Comscore Tracker

Makin Populer, 5 Manfaat Canva yang Wajib Kamu Tahu

Canva juga memudahkan untuk membuat video pembelajaran, lho

Canva merupakan sebuah tools desain grafis yang dirancang untuk membantu penggunanya membuat berbagai desain keren dan kreatif. Menyediakan lebih dari delapan ribu template, bahkan dalam versi gratis, belakangan Canva pun makin digandrungi. Kemudahan dalam pengaplikasiannya juga menjadi daya tarik tersendiri dari Canva. 

Nah, sebagai tools desain grafis, Canva juga memiliki banyak manfaat, termasuk juga untuk menunjang aktivitas dalam dunia pendidikan, lho. Penasaran apa saja manfaat Canva? Let's check it out!

1. Membantu membuat logo, poster, desain kemasan, hingga promo diskon produk 

Makin Populer, 5 Manfaat Canva yang Wajib Kamu Tahuilustrasi diskon promo produk (www.canva.com)

Kecanggihan teknologi membuat banyak orang lebih berminat untuk memasarkan produk dan layanan secara digital. Selain bisa menghemat budget karena tidak perlu menyewa toko, penjual dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. 

Nah, tentu saja para penjual daring ini membutuhkan media branding untuk mempromosikan produk di sosial media, bukan? Sebagai aplikasi desain yang menyediakan berbagai fitur keren, Canva sangat membantu penggunanya untuk membuat logo, poster, desain kemasan, hingga promo diskon produk sekreatif mungkin untuk menarik minat pembeli. 

2. Mendesain thumbnail YouTube

Makin Populer, 5 Manfaat Canva yang Wajib Kamu Tahuilustrasi desain thumbnail YouTube (www.canva.com)

FYI, Canva juga sering digunakan oleh para youtuber untuk membuat desain thumbnail YouTube yang menarik, lho. Selain menawarkan berbagai template dan animasi keren, Canva juga bisa digunakan dalam berbagai perangkat, termasuk smartphone. 

Thumbnail YouTube sendiri merupakan kilasan video YouTube yang disajikan dalam bentuk gambar. Sama seperti buku yang memiliki kover, YouTube juga memiliki thumbnail sebagai tampilan kover video yang diunggah. Pengaplikasiannya juga cukup mudah. Kamu tinggal mengunggah foto, tambahkan teks dengan font yang dirasa cocok, selesai, deh! 

Baca Juga: 5 Aplikasi Desain Grafis di Android Terbaik untuk Pemula

3. Membuat video pembelajaran 

Makin Populer, 5 Manfaat Canva yang Wajib Kamu Tahuilustrasi pembelajaran online (pixabay.com/HaticeEROL)

Sebagai dampak pandemik COVID-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk memindahkan proses belajar-mengajar dari sekolah ke rumah. Tentu saja hal ini membuat para guru perlu memutar otak untuk tetap menyalurkan ilmu pada anak didiknya. Salah satu solusi yang cukup efisien adalah dengan membuat video pembelajaran yang interaktif.

Di sinilah peran Canva dalam menunjang aktivitas pendidikan. Lewat fitur yang telah disediakan, Canva memungkinkan penggunanya untuk merekam (dengan webcam ataupun kamera smartphone), melakukan recording presentasi, hingga menampilkan slide presentasi. Menarik, bukan? Video pembelajaran yang sudah dirancang tersebut dapat diunduh dan dibagikan ke sosial media juga, lho. 

4. Membuat slide presentasi menjadi lebih menarik dan interaktif 

Makin Populer, 5 Manfaat Canva yang Wajib Kamu Tahuilustrasi membuat slide presentasi (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Manfaat lain dari Canva adalah mempermudah dalam merancang desain presentasi menjadi lebih menarik dan interaktif. Kamu bisa eksplor kreativitas kamu dengan menambahkan berbagai tema desain presentasi, template, dan animasi keren yang tersedia. Pemanfaatan fitur "sisipkan video" dan "sisipkan link" membuat slide presentasi juga menjadi lebih keren. 

Tampilan layar yang sederhana serta cara penggunaan yang cukup mudah makin membuat para pengguna merasa nyaman. Gimana, tertarik untuk membuat slide presentasi interaktif menggunakan Canva? 

5. Fitur "menambah kontributor" untuk menyunting desain bersama rekan

Makin Populer, 5 Manfaat Canva yang Wajib Kamu Tahutampilan depan Canva (www.canva.com)

Canva semain memudahkan pekerjaan penggunanya lewat fitur "menambah kontributor". Fitur ini memungkinkan untuk menambah rekan dan menyelesaikan pekerjaan bersama dengan menambahkan email rekan yang siap diajak untuk bekerja sama.

Seru banget, kan? Selain itu, pengguna juga dapat memaksimalkan penggunaan fitur "menambah kontributor" ini untuk berkolaborasi dan memadukan ide kreatif bersama rekan kerja. 

Wah, ternyata tools desain grafis Canva ini memiliki banyak manfaat dalam berbagai bidang, ya. Keren banget!

Apakah kamu sudah pernah menggunakan Canva untuk kebutuhan desain visual kamu? Share pengalaman kamu saat menggunakan tools ini di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 7 Situs Terbaik untuk Mencari Inspirasi Desain Grafis

Raina Zaakiyah Photo Verified Writer Raina Zaakiyah

Don't expect. Just do ur best :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya