Comscore Tracker

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Wisata ke Kebun Bunga Refugia Magetan

Cocok untuk liburan bareng keluarga, sekalian piknik

Semakin hari, destinasi wisata di Jawa Timur semakin beragam. Baru-baru ini, Kota Magetan punya wisata andalannya yang baru, yakni Kebun Bunga Refugia. Baru diresmikan pada Oktober 2019, tempat ini langsung menarik perhatian wisatawan.

Kebun bunga indah ini berada di atas inisiasi pemerintah daerah lewat Dinas Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magetan.

Nah, buat kamu yang pengin ke sana, ada baiknya untuk mengetahui informasi wisata Kebun Bunga Refugia Magetan secara lengkapnya di bawah ini!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Wisata ke Kebun Bunga Refugia Magetaninstagram.com/rinasevianty_

Lokasi: Jalan Sarangan Nomor 387, Plaosan II, Plaosan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00

Harga: Rp10 ribu

2. Rute menuju Kebun Bunga Refugia

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Wisata ke Kebun Bunga Refugia Magetaninstagram.com/irwanaldiano

Berikut beberapa rute yang bisa diambil kalau mau menuju ke Kebun bunga Refugia. Di antaranya adalah:

  • Dari Kota Surabaya:

Kendarai mobilmu melalui Jalan Tol Mojokerto-Kertosono hingga ke Jalan Tol Salatiga-Kertosono. Kemudian, lanjutkan ke Jalan Tol Soker dan turunlah ke Jalan Raya Madiun-Nganjuk.

Selanjutnya, beloklah ke Jalan Ringroad Barat menuju ke Jalan Raya Solo. Setelah sampai ke Jalan Raya Magetan, menujulah ke Jalan Gonggang-Karangudi, maka kebun bunga akan ada di sisi kirimu.

  • Dari pusat Kota Magetan:

Dari Alun-alun, melajulah ke Jalan Manggis dan berlanjut ke Jalan Munginsidi. Kemudian, teruskan ke Jalan Raya Sarangan dan berbelok ke Jalan Gonggang-Karangudi. Nah, kebun bunga akan ada di sisi kirimu.

3. Apa saja sih yang ada di Kebun Bunga Refugia?

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Wisata ke Kebun Bunga Refugia Magetaninstagram.com/ajieaerial

Kebun bunga ini cukup luas, sehingga kamu bisa menjelajahinya. Terlebih suasananya yang sejuk semakin indah dengan adanya ribuan bunga cantik bermekaran. Dijamin bakal memanjakan pandanganmu, deh!

Selain berkeliling, kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar, karena letak kebun bunga yang berada di kaki Gunung Lawu. Pastikan staminamu kuat untuk berjalan cukup lama, ya.

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Wisata ke Kebun Bunga Refugia Magetaninstagram.com/yuniayuni94

Selain bisa menikmati ribuan bunga yang indah, pembangunan destinasi ini bukan tanpa alasan. Kamu juga bisa menambah ilmu di sini, karena terdapat beberapa tanaman horikultura, seperti terung dan tomat.

Kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan penjelasan dari para penjaga yang menanam tanaman tersebut. Kapan lagi bisa mendapatkan ilmu sambil liburan estetik gini, kan?

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Wisata ke Kebun Bunga Refugia Magetaninstagram.com/etikrusiana

Bertemu dengan tempat wisata yang unik dan cantik, sudah pasti harus hunting foto. Di sini, hasil fotomu dijamin bakal indah, karena kamu bisa berfoto dengan beragam bunga indah. Mulai dari bunga refugia, anggrek kertas, dan bunga kenikiran.

Selain itu, terdapat beberapa spot foto menarik yang terbuat dari bahan kayu. Bentuknya pun estetik, ada yang berbentuk hati dan menyerupai sangkar. Pastikan baterai kameramu stabil dan menggunakan OOTD yang kece, ya!

Baca Juga: Info Rute, Lokasi, dan Harga Tiket ke Lembang Wonderland Bandung

4. Fasilitas yang disediakan

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Wisata ke Kebun Bunga Refugia Magetaninstagram.com/nndafebb

Tak hanya dilengkapi dengan banyaknya spot foto yang cantik, fasilitas kebun bunga ini sudah cukup lengkap dan memadai. Ada pusat informasi atau loket, area parkir yang cukup luas, toilet, tempat menjual makanan dan minuman, dan beberapa tempat duduk untuk beristirahat.

Untuk ke depannya, dipastikan bakal semakin lengkap lagi. Terutama dalam hal spot fotonya, masih bakal ditambah, lho.

5. Tips saat berlibur ke Kebun Bunga Refugia

Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Wisata ke Kebun Bunga Refugia Magetaninstagram.com/vetidiana

Tips-tipsnya:

  1. Destinasi ini bersifat outdoor, sehingga sewaktu-waktu cuaca bisa buruk. Bawalah payung, karena sekarang hujan bisa turun sewaktu-waktu.
  2. Bawalah semprotan antiserangga kalau kamu punya alergi. Mengingat banyaknya bunga di sini, sudah pasti bakal banyak serangga pula.
  3. Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu tipis. Udara di kaki Gunung Lawu cukup dingin, lho!
  4. Bawalah kamera, biar semua momen menyenangkan bisa terekam dengan baik.

Nah, itulah sejumlah info wisata di Magetan ini yang bisa jadi bekal untuk liburan ke Kebun Bunga Refugia di Magetan. Bisa banget dijadikan panduan berliburmu, nih. Siap liburan?

Baca Juga: Info Wisata Danau Batur Bali: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya