Comscore Tracker

5 Kebun Binatang Di Bali yang Gak Kalah Asyik dari Pantai

#BaliBanget Selain asyik, juga bisa dapat ilmu

Bali adalah surganya wisata bagi para wistawan lokal maupun mancanegara. Tidak ada yang meragukan keindahan dan luar biasanya tempat wisata yang ada di Bali. Tempat wisata mulai dari pantai, wahana bermain hingga tempat oleh-oleh dan juga pura. 

Namun jarang wisatawan yang mengetahui kalau di Bali juga ada kebun binatang yang gak kalah asyik dengan tempat wisata yang sudah populer. Wisata kebun binatang juga bisa menjadi opsi yang menarik untuk mengisi waktu liburan di Bali. Karena selain liburan, kamu juga bisa mengenal beraneka ragam satwa dari bermacam-macam spesies yang ada di alam dalam satu wahana sehingga sangat bermanfaat dan tidak membosankan. 

Berikut wisata kebun binatang di Bali.

1. Bali Zoo

5 Kebun Binatang Di Bali yang Gak Kalah Asyik dari Pantaibali-zoo.com

Bali Zoo merupakan salah satu kebun binatang terbesar yang ada di Bali. Kebun binatang ini berlokasi di Kabupaten Gianyar dan memiliki luas sekitar 12 hektar. 

Kebun binatang ini dihuni oleh kurang lebih 100 spesies satwa langka. Ada banyak jenis hewan yang ada di kebun binatang ini seperti hewan mamalia, reptil dan burung. Hewan mamalia yang terancam punah seperti primata, rusa, macan suatera dan kanguru. Selain itu hewan buas seperti singa, harimau, buaya dan ular juga ada di kebun binatang ini. 

Jenis burung juga ada banyak spesies seperti burung jalak bali yang sudah hampir punah. Tempat wisata yang luas dan dengan harga tiket yang terjangkau akan membuat pengunjung nyaman dengan suasana alam yang ada di Bali Zoo.

2. Bali Bird Park

5 Kebun Binatang Di Bali yang Gak Kalah Asyik dari Pantaijejakpiknik.com/

Dari namanya saja mungkin kamu sudah mengetahui bahwa kebun binatang ini hanya dihuni oleh hewan berjenis burung. 

Bali Bird Park berlokasi di Singapadu Gianyar dan memiki luas sekitar 2 hektar. Taman burung ini menampung sekitar seribu jenis burung dari 250 spesies. Burung yang ada di taman ini berasal dari Indonesia, Afrika dan Amerika Selatan. Salah satu jenis burung langka yang berasal dari Bali juga ada di taman ini yaitu Burung Jalak Bali. 

Selain hanya melihat burung, kamu juga bisa melihat proses perkembangbiakan burung yang dapat menambah wawasan. Selain itu di taman ini juga ada tanaman tropis yang jumlahnya hampir 2000 jenis yang tersebar di area taman. Tentu saja kamu bisa belajar sambil menikmati suasana alam.

Baca Juga: 5 Alasan Pulau Bali Selalu Jadi Tempat Favorit buat Liburan

3. Turtle Island

5 Kebun Binatang Di Bali yang Gak Kalah Asyik dari Pantailexyleksono.com

Turtle Island atau biasa disebut Pulau Penyu merupakan tempat penangkaran satwa penyu yang kini mulai langka. Untuk dapat ke pulau ini, kita harus menggunakan glass bottom boat yang disediakan oleh watersport Tanjung Benoa. Selama perjalanan kamu bisa menikmati pemandangan dalam laut yang begitu indah dan terlihat jelas karena kapal yang digunakan memiliki kaca tembus pandang di bagian bawahnya. 

Setelah sampai ke Pulau Penyu kamu bisa melihat sejumlah satwa yang unik dan langka seperti penyu, burung, ular, monyet, iguana, dan kelelawar. Selama di pulau ini kita akan mendapat penjelasan dari tim pemandu lokal. Kita dapat pengetahui proses perkembangbiakan penyu dan kehidupan penyu di alam.

4. Bali Safari dan Marine Park

5 Kebun Binatang Di Bali yang Gak Kalah Asyik dari Pantaithrillophilia.com

Bali Safari dan Marine Park ini bisa dikenal dengan Taman Safari Bali. Di taman ini kita bisa melihat kehidupan satwa liar yang hidup seperti habitat aslinya. 

Taman Safari Bali merupakan bagian dari Taman Safari Indonesia yang sudah ada hampir 20 tahun dalam menegelola binatang liar ini. Dalam taman ini sekitar 60 spesies dan 400 ekor satwa langka yang berasal dari Indonesia, Afrika dan India. Satwa langka yang dari Indonesia seperti Jalak Putih, Burung Hantu, Tapir, Buaya, Babi Rusa dan Harimau Sumatera. 

Selain banyak hewan yang ada di taman ini, Taman Safari Bali juga sangat cocok untuk menikmati alam karena dibuat hampir sama persis seperti habitat asli hewan.

5. Bali Butterfly Park

5 Kebun Binatang Di Bali yang Gak Kalah Asyik dari Pantaiwendawikanadi.blogspot.com

Bali Butterfly Park atau biasa dikenal Taman Kupu-Kupu Bali merupakan tempat untuk melestarikan kupu-kupu. Taman ini berlokasi di Wanasari, Tabanan. 

Kupu-kupu adalah hewan yang memiliki sayap yang sangat bervariasi dan indah. Sayangnya, dengan adanya pertumbuhan kota-kota besar mengakibatkan spesies dari kupu-kupu menjadi langka. Untuk melestarikan kupu-kupu, mereka ditangkar dalam sebuah tempat yang dilindungi jaring-jaring di sekitar tempat penangkaran agar kupu-kupu dapat hidup dan dapat berkembang biak. 

Selain kupu-kupu, jika kita berkunjung ke taman ini, kita juga dapat melihat serangga, kajengking, tarantula dan berbagai kumbang.

Bagaimana, mengasyikkan bukan? Selain liburan, kamu juga bisa mengambil pelajaran bermanfaat yang dapat menambah wawasan. Tentu saja, kamu juga bisa berfoto-foto dengan hewan yang ada di kebun binatang yang kamu kunjungi. Yuk, segera agendakan liburanmu.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Baru di Amarasi, Pulau Timor yang Lagi Hitz

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya