Comscore Tracker

7 Air Terjun Tepi Laut Paling Indah di Dunia, Bikin Takjub!

#IDNTimesTravel Berpadu sempurna dengan birunya laut

Air terjun adalah sebuah arus air yang mengalir jatuh ke bawah dari ketinggian suatu formasi batuan yang mengalami erosi. Berkat keunikan dan keindahannya, tak jarang banyak orang memilih berwisata ke air terjun untuk melepas penat.

Biasanya, air terjun banyak terdapat di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Tetapi, ada juga air terjun yang berada dekat dengan lautan, lho.

Pemandangannya tak kalah menakjubkan dan sangat unik dibanding air terjun lainnya. Penasaran air terjun apa sajakah itu? Simak tujuh air terjun tepi laut paling indah dan menakjubkan di dunia berikut ini.

1. Air Terjun Alamere, Amerika Serikat

7 Air Terjun Tepi Laut Paling Indah di Dunia, Bikin Takjub!Air terjuan Alamere (modernhiker.com)

Air Terjun Alamere adalah bagian dari Pantai Point Reyes National di California, Amerika Serikat. Air terjun ini memiliki pemandangan yang menakjubkan saat air mengalir dari atas tebing setinggi kurang lebih 12 meter.

Untuk mencapai air terjun ini butuh sedikit perjuangan berat. Kamu perlu mendaki sejauh beberapa mil yang diperkirakan akan memakan waktu 1-2 jam untuk sampai ke sana. Tenang, jalan pendakiannya sangatlah mudah untuk dilalui meski cukup ramai.

2. Air Terjun McWay, Amerika Serikat

7 Air Terjun Tepi Laut Paling Indah di Dunia, Bikin Takjub!Air terjun McWay (twitter.com/VentanaBigSur)

Air Terjun McWay setinggi 24 meter. Air terjun ini mengalir dari McWay Creek di California’s Julia Pfeiffer Burns State Park. Air Terjun McWay adalah air terjun kedua di Amerika Serikat yang aliran airnya langsung mengalir ke laut.

Air terjun ini berjarak 93 mil di utara Highway 101 di San Luis Obispo dan 11 mil di selatan Pfeiffer Big Sur State Park di Big Sur. Air Terjun McWay sangat mudah dicapai dengan berkendara di sepanjang Pantai Big Sur. 

3. Air Terjun Seven Sisters, Norwegia

7 Air Terjun Tepi Laut Paling Indah di Dunia, Bikin Takjub!Air terjun Seven Sisters (twitter.com/lonelyplanet)

Diberi nama Air Terjun Seven Sisters, wisata ini memiliki serangkaian tujuh air terjun, lho. Bahkan salah satu air terjun tertingginya mencapai 250 meter. Air terjun ini mengalir jatuh dari tebing pantai yang tinggi ke Perairan Fjord.

Rangkaian air terjun ini merupakan bagian situs warisan dunia UNESCO yang terletak di sepanjang Geirangerfjorden di daerah Møre og Romsdal di Norwegia. Air terjun ini memiliki pemandangan menakjubkan yang siap memuaskan matamu.

Baca Juga: Air Terjun Bawah Laut? Ini 10 Fakta Underwater Waterfall Mauritius

4. Air Terjun Jeongbang, Korea Selatan

7 Air Terjun Tepi Laut Paling Indah di Dunia, Bikin Takjub!Jeongbang Waterfall (koreatour.com)

Air Terjun Jeongbang terletak di ketinggian 75 kaki dengan aliran air yang jatuh langsung ke Selat Korea. Air terjun ini merupakan destinasi wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Jeju.

Air Terjun Jeongbang sering dikaitkan dengan sejumlah legenda lokal. Salah satu legenda paling populer adalah adanya naga suci yang hidup di bawah air terjun ini. Konon, sang naga membuat air terjun ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit, lho.

5. Air Terjun Bowen, Selandia Baru

7 Air Terjun Tepi Laut Paling Indah di Dunia, Bikin Takjub!Air terjun Bowen (southlandnz.com)

Selandia Baru memiliki air terjun menakjubkan berada di dekat lautan, yakni Air Terjun Lady Bowen. Air terjun setinggi 162 meter ini yang jatuh dari tepi lembah gantung ke Milford Sound.

Aliran air terjun ini berasal dari Sungai Bowen. Sungai Bowen merupakan sungai yang mengalir melalui Fiordland utara di Selandia Baru. Pemandangannya memukau, gak heran sering kali dikunjungi oleh wisatawan.

6. Air Terjun Mealt, Skotlandia

7 Air Terjun Tepi Laut Paling Indah di Dunia, Bikin Takjub!Mealt Falls (walkaboutscotland.com)

Air Terjun Mealt terletak di sisi timur Semenanjung Trotternish di Dataran Tinggi Skotlandia. Air terjun ini cukup dekat dengan laut,. Di sisi timur terdapat serangkaian tebing laut setinggi 55 meter yang spektakuler.

Aliran airnya berasal dari Danau Mealt yang tak jauh dari lokasi air terjun ini. Untuk mencapai lokasinya, kamu cukup berkendara dan berjalan kaki sebentar sebelum akhirnya bisa menikmati keindahan air terjun yang luar biasa.

7. Air Terjun Düden, Turki

7 Air Terjun Tepi Laut Paling Indah di Dunia, Bikin Takjub!Düden Waterfalls (facebook.com/edentours)

Air Terjun Düden merupakan air terjun tepi pantai di Turki. Aliran airnya langsung menuju ke laut, sehingga indah banget. Air terjun terbentuk oleh air dari stasiun daur ulang. Uniknya lagi, air terjun ini mengalir dan berakhir langsung ke Laut Mediterania.

Wah, sederet air terjun di atas memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan, ya? Layak banget dikunjungi bagi kamu pencinta wisata alam, nih. Menurutmu, air terjun nomor berapa yang paling menarik untuk dikunjungi?

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Es Terbaik di Dunia yang Tak Boleh Dilewatkan 

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya