Comscore Tracker

5 Tokoh Indonesia yang Diabadikan di Museum Madame Tussauds

Kira-kira ada tokoh favoritmu gak, nih?

Madame Tussauds merupakan sebuah museum lilin terbesar yang sudah ada sejak ratusan tahun silam. Museum ini pertama kali didirikan oleh pematung lilin, Marie Tussaud.

Meski pusatnya berada di Kota London, Inggris, tetapi kini Museum Madame Tussauds sudah punya cabang di beberapa kota besar di seluruh dunia. Isi Museum Madame Tussauds adalah patung-patung lilin dari sejumlah tokoh besar dari seluruh dunia.

Tidak sembarangan orang yang sosoknya bisa diabadikan di museum ini. Hanya tokoh-tokoh terkenal yang dianggap berpengaruh saja yang diabadikan di Madame Tussauds.

Nah, dari Indonesia sendiri, ada beberapa tokoh yang kini sudah diabadikan di Museum Madame Tussauds. Dari presiden, atlet, hingga penyanyi, berikut daftar tokoh yang sudah diabadikan di Museum Madame Tussauds.

1. Presiden Soekarno

5 Tokoh Indonesia yang Diabadikan di Museum Madame Tussaudstwitter.com/kurniamanurung

Presiden RI pertama, Soekarno, merupakan tokoh Indonesia pertama yang dijadikan sebagai figur patung lilin di Madame Tussauds. Kini, patung lilin bapak proklamator tersebut bisa kamu temukan di tiga cabang Madame Tussauds, yakni Bangkok, Thailand, dan Hong Kong.

2. Presiden Joko Widodo

5 Tokoh Indonesia yang Diabadikan di Museum Madame Tussaudsinstagram.com/madametussaudshongkong

Selain Soekarno, Presiden RI lainnya yang ada di Museum Madame Tussauds adalah Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Patung lilin Jokowi bisa kamu temukan di Museum Madame Tussauds Hong Kong. Patung lilin Presiden RI ketujuh tersebut diresmikan pada 1 Mei 2017.

3. Rudy Hartono

5 Tokoh Indonesia yang Diabadikan di Museum Madame Tussaudsinstagram.com/mtssingapore

Rudy Hartono merupakan mantan atlet bulutangkis kebanggaan Indonesia. Ia pernah memenangkan kejuaraan dunia pada 1980, dan Kejuaraan All England selama delapan kali pada 1960-an dan 1970-an.

Kini patung lilin sang maestro bisa kamu jumpai di Madame Tussauds cabang Singapura. Sosok Rudy di museum tersebut dibuat dengan posisi sedang beraksi memegang raket bulutangkis.

Baca Juga: Keren, 5 Pahlawan Indonesia Ini Jadi Nama Jalan di Luar Negeri!

4. Anggun

5 Tokoh Indonesia yang Diabadikan di Museum Madame Tussaudsinstagram.com/anggun_cipta

Anggun C. Sasmi merupakan penyanyi sekaligus perempuan Indonesia pertama yang sosoknya diabadikan di Museum Madame Tussauds. Sosok Anggun dapat kamu temui di Madame Tussauds cabang Bangkok, Thailand.

Patung lilin Anggun sudah terpajang di Madame Tussauds Bangkok, Thailand, sejak 2016. Patung penyanyi yang sukses merilis album dengan menembus pasar di 33 negara berbeda tersebut dibuat berpose duduk di kursi juri ajang Asia's Got Talent.

5. Agnez Mo

5 Tokoh Indonesia yang Diabadikan di Museum Madame Tussaudsinstagram.com/agnezmo

Menyusul Anggun, ada Agnez Mo yang akan menjadi perempuan dan penyanyi kedua berdarah Indonesia yang diabadikan di Madame Tussauds. Sosok Agnez Mo nantinya dapat kamu jumpai di Museum Madame Tussauds Singapura.

Patung lilin penyanyi Indonesia yang berhasil go international ini sendiri baru dikonfirmasi pada pertengahan tahun 2020. Kini patung lilin Agnez Mo sedang dalam tahap pengerjaan dan belum diketahui pasti kapan akan dirilis.

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalamanan unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: 10 Museum yang Dibangun untuk Mengenang Jasa Pahlawan Indonesia

Topic:

  • Andry Trisandy
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya