Comscore Tracker

8 Referensi Tempat Wisata Alam di Bengkalis yang Wajib Kamu Singgahi

#PANJATPOIN Sisi lain dari Bengkalis, Riau

Selama ini Bengkalis terkenal sebagai daerah penghasil minyak dan merupakan kabupaten terkaya di Riau. Tetapi rupanya, Bengkalis juga memiliki banyak tempat wisata dengan nuansa agama, alam, kuliner dan sejarah yang tidak kalah dengan kota-kota besar seperti Bandung, Jogja dan atau kota-kota besar lain yang ada di Indonesia.

Nah, lalu tempat wisata alam apa saja yang bisa dikunjungi saat berada di Bengkalis, Riau?

1. Lapangan Pasir

8 Referensi Tempat Wisata Alam di Bengkalis yang Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/bengkalisku

Ini adalah area pantai di pusat kota. Warga sekitar menamainya dengan lapangan pasir, karena seperti taman berpasir. Terdapat air mancur di tengah lapangan, ada banyak tempat untuk duduk yang disediakan di sisi pantai dengan batuan karang. Waktu terbaik di sini adalah sore menyambut malam.

2. Pantai Desa Sepahat

8 Referensi Tempat Wisata Alam di Bengkalis yang Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/abdulronny

Pantai ini memiliki tempat yang strategis, karena menghadap langsung ke Selat Malaka, Malaysia dan terletak di jalan lintas Dumai-Pakning, maka akses ke pantai Desa Sepahat dapat menggunakan berbagai macam kendaraan.

Sayangnya, abrasi terus berlangsung di sini dan pohon mangrove terus saja tumbang.

3. Pantai Jangkang

8 Referensi Tempat Wisata Alam di Bengkalis yang Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/bengkalisku

Pantai Jangkang adalah pantai yang indah yang terdapat di Desa Jangkang dan terletak sekitar 25 kilometer dari Ibu Kota Bengkalis. Pantai ini sangat epik dengan deretan tangga yang memanjang di dekat pantai. Pantai dengan pasir hitam ini sangat indah jika dinikmati pada sore hari. Namun, untuk fasilitasnya masih dalam tahap pengembangan sampai terbitnya tulisan ini.

4. Pantai Teluk Rhu

8 Referensi Tempat Wisata Alam di Bengkalis yang Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/riandyyandra_26

Teluk Rhu merupakan salah satu desa yang berada di Sub-Distrik Rupat Utara, Distrik Bengkalis. Pantai Teluk Rhu memiliki garis pantai panjang. Untuk diketahui, Pulau Rupat memiliki potensi alam berupa pantai pasir putih yang panjangnya sekitar 15 kilometer dan lebar 7 meter jika air laut pasang dan 30 meter jika air laut surut.

5. Taman AirHarationica

8 Referensi Tempat Wisata Alam di Bengkalis yang Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/harationica_waterpark

Lokasinya tepatnya ada di Jl. Bumi Hijau, Air Jamban, Kota Duri, Sub-Distrik Mandau, Distrik Bengkalis, Riau, merupakan wahana permainan air yang selesai dibangun pada akhir tahun 2017 dengan area yang sangat luas dan satu-satunya yang terbesar di Kota Duri saat tulisan ini terbit.

Selain bisa bermain air dan melakukan selfie di beberapa spot menarik, ada juga fasilitas birthday venue, farewell venue, fun games, outdoor gathering venue, outbound dan lain sebagainya.

6. Taman Andam Dewi

8 Referensi Tempat Wisata Alam di Bengkalis yang Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/erwinsaputrachannel

Terletak di Sub-Distrik Bengkalis, taman ini terletak di jantung Kota Bengkalis dan di tepi laut. Untuk diketahui, taman ini menghadap langsung ke gedung regional yang megah, yaitu Datuk Laksamana Raja Dilaut. Luas area tamannya sekitar 1 ha yang dihiasi berbagai perlengkapan taman seperti air mancur, lampu antik, meriam kuno, monumen kuda putih dan sebagainya.

Bersantai di Taman Andam Dewi sambil menikmati angin laut dengan berbagai jenis bunga tamannya, memberikan suasana tenang ketika mengunjungi Kota Bengkalis.

7. Taman Laut Prapat Tunggal

8 Referensi Tempat Wisata Alam di Bengkalis yang Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/pariwisata.riau

Dari pusat Distrik Bengkalis, Taman Laut Prapat Tunggal ini berjarak sekitar 10 km dan bisa ditempuh seiktar 30 menit dengan berkendara. Di sepanjang jalan menuju pantai, di sebelah kanan dan kiri akan ditemukan rumah-rumah tradisional Melayu yang terbuat dari papan kayu.

Halaman rumah tradisional disusun dengan berbagai bunga dan tanaman lainnya. Ciri khasnya, rumahnya sangat terbuka tanpa pagar dan langsung terintegrasi dengan taman di sekitarnya. Ada perkebunan bakau, kelapa sawit, pinang dan lainnya.

8. Telaga Suri Perdana

8 Referensi Tempat Wisata Alam di Bengkalis yang Wajib Kamu Singgahiinstagram.com/whyu_drianda

Untuk diketahui, ini merupakan danau buatan yang dikerjakan dan milik Pertamina Refinery Unit (RU) II yang bermula dari kepedulian pihak Manajemen tersebut. Karena, sebelumnya tempat ini terus ditumbuhi tanaman liar yang pastinya hanya akan menjadi semak belukar dan sering banjir sekitar tahun 2011. Melihatnya sebagai panorama yang kotor, maka dibuatlah danau ini.

Telaga Suri Perdana memiliki air alami dengan warna bening kehijauan dan didukung dengan fasilitas seperti kursi buatan di tepian danau, miniatur jembatan, pendopo, pulau mini buatan dan lainnya, membuat danau ini menjadi tempat wisata alternatif untuk masyarakat sekitar area operasi Kilang Minyak Pertamina Refinery Unit (RU) Production Sei Pakning.

Jadi, kapan jalan ke sini? Atur jadwal, yuk!

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You