Comscore Tracker

10 Kebun Binatang Terbaik di Dunia, Terluas dan Terlengkap 

Sayangnya, Indonesia belum masuk di dalamnya nih!

Banyak sekali spesies hewan dan tumbuhan yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Beberapa di antara mereka ada yang hampir saja mengalami kepunahan. Oleh karenanya, manusia berusaha untuk mengembangbiakkan mereka. Salah satunya tentu saja dengan merawat mereka di kebun binatang.

Ketika habitat asli mereka sudah rusak karena terkena bencana alam atau kelalaian manusia sendiri, maka satu satunya jalan untuk mempertahankan populasi mereka adalah dengan membuat replika habitat mereka di kebun binatang.

Berikut telah dirangkumkan beberapa kebun binatang terluas dan koleksi spesies hewan terbanyak yang ada di dunia.

1. Pretoria Zoo 

10 Kebun Binatang Terbaik di Dunia, Terluas dan Terlengkap citizen.co.za

Pretoria Zoo menjadi kebun binatang terbesar di Afrika Selatan dan menjadi salah satu dari kebun binatang terbaik di dunia. Tercatat lebih dari 600.000 orang mengunjungi kebun binatang ini setiap tahun.

Kebun binatang ini memiliki luas 85 hektar. Di dalamnya, kamu bisa melihat 3.117 spesimen dari 209 spesies mamalia, 1.358 spesimen dari 202 spesies burung, 3.871 spesimen dari 190 spesies ikan, 388 spesimen dari 4 spesies invertebrata, 309 spesimen dari 93 spesies reptil, dan 44 spesimen dari 7 spesies amfibi.

2. Zoological Society of London 

10 Kebun Binatang Terbaik di Dunia, Terluas dan Terlengkap zsl.org

Kebun Binatang ini merupakan tempat wisata terkenal dan kebun binatang tertua di dunia. Pada tahun 1828 ketika tempat ini baru dibuka, awalnya hanya orang orang dari Serikat yang mendapat izin akses kebun binatang ilmiah ini.

Kemudian pada tahun 1847, barulah kebun binatang ini dibuka untuk umum agar dapat membantu pendanaan. Kebun Binatang London ZSL memiliki luas 14 hektar dan menampung 698 spesies hewan, dengan 20.166 individu.

3. San Diego Zoo 

10 Kebun Binatang Terbaik di Dunia, Terluas dan Terlengkap blog.sandiego.org

Kebun binatang ini terletak di San Diego, Amerika Serikat. San Diego Zoo merupakan rumah bagi 3.000 hewan dengan lebih dari 300 spesies dan terdapat koleksi botani terkenal lebih dari 3.500 spesies dan 1,75 juta spesimen.

Di kebun binatang ini lebih dari 730 hektar taman nasional telah digunakan sebagai habitat spesies asli.

4. The Bronx Zoo 

10 Kebun Binatang Terbaik di Dunia, Terluas dan Terlengkap news.sky.com

Bronx Zoo merupakan kebun binatang metropolitan terbesar di Amerika Serikat yang berada di Bronx, New York. Kebun binatang ini terdiri dari taman dan habitat alam seluas 107 hektar yang dibelah oleh Sungai Bronx.

Ketika kamu berkunjung ke sana, kamu bisa melihat lebih dari 6.000 hewan dari 700 spesies yang banyak di antaranya terancam punah.

5. Henry Doorly Zoo & Aquarium 

10 Kebun Binatang Terbaik di Dunia, Terluas dan Terlengkap wikiwand.com

Henry Doorly Zoo & Aquarium adalah kebun binatang satu-satunya yang memiliki beberapa kandang dalam ruangan terbesar di dunia. Kebun Binatang Henry Doorly memiliki lebih dari 900 spesies.

Kebun binatang ini terkenal akan kandangnya yang besar. Tempat ini juga memiliki salah satu hutan hujan indoor terbesar di dunia yang disebut "Hutan Lied".

Baca Juga: 6 Kebun Binatang dan Tempat Penangkaran Hewan di Singapura

6. Vienna Zoo 

10 Kebun Binatang Terbaik di Dunia, Terluas dan Terlengkap euro-t-guide.com

Kebun binatang ini merupakan kebun binatang terbaik yang ada di Eropa. Lokasinya berada di Wien, Austria.

Kebun binatang ini menampung lebih dari 700 spesies hewan, beberapa di antaranya terancam punah namun telah menemukan rumah di sini untuk bertahan hidup.

7. Singapore Zoo 

10 Kebun Binatang Terbaik di Dunia, Terluas dan Terlengkap ace.m.wikipedia.org

Singapore Zoo (sebelumnya dikenal sebagai Singapore Zoological Gardens) dibuka pada tahun 1973 dengan koleksi sederhana sekitar 300 hewan dari sekitar 70 spesies. Kebun binatang ini terletak di tanjung Waduk Seletar.

Singapore Zoo mengadopsi "konsep terbuka" di mana hewan-hewan ditempatkan di kandang terbuka yang ditata menyerupai habitat alami mereka.

Kebun binatang saat ini menerima lebih dari 1,7 juta pengunjung setiap tahun, dan sekarang dihuni oleh lebih dari 2.800 hewan yang mewakili lebih dari 300 spesies.

8. St. Louis Zoo  

10 Kebun Binatang Terbaik di Dunia, Terluas dan Terlengkap fox2now.com

Kebun binatang ini terletak di St. Louis, Missouri. St. Louis Zoo memiliki lebih dari 13.000 hewan dengan 555 spesies yang banyak di antaranya langka dan terancam punah.

St. Louis Zoo diakui sebagai kebun binatang terkemuka dalam manajemen hewan, penelitian, konservasi, dan pendidikan. Kebun binatang ini menerima sekitar 3 juta pengunjung setiap tahunnya.

9. Toronto Zoo 

10 Kebun Binatang Terbaik di Dunia, Terluas dan Terlengkap toronto.citynews.ca

Toronto Zoo terletak di Toronto, Ontario, Kanada. Kebun binatang ini memiliki luas 287 hektar. Toronto Zoo adalah kebun binatang terbesar di Kanada dan terdapat 5.000 hewan yang terdiri dari 460 spesies berbeda.

10. Tallinn Zoo 

10 Kebun Binatang Terbaik di Dunia, Terluas dan Terlengkap menu.err.ee

Tallinn Zoo terletak di Tallinn dan merupakan satu-satunya kebun binatang di Estonia. Kebun binatang ini menampung lebih dari 13.000 hewan yang mewakili lebih dari 584 spesies dengan luas kurang lebih 90 hektar.

Beberapa hewan yang ditampung di sini adalah elang emas, burung elang Eurasia, hiu karang ujung putih, kijang sumbu, macan tutul Amur, badak hitam, anaconda kuning, dan banyak lagi.

Itulah daftar beberapa kebun binatang terluas dan terlengkap yang menampung beragam spesies hewan yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Baca Juga: 7 Tragedi Serangan Hewan Buas yang Fatal di Kebun Binatang, Naas!

Naufal Hanif Nur M Photo Writer Naufal Hanif Nur M

@naufalhnfn_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya