Comscore Tracker

Perkiraan Biaya Traveling ke Jogja 3 Hari 2 Malam, Terjangkau! 

Biaya traveling ke Jogja beneran ramah di kantong lho!

Jogja jadi pilihan banyak orang untuk melepas penat dari padatnya aktivitas. Kota ini sendiri memang punya daya tarik dan pesona yang tak terbantahkan. Gak heran kalau banyak orang menjadikan Jogja sebagai destinasi pilihan liburan mereka.

Dengan biaya kurang dari Rp1 juta, kamu bisa lho menghabiskan akhir pekan di sini  selama 3 hari 2 malam. Penasaran seperti apa detailnya? Langsung saja simak perkiraan biaya traveling ke Jogja berikut ini.

1. Biaya transportasi

Perkiraan Biaya Traveling ke Jogja 3 Hari 2 Malam, Terjangkau! ilustrasi kereta api (unsplash.com/Fachry Hadid)

Kamu bisa naik kereta dengan rute Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta pada hari Jumat. Perjalanan akan ditempuh selama kurang lebih 8 jam 59 menit dengan perkiraan biaya tiket kereta sebesar Rp74 ribu saja menggunakan Kereta Bengawan.  Perjalanan ini akan dimulai dari pukul 06.20 WIB dan diperkirakan tiba di Jogja pada pukul 15.18 WIB.

Kereta Bengawan berangkat lagi ke Jakarta pukul 22.07 WIB. Maka, kamu bisa pulang dengan membeli tiket Kereta Progo dari Stasiun Lempuyangan menuju Stasiun Pasar Senen pada hari Minggu pukul 15.10 WIB sebesar Rp160 ribu. Setidaknya, kamu nanti akan tiba di Jakarta sebelum ganti hari. Jadi, kamu masih tetap bisa kembali beraktivitas di hari Senin pagi.

Tapi jika jadwal kamu fleksibel, kamu bisa membeli tiket Kereta Bengawan yang akan tiba di Jakarta kira-kira hari Senin pukul 07.05 WIB.

2. Akomodasi selama di Jogja 

Perkiraan Biaya Traveling ke Jogja 3 Hari 2 Malam, Terjangkau! ilustrasi sewa motor (unsplash.com/Clay Banks)

Ada berbagai macam moda transportasi yang bisa kamu gunakan selama di Jogja. Namun, memilih untuk sewa motor adalah salah satu cara hemat yang bisa kamu coba. Selain itu,  perpindahan dari satu tempat ke tempat lain juga terasa lebih efisien.

Di depan Staisun Lempuyangan sendiri terdapat salah satu agen sewa motor yang lumayan populer. Umumnya biaya sewa motor untuk satu hari kurang lebih sekitar Rp50 ribu. Bila kamu berada di Jogja selama 3 hari berarti biaya sewa motor yang kamu keluarkan sekitar kurang lebih Rp150 ribu saja.

Tak lupa kamu harus meninggalkan kartu identitas sebagai jaminan; bisa berupa KTP, BPJS, paspor, kartu pegawai, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Malam di Yogyakarta untuk Lepas Penat, ke Sini Yuk!

3. Biaya sewa penginapan selama di Jogja 

Perkiraan Biaya Traveling ke Jogja 3 Hari 2 Malam, Terjangkau! RedDoorz dekat Stadion Mandala Krida (hotels.com)

Untuk mencari penginapan yang murah dan aman selama traveling di Jogja, kamu bisa menyambangi Hotel Wijaya Kusuma atau RedDoorz Hostel yang letaknya tak jauh dari Stasiun Lempuyangan. Lokasi tepatnya berdekatan dengan Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Harga per malamnya sekitar Rp46 ribu rupiah. Apabila digabung dengan pajak dan lain-lain, biaya menginap di sini selama 3 hari 2 malam akan diperoleh total estimasi harga sebesar Rp92 ribu saja.

Lokasi penginapan ini tak jauh dari pusat kota. Begitu juga dengan Stasiun Lempuyangan. Jadi memudahkan kamu ketika berlibur maupun saat pulang nanti. Meski harga yang ditawarkan murah, tapi fasilitas yang dimiliki sudah sangat memadai dan cukup baik.

4. Itinerary traveling 3 hari 2 malam di Jogja 

Perkiraan Biaya Traveling ke Jogja 3 Hari 2 Malam, Terjangkau! Taman Sari Yogyakarta (unsplash.com/Haryo Setyadi)

Jogja memang menawarkan beragam destinasi wisata yang mengasyikkan untuk dikunjungi. Berikut merupakan contoh itinerary traveling di Jogja yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Jumat

  • 15.30 WIB: Diperkirakan sudah tiba di Jogja. Kamu bisa langsung mengurus sewa motor yang akan kamu gunakan untuk berkeliling Jogja selama kurang lebih 3 hari ke depan.
  • 16.00 WIB:  Melakukan check in di penginapan. Istirahat sejenak dan berish diri setelah melakukan perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan
  • 18.30 WIB: Kamu bisa menyantap Nasi Goreng Sapi Notaris yang jaraknya hanya sekitar 5 menit berkendara dari penginapan. Biaya yang dihabiskan untuk satu orang sekitar Rp15 ribu sudah termasuk minuman.
  • 20.00 WIB: Ditempuh selama kurang lebih 7 menit dari tempat makan malam. Kamu bisa menikmati suasana malam di Tugu Jogja. Berfoto dengan background Tugu  Jogja jadi salah satu ritual wajib wisatawan yang datang ke Jogja. 

Sabtu

  • 08.00 WIB: Sarapan di Gudeg Sagan. Satu porsi gudeg krecek dan minuman akan habis sekitar Rp16 ribu.
  • 09.30 WIB: Tiba di Museum Ullen Sentalu, Kaliurang. Kamu akan diajak tour selama 45 menit dengan paket Adiluhung Mataram sebesar Rp50 ribu.
  • 11.00 WIB: makan siang di sate Park Parto 1958 yang berjarak hanya 2 menit dari Ullen Sentalu. Biaya yang kamu habiskan untuk makan di sini sekitar kurang lebih Rp25 ribu saja untuk satu portsi sate dengan minuman.
  • 12.30 WIB: Bertamasya ke Agro Wisata Bhumi Merapi. Tiket masuk  kurang lebih Rp30 ribu. Di sini kamu bisa berwisata dengan spot foto layaknya sedang berada di luar negeri seperti berada di Santorini, Yunani.
  • 14.30 WIB: Healing sejenak ke Ledok Sambi. Duduk di pinggiran sungai sambil mencari ketenangan. Tiket masuk  lokasi ini gratis.
  • 15.30 WIB: Pergi ke kopi klothok. Menikmati sunset sambil mencicpi hidangan tradisional khas pedesaan. Wisatawan yang datang ke mari biasanya memesan kopi klothok dan juga pisang goreng. Perkiraan kamu akan habis sebesar Rp15 ribu saja.
  • 17.30 WIB: Diperkirakan sudah tiba kembali di kota Jogja. Kamu bisa menyambangi beberapa pusat oleh-oleh yang menawarkan bakpia, makanan khas Jogja. Biaya satu box bakpia kukus sebesar Rp38 ribu sementara bakpia pathuk dari merk apapun kurang lebih Rp45-65 ribu.
  • 18.30 WIB: Makan malam di Oseng Mercon Bu Narti. Biaya untuk seporsi nasi oseng mercon dan segelas minuman kurang lebih sekitar Rp35 ribu.
  • 20.00 WIB: Menikmati suasana malam hari di Alun-Alun Kidul. Siapkan budget kurang lebih Rp25 ribu bila ingin menikmati jajanan di sekitar alun-alun
  • 21.30 WIB: Sudah kembali ke penginapan. Bersih diri dan juga packing

Minggu

  • 07.30 WIB: Sarapan di Soto Sampah yang berada di dekat Alun-Alun Utara. Estimasi biaya sarapan di sini kurang lebih sekitar Rp20 ribu termasuk soto, minuman, dan gorengan, dan sate-satean
  • 09.30 WIB: Tiba di Taman Sari Yogyakarta. Tiket masuk per orang hanya Rp5 ribu
  • 11.00 WIB: Kembali ke penginapan untuk melakukan proses check out
  • 13.00 WIB: Mengembalikan motor. Apabila masih ingin membeli buah tangan di sekitar Stasiun Lempuyangan masih ada sejumlah tempat oleh-oleh
  • 14.00 WIB: Sudah berada di Stasiun Lempuyangan bersiap kembali ke Yogyakarta karena kereta akan berangkat pukul 15.10

5. Total perkiraan biaya traveling ke Jogja selama 3 hari 2 malam 

Perkiraan Biaya Traveling ke Jogja 3 Hari 2 Malam, Terjangkau! perkiraan biaya traveling ke Jogja selama 3 hari 2 malam (pexels.com/Karolina Grabowska)

Setelah puas berkeling kota Jogja, ada baiknya menilik lagi rincian biaya yang keluarkan selama berada di sini. Berikut rincian total perkiraan biaya traveling ke Jogja selama 3 hari 2 malam yang bisa kamu jadikan acuan.

  • Transportasi pulang pergi: Rp234 ribu
  • Sewa peginapan: Rp92 ribu
  • Sewa motor untuk 3 hari: Rp150 ribu
  • Makan selama 3 hari: Rp 141 ribu
  • Tiket masuk destinasi: Rp 85 ribu
  • Oleh-oleh: Rp166 ribu
  • Biaya lain-lain: Rp100 ribu
  • Total perkiraan biaya: Rp968 ribu

Biaya di atas hanya estimasi dan skema itinerary  secara garis besar saja. Untuk traveling ke Jogja selama kurang lebih 3 hari 2 malam, biaya Rp968 ribu terbilang sangat terjangkau, lho. Biaya ini bahkan bisa ditekan apabila kamu memilih pulang dengan kereta jam 10 malam. Well, tapi semua pilihan ada di kamu, ya!

Semoga perkiraan biaya traveling ke Jogja selama 3 hari 2 malam di atas sedikit banyaknya bisa memberi gambaran bagi kamu yang akan berlibur ke sini. Pastikan untuk memeriksa lagi ketersediaan kereta, izin cuti, hotel, sewa motor dan sebagainya supaya liburan kamu ke Jogja lebih tenang dan aman. Selamat berlibur di Jogja!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Yogyakarta Dekat Malioboro yang Wajib Kamu Kunjungi

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya