Comscore Tracker

10 Rekomendasi Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo Terbaru 2022

Cocok banget buat self healing

Kabupaten Wonosobo di Jawa Tengah dikenal memiliki banyak sekali spot wisata alam yang memesona. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat Wonosobo dikaruniai kontur alam yang indah dengan suasana yang sangat sejuk.

Wonosobo gak melulu soal Dieng. Ada banyak spot wisata alam lainnya yang bisa kamu jajal ketika berkunjung ke Wonosobo. Berikut rekomendasi spot wisata di sekitar Dieng Wonosobo yang bisa kamu kunjungi untuk liburan 2022.

1. Pemandian Mata Air Mudal

10 Rekomendasi Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo Terbaru 2022Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo (twitter.com/Wisata_IDN)

Pemandian Mata Air Mudal berlokasi di Slukatan, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo. Pemandian ini terdiri dari sebuah kolam alami dengan air yang sangat jernih.

Kedalaman kolam mulai dari 1,7 meter hingga dua meter. Uniknya lagi, di dalam kolam ini juga hidup ikan-ikan yang bebas berenang. Suasana di sekitar kolam juga masih sangat asri dan sejuk sehingga cocok banget buat menenangkan diri.

2. Agrowisata Tambi

10 Rekomendasi Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo Terbaru 2022Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo (instagram.com/ngatmow_al_azis)

Agrowisata Tambi merupakan sebuah kebun teh dengan luas sekitar 270 hektare. Lokasinya berada di Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Setiap pengunjung yang datang akan disuguhkan pemandangan hamparan teh yang hijau dan asri. Karena berada di ketinggian 1.400 hingga 2.100 meter, kebun teh ini juga menyuguhkan udara yang sejuk dan segar.

3. Air Terjun Curug Winong

10 Rekomendasi Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo Terbaru 2022Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo (instagram.com/ratno_palasska)

Air Terjun Curug Winong berada di Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo. Lokasi air terjun ini cukup tersembunyi di dalam hutan dan jauh dari jalan.

Air terjun ini dihiasi bebatuan besar yang menghambat aliran air sebelum menyentuh kolam di bawahnya. Sayangnya, air terjun ini gak bisa digunakan untuk mandi atau berenang.

Namun, keindahannya sudah cukup menghibur. Kamu bisa duduk-duduk santai sembari menikmati suasana sekitar yang masih asri.

4. Wisata Alam Lubang Sewu

10 Rekomendasi Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo Terbaru 2022Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo (instagram.com/inggunprensidana)

Lubang Sewu merupakan kumpulan batu-batu berwarna putih yang tersusun secara alami. Spot wisata ini juga sering disebut sebagai Grand Canyon-nya Wonosobo.

Lubang Sewu berlokasi di Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, atau tepatnya berada di tepian Waduk Wadaslintang.

Lubang Sewu menjadi salah satu tempat wisata yang menawarkan spot foto yang Instagramable. Spot ini hanya akan muncul jika musim kemarau, di saat air waduk surut. Jika musim hujan, bebatuan ini akan tertutup air.

5. Batu Pandang Ratapan Angin

10 Rekomendasi Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo Terbaru 2022Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo (instagram.com/bayu_sprabowo)

Batu Pandang Ratapan Angin merupakan spot wisata yang wajib dikunjungi jika berada di Wonosobo. Lokasinya ada di Jalan Dieng, Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Batu Pandang Ratapan Angin merupakan spot terbaik untuk menikmati indahnya Telaga Pengilon dan Telaga Warna. Dari atas batu ini, kamu bisa menyaksikan kedua telaga ini dengan jelas disertai alam di sekitarnya.

6. Waduk Wadaslintang

10 Rekomendasi Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo Terbaru 2022Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo (instagram.com/hilmaikhwanmaulana)

Setelah puas berfoto-foto di Lubang Sewu, kamu bisa lanjut bersantai di pinggir Waduk Wadaslintang. Dua wisata berada di tempat yang sama.

Waduk Wadaslintang memiliki keistimewaan selain panorama alam yang indah, di antaranya memiliki bendungan tertinggi di Indonesia pada 1988 yakni mencapai 125 meter. Waduk ini merupakan spot favorit bagi mereka yang hobi memancing.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Dataran Tinggi Dieng yang Paling Memesona

7. Telaga Menjer

10 Rekomendasi Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo Terbaru 2022Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo (instagram.com/wijayanto_haris_)

Telaga Menjer merupakan salah satu wisata yang keberadaannya tersembunyi di wilayah Wonosobo. Selain mempunyai panorama mengesankan, telaga ini juga dikelilingi lingkungan yang masih sangat asri.

Telaga Menjer berlokasi di ketinggian yang mencapai sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat udaranya begitu sejuk.

Luas areanya yang mencapai 70 hektare disempurnakan dengan panorama alam yang begitu indah. Telaga Menjer berada di Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo.

8. Bukit Sikunir

10 Rekomendasi Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo Terbaru 2022Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo (wikipedia.org)

Bukit Sikunir merupakan ikon wisata Wonosobo. Rasanya belum afdal kalau belum mengunjungi Bukit Sikunir.

Bukti Sikunir berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Bukit ini merupakan spot yang paling tepat untuk menikmati sunrise. Bahkan, disebut golden sunrise karena keindahannya.

Selain menyuguhkan momen sunrise yang memesona, kamu juga akan dimanjakan dengan panorama delapan gunung. Gunung-gunung yang dapat terlihat bersamaan ketika matahari terbit di antaranya Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, bahkan Gunung Merapi.

9. Savana Pangonan

10 Rekomendasi Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo Terbaru 2022Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo (instagram.com/diengxyz)

Savana Pangonan berlokasi di Karangsari, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Jaraknya hanya sekitar satu jam dari pusat Kota Wonosobo menggunakan kendaraan bermotor.

Savana Pangonan menyuguhkan pesona padang rumput yang sangat luas dan masih relatif sepi pengunjung. Di savana ini juga terdapat sebuah danau kecil tempat angsa hitam bermain.

Savana Pangonan cocok banget jadi spot untuk piknik sembari menikmati makanan dan minuman yang kamu bawa. Namun, sampahnya jangan lupa dibawa pulang lagi ya.

10. Candi Dwarawati

10 Rekomendasi Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo Terbaru 2022Spot Wisata di Sekitar Dieng Wonosobo (twitter.com/bobsingadikrama)

Candi Dwarawati berada di Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Lokasinya yang terpisah dari gugusan candi lainnya membuat candi ini relatif lebih sepi dibanding candi lainnya, seperti Candi Arjuna.

Yang asyik dari kompleks Candi Dwarawati adalah dikelilingi lapangan rumput yang hijau dan terawat rapi. Kita bisa duduk-duduk santai sambil menikmati bekal makanan dan minuman yang kita bawa dari rumah.

Suasananya yang sejuk dan asri juga bikin makin betah. Sekali lagi, jangan lupa buang sampah pada tempatnya ya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi spot wisata di sekitar Dieng Wonosobo yang bisa kamu kunjungi saat momen liburan tahun 2022 ini. Spot mana yang pengin kamu kunjungi terlebih dahulu?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata bak Negeri di Atas Awan Terbaik di Pulau Jawa

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya