Comscore Tracker

7 Kota Terbaik untuk Pensiun di Indonesia, Ramah dan Rukun!

Menghabiskan masa tua jadi lebih tenang

Kamu pernah berandai-andai tinggal di kota tertentu saat usia senja? Bisa jadi karena pesona alam atau biaya hidup yang murah. Selagi punya kesempatan, gak ada salahnya untuk diwujudkan. Terlebih, buatmu yang sebelumnya penat dengan rutinitas kota.

Sebagai gambaran, berikut ini ada beberapa kota terbaik untuk pensiun yang bisa kamu pilih. Data ini merujuk pada Litbang Koran SINDO tahun 2014. Yuk, simak uraian lengkapnya! Siapa tahu cocok tinggal di sini.

1. Yogyakarta - 24,4 persen

7 Kota Terbaik untuk Pensiun di Indonesia, Ramah dan Rukun!Yogyakarta (commons.wikimedia.org)

Daerah Yogyakarta terletak di bagian Selatan Pulau Jawa. Lokasinya strategis sehingga bisa diakses dengan mudah. Meski memiliki banyak destinasi wisata, tapi biaya hidup di kota ini konon relatif murah. Di samping itu, kotanya cukup modern dan punya banyak destinasi wisata.

2. Jakarta - 15,9 persen

7 Kota Terbaik untuk Pensiun di Indonesia, Ramah dan Rukun!Jakarta (commons.wikimedia.org)

Walau aktivitasnya cukup padat, tapi modernisasi Jakarta membuatnya tetap dipilih sebagai satu kota terbaik untuk pensiun. Kelengkapan fasilitas kota serta mudahnya akses transportasi, seakan memberi poin plus  yang membuat penduduknya nyaman tinggal di sini. 

3. Bali - 12,2 persen

7 Kota Terbaik untuk Pensiun di Indonesia, Ramah dan Rukun!pemandangan sunset di Tanah Lot, Bali (unsplash.com/HarryKessell)

Suka panorama alam dan pantai Bali? Bila iya, kamu bisa menghabiskan masa tua di sini. Masyarakatnya masih menjalankan tradisi leluhur sehingga suasana guyub rukun akan terasa. Kamu pun dapat menyaksikan aktivitas budaya unik jika tinggal di sini.

Baca Juga: 10 Negara Terbaik untuk Menghabiskan Masa Tua Selepas Pensiun

4. Bandung - 11,5 persen

7 Kota Terbaik untuk Pensiun di Indonesia, Ramah dan Rukun!ilustrasi Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Selanjutnya, adalah Kota Kembang, Bandung. Kota dengan hawa sejuk ini dikenal punya panorama alam indah yang cocok untuk menjadi hiburan saat masa tua. Selain itu, wisata kuliner hingga tren fesyen di kota ini masah menjadi satu yang terbaik di Indonesia.

5. Bogor - 7,4 persen

7 Kota Terbaik untuk Pensiun di Indonesia, Ramah dan Rukun!Bogor (commons.wikimedia.org)

Secara umum, tipikal Kota Bogor relatif sama dengan Bandung. Kondisi udaranya sejuk ditambah dengan pesona alam yang asri. Oleh sebab itulah, banyak destinasi wisata menarik di kota ini yang banyak digemari wisatawan. Gak salah, apabila Bogor dipilih jadi kota terbaik untuk pensiun. 

6. Lombok - 5,6 persen

7 Kota Terbaik untuk Pensiun di Indonesia, Ramah dan Rukun!Lombok (maxpixel.net)

Lombok identik dengan keindahan alam bawah laut yang memukau. Bahkan keindahan tersebut pun diakui oleh dunia. Beberapa destinasi wisata primadona di Lombok, yakni Pulau Senggigi, Pulau Gili, serta Gunung Rinjani. Pesona alam yang memukau inilah yang buat kota ini dinobatkan menjadi kota terbaik untuk pensiun.

7. Malang - 4,8 persen

7 Kota Terbaik untuk Pensiun di Indonesia, Ramah dan Rukun!Malang (commons.wikimedia.org)

Terakhir, ada Kota Malang yang juga identik dengan hawa sejuk. Tak cuma udaranya, objek wisata alam dan theme park di kota ini pun banyak diburu wisatawan dari berbagai daerah, lho! Berbicara soal sarana transportasi, di Malang pun cukup lengkap. Wajar jika kota ini dipilih untuk menghabiskan masa tua.

Nah, itulah beberapa kota terbaik untuk pensiun yang bisa menjadi referensi untukmu. Selain kota tersebut, sebetulnya masih ada beberapa kota lain yang bisa dijadikan pilihan, misalnya Solo maupun Salatiga. Pemilihan kota untuk pensiunnya, dapat disesuikan dengan sarana ataupun hal lain yang kamu butuhkan.

Nah, untuk mewujudkan mimpi ini, kamu bisa mulai menabung dan menyiapkan rencana berikutnya, ya. Selain ulasan ini, kamu dapat menemukan referensi tempat wisata terbaik di IDN Times yang mungkin menarik hatimu untuk tinggal di sana.

Baca Juga: 8 Kota di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Turis 2022, Mana Saja?

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya