Comscore Tracker

7 Tempat Romantis yang Cocok untuk Honeymoon di Garut, Bikin Terkesima

Semesta bak milik berdua, deh jadinya

Kamu ingin menikmati liburan romantis bersama pasangan? Gak selalu harus jauh-jauh ke Bali, Lombok, maupun Labuan Bajo. Garut juga memiliki desatinasi wisata yang romantis dengan pemandangan memukau, lho.

Wilayah Garut terdiri dari pegunungan dan deretan pantai di bagian selatan, sehingga destinasi wisata pilihanmu semakin beragam. Kamu dapat menikmati nuansa romantis dengan udara sejuk atau deburan ombak serta pasir putih khas negara tropis.

Berikut ini tujuh tempat romantis yang cocok untuk honeymoon kamu dan pasangan di Garut. Let's find out!

1. Kebun Mawar Situhapa

7 Tempat Romantis yang Cocok untuk Honeymoon di Garut, Bikin TerkesimaKebun Mawar Situhapa (instagram.com/riskawidiani_)

Bunga mawar kerap kali menjadi simbol mewakili perasaan. Gak hanya menambah nuansa romantis, tapi juga penuh makna. Apalagi kebun bunga mawar yang dapat memanjakan mata.

Terdapat Kebun Bunga Mawar Situhapa di Garut yang awalnya didirikan kolektor bunga. Terletak pada ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi pegunungan, membuat hawa sejuk dan beragam jenis bunga dapat kamu nikmati di sini.

Seperti namanya, mawar merupakan koleksi bunga andalan di sini. Termasuk kebun Mawar Damask yang digunakan untuk membuat minyak esensial hingga teh mawar. Tersedia pula kaktus, anggrek, dan bunga eksotis lainnya tersedia di sini.

Selain menikmati keindahan kebun bunga, kamu juga dapat membeli produk turunan bunga mawar dan menginap di vila dalam area tersebut. Ada tiga jenis vila yang dapat kamu pesan, yakni:

  • Villa Damascena: Rp490 ribu-Rp700 ribu per malam
  • Villa Geranium: Rp420 ribu-Rp600 ribu per malam
  • Villa Hortensia (vila dua lantai dengan ruang tamu): Rp1,3 juta-Rp1,85 juta per malam.

Tiket masuk: Rp17.500 per orang (Senin-Sabtu) dan Rp22.500 per orang (Minggu atau hari libur nasional)

Jam operasional: Taman buka pukul 09.00-17.00 WIB, restoran buka pukul 10.00-20.00 WIB.

Lokasi: Jalan Raya Kamojang KM. 5 Samarang, Sukakarya, Garut, Kabupaten Garut.

2. Kampung Sampireun Resort and Spa

7 Tempat Romantis yang Cocok untuk Honeymoon di Garut, Bikin TerkesimaKampung Sampireun Resort and Spa (instagram.com/berta.willems)

Buat kamu yang memiliki waktu terbatas untuk honeymoon, bisa nih staycation di Kampung Sampireun Resort and Spa. Tempat ini mengusung tema perkampungan khas tradisional Sunda tanpa meninggalkan unsur alam.

Seperti namanya, kamu dapat menginap dan melakukan berbagai aktivitas seru, seperti naik sampan keliling danau buatan. Danau, bukit, dan taman menjadi view memukau yang memanjakan mata.

Kamu dan pasangan juga dapat menikmati makan malam romantis dengan menu khas Indonesia hingga oriental. Jika ingin bersantai dan menghilangkan penat, kalian bisa menikmati fasilitas spa yang kental dengan nuansa tropis dan Jawa.

Ada 58 unit bungalow yang dapat kamu pilih. Harganya beragam, sesuai dengan ukuran, fasilitas kamar, dan pemandangan yang dapat kamu lihat dari kamar. Harganya mulai Rp605 ribu-Rp4 juta per malam. Tersedia pula Honeymoon Swiss Van Java Package seharga Rp4,4 juta per dua malam.

Lokasi: Jalan Raya Samarang Kamojang KM 4, Kampung Ciparay, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

3. Hutan Mati Gunung Papandayan

7 Tempat Romantis yang Cocok untuk Honeymoon di Garut, Bikin TerkesimaHutan Mati Gunung Papandayan (instagram.com/christian_cumet)

Kamu dan pasangan suka dengan destinasi wisata yang menantang? Coba saja melakukan perjalanan untuk menikmati nuansa romantis di alam terbuka. Salah satu tempat eksotis yang wajib kalian kunjungi, yakni Hutan Mati di Gunung Papandayan.

Hutan Mati menyajikan hamparan pepohonan kering tanpa dedaunan. Di kawasan ini pula, aroma belerang bakal tercium. Meski kamu butuh usaha lebih untuk bisa sampai di Hutan Mati, tapi bisa jadi momen manis tak terlupakan bersama pasangan.

Kamu gak harus mendaki hingga puncak Gunung Papandayan untuk sampai di Hutan Mati. Lokasinya dekat dengan camping ground Pondok Saladah, sehingga kamu gak perlu khawatir jika ingin bermalam.

Lokasi: Desa Kramat Wangi, Kecamatan Cirusupan, Kabupaten Garut.

4. Talaga Bodas

7 Tempat Romantis yang Cocok untuk Honeymoon di Garut, Bikin TerkesimaTalaga Bodas (instagram.com/daniel_dhani)

Tempat selanjutnya yang cocok untuk dikunjungi bersama pasangan, yakni Talaga Bodas. Sekilas mirip dengan Kawah Putih yang terletak di Bandung. Air kawah berwarna cyan, pegunungan, dan perbukitan menjadi panorama memukau yang memanjakan mata.

Destinasi wisata yang sudah dibuka sejak tahun 1924 ini dapat kalian kunjungi dengan kendaran bermotor, lho. Jadi, kalian gak perlu berjalan kaki puluhan kilometer. Tersedia pula jasa ojek yang dapat mengantarkanmu hingga tepi Talaga Bodas.

Selain menikmati keindahan alamnya, kamu dapat berendam di kolam air panas. Tersedia pula camping ground untuk beristirahat maupun bermalam. Fasilitasnya pun terbilang lengkap, sudah ada toilet dan musala.

Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, tanpa camping.

Harga tiket masuk: Rp10 ribu per orang (hari kerja) dan Rp15 ribu per orang (hari libur).

Lokasi: Jalan Talaga Bodas, Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.

Baca Juga: [QUIZ] Cari Tahu Destinasi Honeymoon Mana yang Cocok buatmu!

5. Pantai Rancabuaya

7 Tempat Romantis yang Cocok untuk Honeymoon di Garut, Bikin TerkesimaPantai Rancabuaya (instagram.com/zeldysyaw)

Menikmati nuansa romantis khas negara tropis, kurang lengkap kalau belum ke pantai. Salah satu pantai di Garut yang patut kamu kunjungi, yakni Rancabuaya. Uniknya, pantai ini memiliki air terjun di salah satu sisi tebing.

Deretan batu karang memanjang di bibir pantai, berpadu dengan pasir putih kecokelatan. Ditambah lagi air laut yang biru dengan deburan ombak. Sambil menikmati pemandangan tersebut, kamu bisa menyantap olahan ikan yang masih segar.

Kalau kamu ingin puas main di pantai, bisa menginap di sekitar pantai. Ada penginapan hingga villa di sepanjang Pantai Rancabuaya. Pantai ini juga dekat dengan tempat ibadah dan warung.

Lokasi: Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut.

6. Puncak Guha

7 Tempat Romantis yang Cocok untuk Honeymoon di Garut, Bikin TerkesimaPuncak Guha (instagram.com/ratulolywafiq)

Puncak Guha merupakan tempat romantis selanjutnya. Tempat ini menawarkan pemandangan 360 derajat, berupa laut lepas, pantai, dan perbukitan. Di sekitar lokasi tersebut, terdapat sungai, persawahan, dan pemukiman khas pesisir.

Kamu bisa bersantai di dalam tenda maupun berbaring di hammock, sembari menikmati angin sepoi-sepoi dan deburan ombak. Menggelar tikar dan piknik bersama pasangan pun bisa menjadi hal sederhana, tapi bermakna. Pemandangan saat sunset dan sunrise dapat kamu nikmati dengan bebas.

For your information, Puncak Guha hanya tiga kilometer dari Pantai Rancabuaya. Untuk fasilitas penginapan, kamu dapat memilih di sekitar Pantai Rancabuaya.

Lokasi: Kampung Sinarjaya Bungbulang, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut.

7. Leuwi Jurig

7 Tempat Romantis yang Cocok untuk Honeymoon di Garut, Bikin TerkesimaLeuwi Jurig (instagram.com/iwansetiaonebudhi)

Ingin menikmati honeymoon layaknya di Grand Canyon dengan kearifan lokal? Datanglah  ke Leuwi Jurig digadang-gadang dengan mirip Grand Canyon dan menjadi kebanggaan warga Garut. Destinasi wisata ini berupa aliran sungai di antara dua tebing besar yang memukau.

Air di Leuwi Jurig begitu jernih dan terus mengalir. Kamu bisa menikmati kesegarannya sambil bermain air.

Panjang leuwi tersebut sekitar 500 meter dan cukup dangkal. Meski demikian, kamu tetap perlu berhati-hati saat berenang, karena banyak bebatuan besar.

Akomodasi pendukung yang ada belum selengkap keenam destinasi sebelumnya. Hanya ada warung penjaja makanan dan minuman. Untuk masuk ke area Leuwi Jurig, kamu pun hanya perlu membayar biaya parkir senilai Rp10 ribu.

Lokasi: Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

Itu tadi tujuh tempat romantis yang cocok untuk honeymoon di Garut. Kamu bisa sambil staycation, menjelajah alam terbuka, hingga menyusuri pantai bersama pasangan. Mana nih, yang masuk wishlist-mu?

Baca Juga: 10 Destinasi Honeymoon Selebriti Korea, Ada yang di Indonesia Lho!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya