Comscore Tracker

Selain Indonesia, Bendera 5 Negara Ini Juga Berwarna Merah Putih Lho!

Baru tahu ada negara nomor 4

Pernahkah kamu berpikir kenapa merah dan putih dipilih sebagai warna bendera Indonesia? Indonesia mulai meresmikan bendera merah putih sejak 17 Agustus 1945, terinspirasi dengan bendera Majapahit yang pernah berjaya, meski desainnya berbeda.

Selain Indonesia, Bendera 5 Negara Ini Juga Berwarna Merah Putih Lho!twitter.com/paddlepopid

Warna merah putih adalah simbol peperangan rakyat Indonesia melawan penjajah. Sebelum diresmikan, bendera merah putih pertama berkibar pada 1928 di Pulau Jawa. Tapi, tahukah kamu, ternyata ada negara lain yang juga menggunakan warna merah putih, lho?

1. Monaco

Selain Indonesia, Bendera 5 Negara Ini Juga Berwarna Merah Putih Lho!vagabondquest.com

Sekilas memang mirip banget ya? Perbedaan bendera Monaco dengan Indonesia terletak pada rasio ukurannya. Bendera Indonesia menggunakan 2:3, sedangkan Monaco 4:5.

Maka dari itu, kamu tidak boleh sembarangan membuat bendera, karena ada ukuran yang telah disepakati. Monaco meresmikan bendera tersebut sejak 4 April 1881.

Monaco merupakan sebuah negara kecil seluas 2,02 kilometer persegi. Meski kecil, Monaco termasuk negara yang makmur dengan tarif pajak penghasilan dan pajak perusahaan yang sangat rendah. Monaco juga memiliki beragam objek wisata, termasuk sebagai tempat ajang balap F1 di Monte Carlo.

2. Singapura

Selain Indonesia, Bendera 5 Negara Ini Juga Berwarna Merah Putih Lho!todayonline.com

Bendera Singapura juga didominasi warna merah dan putih dengan rasio 2:3. Bedanya, terdapat simbol sabit dan lima bintang di kiri atas yang bermakna persaudaraan dan kesamaan segala manusia. Bendera ini digunakan Singapura sejak merdeka dari Malaysia pada 9 Agustus 1965.

Singapura merupakan salah satu destinasi favorit di Asia Tenggara. Memiliki pelabuhan internasional yang super sibuk, kamu bisa menikmati suasana kota maju disertai keharmonisan antar budaya dan adatnya.

3. Polandia

Selain Indonesia, Bendera 5 Negara Ini Juga Berwarna Merah Putih Lho!ibtimes.co.uk

Sudah ada sejak 1 Agustus 1919, Polandia menggunakan bendera putih-merah dengan rasio 5:8. Mengadopsi warna tersebut, Polandia juga mempunyai sebuah lambang negara dengan bentuk elang putih. Terkadang, warna bendera digabung dengan lambang negara saat kunjungan ke luar negeri dan kapal laut.

Secara geografis, Polandia terletak di Eropa Tengah berbatasan dengan Jerman. Polandia bisa menjadi salah satu tempat liburan yang menyenangkan. Beberapa objek wisata terkenal di Polandia adalah Krakow, lublin, Ojcow National Park, dan lain-lain.

Baca juga: 11 Museum di Yogyakarta yang Bikin Feed Instagram Makin Kekinian

4. Greenland

Selain Indonesia, Bendera 5 Negara Ini Juga Berwarna Merah Putih Lho!photoshelter.com

Sebagai tanda perdamaian dengan Denmark, Bendera Greenland dibuat mirip warna hijau dan putih. Akhirnya pada 21 Juni 1985, Greenland meresmikan bendera mereka yang berwarna merah-putih, serta ada tambahan lingkaran dengan warna yang sama.

Dengan luas pulau 2.166.086 kilometer persegi, Greenland dinobatkan sebagai pulau terbesar di dunia. Sekitar 80 persen wilayah Greenland tertutup es. Di musim dingin, suhu turun sampai -8 °C di bagian selatan dan -20 °C di utara.

Di balik itu semua, Greenland mempunyai banyak objek wisata indah. Di antaranya seperti  Elephant Foot Glacier, Blue River, Kulusuk Village, dan sebagainya.

5. Austria

Selain Indonesia, Bendera 5 Negara Ini Juga Berwarna Merah Putih Lho!rightsofolderpeople.org

Meski memakai warna merah dan putih pada benderanya, bentuknya berbeda dengan Indonesia. Bendera Austria terdiri dari tiga garis warna horizontal: merah, putih, dan merah. Bendera nasional ini mulai diresmikan pada 1918.

Sejak merdeka dari Jerman, penduduk Austria didominasi etnis bekas penjajahnya itu. Bahasa nasionalnya pun menggunakan bahasa Jerman.

Pegunungan Alpen yang terletak dalam geografis Austria menjadi salah satu pusat daya tarik turis dunia. Selain itu, masih ada wisata keren lainnya seperti Mozart’s Salzburg,  Kitzbuheler Horn, Air Terjun Krimmler Ache, dan sebagainya.

Nah, itulah 5 bendera negara yang mirip dengan Indonesia. Kamu pernah mampir ke negara yang mana, nih?

Baca juga: 9 Alasan Kenapa Kedudukan Marga Sangat Penting bagi Orang Batak

Line IDN Times

Topic:

Just For You