Comscore Tracker

Instagram Live Add On, Bisa Nonton dan Download Live IG di Laptop

Gak ketinggalan bias live lagi, deh!

Makin canggih, Instagram melengkapi produknya dengan fitur live yang memungkinkan pengguna siaran dan ditayangkan dalam satu waktu. Sebagian besar mengetahui bahwa fitur ini mudah digunakan di ponsel. Namun, bagaimana dengan gadget desktop?

Tenang, tetap bisa kok, Guys! Namun, kamu membutuhkan bantuan Instagram live add on. Fasilitas tambahan ini memungkinkan kamu melihat siaran langsung Instagram dari laptop, komputer, dan perangkat lainnya.

Cara menggunakan Instagram live add on

Berbagai acara penting kini disiarkan di Instagram Live. Mulai dari launching produk, bincang dengan ahli, bahkan konser musik pun memanfaatkan platform ini sebagai sarana publikasi. Alasannya, bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Walau tak bisa buka HP, jangan sampai ketinggalan siaran langsung akun favoritmu! Tetap saksikan live mereka melalui gawai desktop, bisa laptop atau komputer. Caranya mudah, berikut uraiannya. 

1. Pasang ekstensi Recorder and Downloader for Instagram Live

Instagram Live Add On, Bisa Nonton dan Download Live IG di Laptopilustrasi ekstensi Google (IDN Times/Laili Zain)

Mesin pencarian Google, alias Google Chrome, memiliki opsi pemasangan ekstensi. Tools ini mirip dengan aplikasi, tetapi terpasang di dalam Chrome. 

Salah satu ekstensi bisa dipakai sebagai Instagram live add on yakni ekstensi IG Stories for Instagram. Alat ini bisa menghubungkan live dengan akun Instagram.

  1. Buka situs ekstensi Google Chrome di Chrome Web Store
  2. Cari ‘Recorder and Downloader for Instagram Live’
  3. Klik judul untuk menampilkan detail ekstensi
  4. Klik ‘Add to Chrome’ di pojok kanan 
  5. Akan muncul pop up di tengah halaman. Izinkan pemasangan dengan klik ‘Add Extension’
  6. Tunggu hingga proses unduhan dan pemasangan selesai.

Setelah proses terakhir selesai, maka ekstensi telah terunduh dan terpasang di Google Chrome. Kamu bisa melihat ikon baru di pojok kanan atas atau di bagian ‘Extensions’.

2. Membuka ekstensi Recorder and Downloader for Instagram Live

Instagram Live Add On, Bisa Nonton dan Download Live IG di Laptopilustrasi membuka add on Instagram (IDN Times/Laili Zain)

Setelah terpasang, kamu bisa melihat di bagian kanan atas pojok tempat ekstensi berkumpul. Biasanya, berada di dalam opsi ‘Extension’ yang digambarkan dengan ikon puzzle.

Untuk mengaktifkannya, tinggal geser toggle dari off menjadi on. Setelah aktif, muncul opsi ‘Open Instagram.com’.

Kamu perlu klik opsi tersebut untuk melihat Instagram Live. Namun, sebelumnya kamu perlu melakukan login terlebih dahulu.

Baca Juga: 7 Cara Download Reels Instagram Tanpa Aplikasi, Mudah Kok!

3. Login menggunakan akun Instagram

Instagram Live Add On, Bisa Nonton dan Download Live IG di Laptopilustrasi login Instagram (IDN Times/Laili Zain)

Guna mengakses kumpulan live atau stories temanmu, Instagram live add on ini membutuhkan akses masuk terlebih dahulu. Maka dari itu, kamu perlu login menggunakan akun Instagram yang sudah ada.

Caranya mudah, tinggal masukkan username, email, atau nomor ponsel yang terhubung akun Instagram. Lalu, masukkan password. Mirip dengan login Instagram pada umumnya.

Selanjutnya, ekstensi juga akan meminta akses otorisasi sebagai akses membuka akun Instagram milikmu. Termasuk izin membuka live milik orang lain. 

4. Buka profil akun yang ingin dilihat

Instagram Live Add On, Bisa Nonton dan Download Live IG di Laptopilustrasi mencari akun (IDN Times/Laili Zain)

Tampilan ekstensi saat ini akan sangat mirip dengan Instagram versi browser. Kamu tinggal mengunjungi profil seseorang untuk melihat live-nya. 

Alih-alih mencarinya satu per satu di kolom following atau followers, cukup ketikkan username di kolom pencarian. Deretan nama sesuai kata kuncimu akan muncul. Lalu, klik username untuk mengunjungi profil.

5. Lihat dan unduh stories atau live

Instagram Live Add On, Bisa Nonton dan Download Live IG di Laptopilustrasi mengunduh video live IG (chrome.google.com)

Ketuk ikon live pada profil yang sedang melakukan siaran langsung. Jika ingin merekamnya, klik bulatan ungu di pojok kanan atas. 

Sudah deh, kamu bisa langsung menikmati Instagram live atau story milik teman melalui gawai desktop. Selain melihat, Instagram live add on juga menyediakan pilihan unduh video story atau live.

Caranya, setelah live selesai, kembali klik ikon ungu di pojok kanan atas untuk menyelesaikan perekaman. Secara otomatis, ekstensi akan mengunduh video. Tunggu hingga file video masuk ke folder unduhan gawaimu. 

Instagram live add on di atas jelas bermanfaat. Kamu jadi gak ketinggalan live teman Instagram saat sibuk dengan laptop atau komputer, deh.

Baca Juga: 5 Keuntungan Mengadakan Tanya Jawab di Instagram, Dekati Followers!

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya