Comscore Tracker

Pusat Penyebaran Virus Corona, Ini 5 Fakta Menarik Kota Wuhan 

Salah satu kota bisnis paling maju di Asia

Di awal tahun 2020, dunia dibuat gempar dengan wabah virus corona yang terjadi di Cina dan beberapa negara lainnya. Virus yang menyerang imun tubuh dan sistem pernapasan ini, berasal dari salah satu pasar di Wuhan yang menjual satwa secara ilegal. Pada awalnya, virus ini hanya dapat ditularkan oleh hewan seperti kelelawar, kepada manusia saja.

Namun sekarang, virus corona semakin berkembang dan dapat ditularkan antar manusia. Akibat hal tersebut, jumlah penderita virus corona semakin meningkat, terutama di kota asal virus ini mewabah yaitu Wuhan, sehingga kota tersebut diisolasi oleh pemerintah.

Wah, pastinya penasaran 'kan seperti apa sebenarnya Kota Wuhan Ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Kota terpadat di Asia Tengah

Pusat Penyebaran Virus Corona, Ini 5 Fakta Menarik Kota Wuhan hubei.gov.cn

Wuhan merupakan ibu kota Provinsi Hubei, yang terletak di Tiongkok Tengah atau jantung Tiongkok. Dilansir dari tradecommissioner.gc.ca, Kota Wuhan merupakan kota di Tiongkok Tengah yang paling padat penduduknya, dengan total populasi mencapai 10,60 juta pada tahun 2015 lalu.

Populasi yang jumlahnya fantastis tersebut, tersebar di tiga kota yang termasuk di wilayah Wuhan, yaitu Hankou, Hanyang, dan Wuchang, yang juga dikenal dengan nama "Tiga Kota Wuhan". Ketiga Kota Wuhan ini, terbagi antara dua sungai besar di Wuhan yaitu Sungai Yangtze dan Sungai Han.

2. Beriklim muson subtropis yang lembab

Pusat Penyebaran Virus Corona, Ini 5 Fakta Menarik Kota Wuhan hubei.gov.cn

Dilansir dari Top Cina Travel, Wuhan beriklim muson subtropis yang lembab. Salah satu kota terbesar di Cina ini, memiliki iklim yang lembab dengan empat musim yang berbeda. Suhu rata-rata Wuhan sepanjang tahun yaitu 15.8oC-17.5oC (60oF-64oF). Cuaca terpanas di Wuhan terjadi pada Juli, dengan suhu rata-rata sekitar 28,8oC (84oF).

Nah, sedangkan cuaca terdingin Wuhan, terjadi pada bulan Januari dengan suhu rata-rata sekitar 3,7oC (39oF). Jika ingin berkunjung ke Kota Wuhan, waktu terbaik adalah Maret hingga Juli serta September hingga November.

Baca Juga: Menilik 5 Makanan Khas Asal Wuhan, Kota Kuliner Tersohor di Tiongkok

3. Salah satu kota bisnis paling maju di Asia

Pusat Penyebaran Virus Corona, Ini 5 Fakta Menarik Kota Wuhan hubei.gov.cn

Nah, ini dia salah satu alasan utama mengapa virus corona bisa menyebar ke negara lain yaitu karena Wuhan merupakan pusat bisnis di Tiongkok Tengah dan salah satu kota bisnis paling maju di Asia. Banyak orang melakukan perjalanan bisnis ke Wuhan, sehingga begitu kembali ke negaranya dan terjangkit virus mematikan ini, maka akan menularkannya ke orang terdekatnya. 

Dilansir dari tradecommissioner.gc.ca, di Wuhan terdapat empat taman pengembangan ilmiah dan teknologi, tiga zona pengembangan nasional,1656 perusahaan berteknologi tinggi, dan investasi yang berasal dari 230 perusahaan Fortune Global 500. Industri utama di Wuhan yaitu meliputi manufaktur modern (besi, baja, dan otomotif) dan industri berteknologi tinggi seperti farmasi, teknik biologi, hingga teknologi opto-electronik.

Selain itu, juga terdapat Wuhan Dongfeng Motor Corporation, yang merupakan produsen mobil terbesar ketiga di Cina. Bahkan Wuhan Dongfeng Motor Corporation bekerja sama dengan produsen mobil ternama lainnya lo, seperti Honda, Nissan, hingga produsen mobil asal Prancis yaitu PSA Peugeot Citroen.

4. Pusat transportasi dan perdagangan di Tiongkok Tengah sejak ratusan tahun yang lalu

Pusat Penyebaran Virus Corona, Ini 5 Fakta Menarik Kota Wuhan hubei.gov.cn

Selain sebagai pusat bisnis di Tiongkok Tengah, Kota Wuhan juga merupakan pusat transportasi dan perdagangan di Cina Tengah sejak ratusan tahun yang lalu. Kota Wuhan merupakan titik pertemuan rute maritim, sungai, kereta api, dan transportasi jalan lainnya dari berbagai penjuru.

Sebagai pusat dari rute-rute pertemuan ini, Wuhan telah menjadi tempat pengumpulan dan distributor utama untuk produk-produk dari Lembah Yantze dan untuk wilayah Cina Barat dan barat daya, terutama untuk produk kapas, teh, sutra, kayu hingga minyak tung.

5. Kota paling kuno di Tiongkok, yang memiliki peninggalan bersejarah sejak 3.500 tahun yang lalu

Pusat Penyebaran Virus Corona, Ini 5 Fakta Menarik Kota Wuhan hubei.gov.cn

Kota Wuhan merupakan pusat ekonomi, politik, dan budaya di Provinsi Hubei. Sebagai pusat budaya di Provinsi Hubei, Kota Wuhan merupakan tempat lahirnya Budaya Chu kuno. Bahkan di Wuhan juga terdapat salah satu opera paling tua dan terpopuler di Tiongkok, yaitu Opera Han.

Selain itu, kota paling kuno di Cina ini, juga dikenal sebagai salah satu kota yang paling bersejarah di Tiongkok. Kota Wuhan terdaftar sebagai salah satu Kota Bersejarah Tiongkok pada tahun 1986 lalu. Sebagai salah satu kota bersejarah di Tiongkok, Wuhan memiliki peninggalan bersejarah yang telah berusia ribuan tahun. Peninggalan bersejarah yang menjadi saksi bisu keadaan Kota Wuhan sejak 3.500 tahun yang lalu ini, digali di sebuah makam kuno.

Jika ingin mengenal lebih jauh tentang budaya dan sejarah Tiongkok pada zaman dahulu (kuno), kamu bisa mengunjungi dua objek wisata yang terkenal di Wuhan yaitu Museum Provinsi Hubei dan Menara Yellow Crane.

Nah, itulah ulasan lima fakta menarik Wuhan, kota yang menjadi pusat penyebaran virus corona. Sebelum mewabahnya virus mematikan ini, Kota Wuhan menjadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di Tiongkok, karena berbagai daya tarik yang dimilikinya. Semoga wabah virus corona segera berakhir, agar Kota Wuhan bisa kembali menarik seperti dulu lagi. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Dalam 7 Hari Virus Corona Diklaim Mati Sendiri, Ini Jenis Perawatannya

eliza ustman Photo Verified Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya