Comscore Tracker

5 Tradisi Unik Orang Jepang saat Natal, Wajib Makan Ayam Goreng!

Tradisi menyantap KFC sudah ada sejak 1970-an, lho

Setiap negara tentu memiliki cara dan tradisi masing-masing untuk merayakan Natal. Misalnya, di Jepang, mayoritas masyarakatnya akan menyantap ayam goreng di KFC secara langsung maupun memesannya via delivery saat malam Natal.

Bukan itu saja, masih ada beberapa cara unik orang Jepang saat merayakan Natal. Apalagi kamu juga pasti penasaran alasan orang Jepang menyantap ayam goreng KFC saat malam Natal, kan?

Yuk, simak lima cara unik orang Jepang saat merayakan Natal. Siapa tahu kamu bakal merayakan Natal di Jepang tahun ini.

1. Berkencan dengan kekasih

5 Tradisi Unik Orang Jepang saat Natal, Wajib Makan Ayam Goreng!ilustrasi dinner romantis bersama kekasih (pexels.com/cottonbro studio)

Sama halnya dengan Korea Selatan, malam Natal dianggap sebagai hari paling romantis di Jepang, lho. Bahkan bagi orang Jepang, perayaan Natal merupakan Valentine versi Jepang. Tak heran bila kamu akan melihat muda-mudi Jepang berkencan saat Natal.

Biasanya, mereka akan pergi untuk makan malam romantis di restoran ataupun menikmati pemandangan lampu Natal di kota. Selain itu, ayam goreng KFC merupakan hidangan wajib yang mereka santap saat Natal, nih.

2. Menyantap ayam goreng KFC

5 Tradisi Unik Orang Jepang saat Natal, Wajib Makan Ayam Goreng!ilustrasi ayam goreng (pixabay.com/PooX2)

Natal terasa berbeda di Jepang karena masyarakatnya yang menyajikan ayam goreng KFC sebagai hidangan utama. Bukan tanpa alasan, tradisi ini sebenarnya berawal pada 1974, di mana saat itu KFC meluncurkan kampanye pemasaran spesial Natal secara besar-besaran.

Bahkan kampanye tersebut cukup sukses hingga saat ini, lho. Saat itu, manajer KFC Jepang pertama, Takeshi Okawara, memiliki ide Party Bucket untuk dijual selama Natal. Nah, itulah dia mengapa ayam goreng dari KFC begitu populer saat Natal di Jepang, nih.

3. Menikmati strawberry shortcake

5 Tradisi Unik Orang Jepang saat Natal, Wajib Makan Ayam Goreng!ilustrasi strawberry cake (pixabay.com/hewq)

Saat Natal, orang Jepang juga memiliki kebiasaan memakan Christmas cake berupa kue bolu dengan krim dan buah stroberi yang dinamakan strawberry shortcake. Kue Natal ini mulai populer pada 1922, saat toko Fujiya memasarkan keik berlapis krim.

Untuk memasarkan keik tersebut, mereka memakai kalimat, “Ayo makan kue di hari Natal”. Bahkan, hingga saat ini, strawberry shortcake dengan krim putih dan stroberi adalah dessert saat Natal. Namun, seiring berjalannya waktu, ada juga pilihan kue Natal lainnya.

Baca Juga: 5 Tradisi Makan saat Natal di Korea Selatan, Unik Banget!

4. Melihat dekorasi Natal di tempat umum

5 Tradisi Unik Orang Jepang saat Natal, Wajib Makan Ayam Goreng!ilustrasi dekorasi Natal di tempat umum (pexels.com/Sebi Pintilie)

Musim dingin atau Natal menjadi momen di mana iluminasi atau pencahayaan memenuhi tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, restoran, hingga area publik. Saat itu, perkotaan dihias dengan dengan lampu-lampu hias yang berwarna-warni untuk menyambut Natal.

Uniknya, orang Jepang cenderung lebih cepat dalam menyambut Natal. Pada bulan November, dekorasi sudah dipasang di beberapa sudut jalan. Dekorasi serta iluminasi yang dipasang akan semakin meriah menjelang Natal itu sendiri.

5. Mengunjungi event-event Natal

5 Tradisi Unik Orang Jepang saat Natal, Wajib Makan Ayam Goreng!ilustrasi suasana night market saat Natal (pixabay.com/chriswanders)

Tak jauh berbeda dengan negara lain, Natal di Jepang juga diisi dengan berbagai event yang diadakan untuk memeriahkan perayaan tersebut. Acara seperti night market sampai festival ini menjadi tradisi tahunan bagi orang Jepang dalam menyambut Natal.

Bahkan, orang Jepang biasanya akan merayakan Natal dengan berlibur ke Disneyland Tokyo untuk melihat parade tahunan di bulan Desember. Parade tersebut akan dimeriahkan tokoh-tokoh animasi Disney memakai kostum unik dan Santa Clause yang menghibur pengunjung.

Saat Natal, setiap negara tentu memiliki cara masing-masing untuk menyambut hari spesial tersebut. Salah satunya adalah masyarakat Jepang yang merayakan Natal dengan menikmati ayam goreng KFC sampai mengunjungi Disneyland.

Baca Juga: Sejarah 5 Tradisi Penting saat Perayaan Natal yang Harus Kamu Tahu

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya