang telah diunduh sebelumnya > klik 'Open'
  4. Tunggu hingga proses import berhasil
  5. Jika sudah, kembali ke bagian kanan bawah > 'Show Hidden Icons' > klik kanan pada ikon OpenVPN GUI
  6. Pilih opsi 'Connect'
  7. Pada jendela yang terbuka, masukkan username dan password yang didapat dari akun VPN Jantit sebelumnya > klik 'OK'
  8. Tunggu hingga ikon OpenVPN GUI berubah menjadi hijau yang tandanya kamu sudah terhubung ke server VPN. 

Sama seperti cara sebelumnya, kamu bisa mengunjungi laman whatismyip.com untuk memastikan sambungan VPN sudah benar-benar aktif. Jika ikon OpenVPN GUI berubah menjadi kuning, berarti sambungan VPN sedang terjeda dan kamu perlu melakukan koneksi ulang agar terhubung kembali. 

3. Cara setting VPN di PC atau laptop dengan software Psiphon

5 Cara Setting VPN di PC atau Laptop, Bisa Tanpa Aplikasiilustrasi VPN (Unsplash.com/Dan Nelson)

Aplikasi untuk cara setting VPN di PC atau laptop berikutnya bernama 'Psiphon'. Opsi ketiga ini cenderung lebih sederhana karena kamu bisa mengatur konektivitas VPN hanya dari satu aplikasi. Caranya:

  1. Agar bisa terhubung ke server VPN, kamu perlu mengunduh aplikasi ini di laman www.psiphon3.com/en/download.html. Pilih file unduhan sesuai tipe gawai yang kamu gunakan. Jika sudah, lakukan instalasi hingga aplikasi berjalan dengan sempurna
  2. Jalankan aplikasi Psiphon yang telah diunduh
  3. Pilih server dari negara yang kamu inginkan
  4. Klik 'Connect' untuk menghubungkan ke server pilihan
  5. Tunggu hingga konfigurasi selesai. Apabila berhasil terhubung, maka keterangan pada tampilan aplikasi Psiphon akan berubah menjadi 'Connected' dan kamu akan otomatis diarahkan ke laman Psiphon.

Sangat mudah, bukan? Kembali gunakan laman whatismyip.com untuk memeriksa sambungan VPN yang sudah kamu lakukan. 

Baca Juga: 7 VPN Gratis Terbaik, Pakai Hanya saat Butuh Darurat ya!

4. Cara setting VPN di PC atau laptop dengan aplikasi Hide.me

5 Cara Setting VPN di PC atau Laptop, Bisa Tanpa Aplikasiilustrasi VPN Hide.me (Hide.me)

Aplikasi VPN PC atau laptop terbaik yang bisa digunakan berikutnya yakni Hide.me. Menghubungkan koneksi ke server VPN menggunakan Hide.me juga cukup singkat, caranya:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Hide.me di www.hide.me/id/software
  2. Jika sudah terpasang, jalankan aplikasi
  3. Di bagian pembuka, pilih 'Start Your Free Trial' atau 'Sign In Here'
  4. Klik 'Enable VPN' untuk mulai mengaktifkan sambungan ke server VPN
  5. Tunggu prosesnya hingga muncul konfirmasi terhubung yang ditandai dengan centang berwarna hijau. Selesai deh. 

Kamu sudah terhubung ke internet menggunakan server VPN. Langkah-langkah ini cukup memudahkan, terlebih aplikasi secara otomatis menyambungkan tanpa harus memilih negara server terlebih dahulu. 

5. Cara menggunakan VPN Google Chrome extension

5 Cara Setting VPN di PC atau Laptop, Bisa Tanpa Aplikasiilustrasi ekstensi VPN (chrome.google.com)

Pada cara setting VPN di PC atau laptop yang terakhir, kamu tidak perlu melakukan instalasi aplikasi. Namun, kamu perlu menyematkan extension yang tersedia di Google Chrome. Namun, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk browser lain. Hanya saja sebagai contoh menggunakan Google Chrome.

Ada banyak ekstensi VPN yang tersedia di Google Chrome. Kamu bisa menemukan ekstensi yang sesuai di laman https://chrome.google.com/webstore/category/extensions.

Pada tutorial ini, IDN Times menggunakan ekstensi bernama Touch VPN, ya.

  1. Buka laman ekstensi Google > cari ekstensi VPN sesuai pilihan (Touch VPN) > pasang ekstensi. Ikuti instruksi yang muncul di layar
  2. Di bagian kanan atas tepat sebelah foto profil Google, pilih opsi ekstensi yang dilambangkan dengan ikon puzzle
  3. Klik ikon Touch VPN
  4. Akan muncul jendela baru yang berisi tombol koneksi, cukup klik 'Connect'
  5. Tunggu hingga proses koneksi berhasil.

Jika sudah berhasil, jendela akan menunjukkan tombol 'Stop' di bagian kanan atas. Ekstensi ini juga menyediaka pengaturan Ad blocker, Trackers, Cookies, dan Malware yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Lengkap, bukan?

Itu dia cara setting VPN di PC atau laptop menggunakan aplikasi ataupun tidak. Ada yang sederhana serta mendetail. Kamu bisa pilih cara termudah sesuai kenyamanan serta kebutuhanmu. Pastikan untuk menggunakan internet dengan VPN secara bertanggung jawab dan menjaga keamanan, ya!

Baca Juga: 6 VPN Terbaik untuk Windows 2022, Aman dan Cepat!

Topic:

  • Laili Zain Damaika
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya