Comscore Tracker

5 Spot Wisata Terbaik di Taman Nasional Komodo, Catat!

Tempat terbaik untuk hunting foto spektakuler yang eksotis

Taman Nasional Komodo, satu-satunya tempat di dunia di mana dapat bertemu langsung dengan hewan purba komodo yang legendaris. Terletak di Nusa Tenggara Timur, selain hewan legendaris, Taman Nasional Komodo menawarkan pemandangan alam yang luar biasa.

Pantai pasir putih dengan arus tenang dan suasana damai. Jauh dari pantai, laut di sekitar pulau-pulau menawarkan warna-warna cerah terumbu karang dan kehidupan laut yang eksotis. Sambil menikmati alam, tempat-tempat ini menawarkan komposisi yang sempurna untuk fotografi. Berikut ini adalah beberapa spot wisata terbaik yang menjadi surga bagi para pencinta fotografi di Taman Nasional Komodo.

1. Pulau Padar

5 Spot Wisata Terbaik di Taman Nasional Komodo, Catat!Panorama Pulau Padar (unsplash.com/ Rizknas)

Pulau Padar adalah pulau terpencil tidak tersentuh yang terletak di tengah garis lurus antara Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Perbukitan curam dan kering, tebing yang jatuh langsung ke laut, elang laut terbang di sekitar, teluk raksasa dengan air kristal dan banyak pantai pasir merah muda yang tersembunyi menjadikan tempat ini memiliki suasana yang benar-benar unik dan menarik untuk dieksplor.

Perjalanan satu jam ke puncak Padar Kecil akan membawa pengunjung ke panorama menakjubkan Taman Nasional Komodo yang fotogenik. Waktu matahari terbit dan terbenam adalah waktu terbaik dalam sehari untuk melakukan trekking dengan menikmati perubahan warna langit yang menawan.

2. Pulau Gili Laba

5 Spot Wisata Terbaik di Taman Nasional Komodo, Catat!Berfoto dari atas bukit di Gili Laba. (instagram.com/ sandrotravel)

Dari segi visual, Gili Laba sangat memukau dan tenang dengan langit cerah di musim panas. Lanskap menarik dan estetik seperti perbukitan hijau, air biru, pantai dangkal, semak-semak, dan angin yang menenangkan. Di perbukitan, bisa ditemukan rerumputan liar, suasananya sangat mirip dengan sabana. Tempat wisata ini cocok untuk trekking dan bersantai. Biasanya, orang datang ke sini pada pagi atau sore hari yang merupakan waktu terbaik untuk hiking.

Tempat ini cukup mirip dengan Pulau Padar, dikarenakan lanskap perbukitannya. Dari atas bukit-bukit ini,  bisa disaksikan pemandangan yang luar biasa. Memang utuh banyak energi untuk sampai ke sini. Tapi tenang saja, panorama yang didapat akan membayar semua rasa letih.

3. Pulau Kanawa

5 Spot Wisata Terbaik di Taman Nasional Komodo, Catat!Pulau Kanawa (instagram.com/ explorepulau_id)

Pulau Kanawa, hanya sekitar 15 km dari kota nelayan Labuan Bajo , dikelilingi oleh hamparan terumbu karang yang dipenuhi ikan berwarna-warni di sekelilingnya. Airnya yang berwarna pirus sangat tenang dan jernih. Berenang dan snorkeling adalah kegiatan wisata  paling populer di sini.

Begitu sampai di Pulau Kanawa, wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahannya. pasirnya putih dan panorama eksotis. Pulau ini memiliki latar belakang berumput dan berbukit. Perahu akan berlabuh di dermaga kecil. Karena airnya yang jernih, pengunjung dapat dengan mudah terlihat ikan dan yang paling menarik adalah terumbu karangnya. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terindah Nusa Tenggara Timur, Gak Cuma Pulau Komodo

4. Pantai Pink

5 Spot Wisata Terbaik di Taman Nasional Komodo, Catat!Pantai Pink Pulau Komodo (instagram.com/ instagram.com)

Pantai cantik ini mendapatkan warna yang mencolok dari hewan mikroskopis yang disebut Foraminifera, yang menghasilkan pigmen merah muda pada terumbu karang. Karena itulah, disebut Pink Beach atau Pantai Pink dalam bahasa setempat. Saat pecahan kecil karang merah berpadu dengan pasir putih, dapat menghasilkan warna pink lembut yang terlihat di sepanjang garis pantai.

Selain keindahan pasirnya yang unik, eksplorasi terumbu karang di bawah laut Pantai Pink  dengan ratusan spesies karang lunak dan keras, dan ribuan spesies ikan. Pink Beach adalah pilihan yang bagus untuk perenang snorkel dan penyelam pemula karena memiliki perairan dangkal dan rumah bagi banyak spesies biota laut.

5. Manta Point

5 Spot Wisata Terbaik di Taman Nasional Komodo, Catat!Pari Manta (instagram.com/ fritsarlan)

Sesuai dengan namanya, ini adalah lokasi untuk menyaksikan makhluk laut manta ray atau ikan pari manta. Ukuran pari manta sekitar 3 meter. Keunggulan tersebut yang akahirnya membuat banyak wisatawan datang ke sini untuk snorkeling atau menyelam. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung adalah penyelam profesional.

Manta Point merupakan lokasi paling strategis untuk menyaksikan Pari Manta. Makhluk-makhluk ini sering melewati tempat ini dengan damai, walaupun begitu harus tetap berhati-hati dan tidak mengganggu. Perairan di Manta Point termasuk tenang namun tetap harus memperhatikan arus air sebelum ke sini. Untuk pemula, lebih baik menyelam dengan instruktur. Laut ini tidak memiliki banyak karang, sehingga daya tarik utamanya adalah Pari Manta.

Nah, itu tadi beberapa spot wisata terbaik yang ada di Taman Nasional Komodo. Jangan lupa berkunjung ke situs warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO tersebut, ya. Nikmati keindahan alamnya yang luar biasa, komodo, keanekaragaman hayati laut, dan darat.

Baca Juga: 5 Informasi Wisata Kelabba Maja, Pesona Unik dari Nusa Tenggara Timur

Anisa Destya Photo Verified Writer Anisa Destya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya