Comscore Tracker

Bak Surga Tersembunyi, 7 Curug di Selatan Cianjur Ini Wajib Dikunjungi

Pesonanya bikin seperti berada di negeri dongeng #LokalIDN

Bicara soal pesona alam, bagian selatan Kabupaten Cianjur ternyata menyimpan berbagai destinasi yang menawan. Tak hanya lanskap perkebunan teh asri yang tersaji di kawasan Puncak, melainkan juga panorama air terjun atau curug yang tak kalah menakjubkan.

Beberapa curug bahkan belum banyak terjamah wisatawan, sehingga nuansa alamnya masih amat lestari. Cocok banget untuk kamu yang hendak melepas penat atau bahkan bermeditasi. Yuk siapkan ransel, mari jelajahi tujuh curug di Cianjur Selatan yang patut masuk bucket list kamu!

1. Curug citambur

Bak Surga Tersembunyi, 7 Curug di Selatan Cianjur Ini Wajib DikunjungiCurug Citambur (instagram.com/hadisaputraaa_)

Semenjak viral di jagat maya dalam beberapa tahun terakhir, pamor Curug Citambur kian melejit. Medan yang terjal tak menjadi penghalang untuk memuaskan rasa penasaran para petualang. Pasalnya, curug yang terletak sekitar 40 km dari pusat kota ini menawarkan pemandangan eksotis yang begitu menghipnotis.

Tebing setinggi 130 meter, lengkap dengan pepohonan yang merambat di nyaris seluruh permukaannya akan menyambut kamu saat berhasil mencapai lokasi. Debit air yang sangat besar pun menciptakan tampias yang tampak seperti kabut asap. Hal ini menambah kesan magis di sekitar curug.

Karena terletak di dataran tinggi, hawa dingin dan sejuk pun akan menyelimuti kamu selama berkunjung. Jadi, pastikan kamu mengenakan pakaian tebal ya!

Alamat: Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket masuk: Rp10.000 per orang.

2. Curug ngebul

Bak Surga Tersembunyi, 7 Curug di Selatan Cianjur Ini Wajib DikunjungiCurug Ngebul (instagram.com/ka_sep1005)

Dalam bahasa Sunda, ngebul dapat diartikan 'berasap'. Penamaan ngebul sendiri bukan tanpa alasan. Tampias yang tercipta saat air mendarat di tanah tampak seperti kepulan asap tebal. 

Sebelum mencapai lokasi, kamu perlu melintasi jalur ekstrem yang menguras energi. Kendaraan roda empat tidak disarankan untuk mengantarkan kamu ke tempat tujuan. Hal ini karena beberapa ruas jalan hanya dapat dilalui motor. 

Namun, rasa lelah akan sirna begitu panorama curug berhasil tertangkap mata. Air jernih yang berada di kolam penampungan juga seolah memanggil kita untuk segera menyeburkan diri ke dalamnya.

Selain berenang, kamu juga bisa berkemah di hamparan rumput luas yang langsung menghadap curug, lho. Sungguh petualangan yang seru!

Alamat: Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket masuk: Rp10.000 per orang.

3. Curug luhur

Bak Surga Tersembunyi, 7 Curug di Selatan Cianjur Ini Wajib DikunjungiCurug Luhur (instagram.com/lia_indriani_)

Pahatan batu cadas unik yang terbentuk secara alami menjadi daya tarik curug yang terletak di kawasan Cibinong ini. Curug Luhur dikelilingi tebing berundak yang terdiri atas tiga tingkatan. Eksotismenya bertambah dengan kehadiran pepohonan rimbun yang menyejukkan suasana.

Berbeda dengan dua curug sebelumnya, Curug Luhur masih belum banyak terekspos. Jadi, ketenangannya begitu terasa. Sayangnya, akses menuju lokasi masih terbilang terjal. Fasilitas di sekitar curug juga masih belum memadai. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa perlengkapan sendiri, ya.

Alamat: Pamoyanan, Cibinong, Batulawang, Kabupaten Cianjur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket masuk: gratis.

Baca Juga: Info Wisata Curug Bidadari Bogor: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

4. Curug cikondang

Bak Surga Tersembunyi, 7 Curug di Selatan Cianjur Ini Wajib DikunjungiCurug Cikondang (instagram.com/sitirahmaa2807)

Curug Cikondang berhasil memikat wisatawan dengan panoramanya yang memukau. Bentuk tebing yang tinggi dan lebar membuat curug ini tampak seperti Air Terjun Niagara di Amerika Serikat. Tak berhenti sampai di situ, hamparan terasering pesawahan tepat di sebelah curug juga menambah pesonanya.

Jika hendak pelesiran ke destinasi ini, pastikan berkunjung saat musim penghujan. Hal ini supaya kamu dapat menyaksikan kemegahan air terjun karena debit air yang besar.

Sayangnya, wisatawan tak diperkenankan untuk bermain langsung di sekitar air terjun sebab dinilai sangat berbahaya.

Alamat: Desa Wangunjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Jam operasional: 08.30 - 16.00 WIB.

Harga tiket masuk: Rp5.000.

5. Curug ciastana

Bak Surga Tersembunyi, 7 Curug di Selatan Cianjur Ini Wajib DikunjungiCurug Ciastana (instagram.com/abee_aries)

Pesona Curug Ciastana terletak pada bentuk aliran airnya yang tampak menyerupai tirai alami. Memiliki dua tingkatan, tebing di tingkat pertama tampil gagah dengan ketinggian sekitar 50 meter, sedangkan tebing di tingkat kedua berbentuk melebar dengan tinggi hanya 5 meter.

Kolam kecil yang terletak persis di bawahnya menawarkan sensasi berendam yang sejuk dan menyegarkan. Tak sampai di situ, tampilan batu cadas yang eksotis ditambah rindangnya pepohonan akan membuatmu betah berlama-lama. Bikin gak mau pulang!

Alamat: Kampung Sinarmuda/Pasirkadu, Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur.

Jam operasional: 08.00 - 16.00.

Harga tiket masuk: Rp5.000 per orang.

6. Curug dadali

Bak Surga Tersembunyi, 7 Curug di Selatan Cianjur Ini Wajib DikunjungiCurug Dadali (instagram.com/arif.ikhwani)

Terletak di tengah rimbunnya hutan, Curug Dadali tampil memesona dengan aliran air yang jatuh menuruni tebing selebar 50 meter. Ekostisme curug juga ditambah dengan sejumlah bongkahan batu besar yang tertanam di sungai di bawahnya. Tak heran jika curug ini dijuluki 'Niagara Mini' oleh para wisatawan.

Namun besarnya volume air, terutama di musim penghujan, tidak memungkinkan kamu untuk bermain di sekitarnya. Tapi tak perlu khawatir, kamu masih bisa menikmati air terjun ini dengan berswafoto menggunakan panorama curug sebagai latar belakang. Dijamin laman media sosialmu akan menjadi estetik!

Alamat: Kampung Lebaksaat, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket masuk: gratis.

7. Curug dengdeng

Bak Surga Tersembunyi, 7 Curug di Selatan Cianjur Ini Wajib DikunjungiCurug Dengdeng (instagram.com/reksamaulana_)

Sekitar 70 km dari pusat kota, kamu dapat menemukan hidden gem yang cocok untuk dijadikan pelarian di akhir pekan. Curug Dengdeng, begitu warga setempat menamakannya, tampil berbeda dengan curug lain sebab memiliki aliran air tipis yang dikelilingi tebing eksotis.

Tepat di bawah air terjun terbentuk danau kecil dengan kedalaman yang dangkal. Airnya yang jernih sangat menggoda pengunjung untuk berendam di dalamnya. Untuk merasakan pengalaman ini, ada dua pilihan akses yang bisa kamu lalui, yaitu Jalur Ciwidey atau Cianjur. 

Alamat: Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket masuk: gratis.

Nah, itulah tujuh rekomendasi curug tersembunyi di bagian selatan Kabupaten Cianjur.  Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kota dijamin mampu mengusir kepenatan yang menjemukan. Jadi, kamu tertarik untuk mencoba yang mana nih?

Baca Juga: 5 Tips Camping di Curug Cilember Bogor, Bisa Sekalian Hiking!

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya