Comscore Tracker

9 Tips dan Trik Traveling Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Murah

Gak harus menunggu kaya buat melihat dunia

Banyak orang pengin liburan ke luar negeri, tapi terkendala biaya yang mahal. Padahal, banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa liburan ke berbagai kota dan negara di dunia dengan biaya murah meriah.

Di antaranya seperti beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan berikut ini.

1. Menginap di rumah teman di tempat tujuan

9 Tips dan Trik Traveling Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Murahwanderlusters.com

Kalau kamu memiliki teman atau kerabat yang tinggal di destinasi yang kita datangi, menawarkan jasa untuk mengurus rumah mereka adalah salah satu cara untuk traveling murah. Kamu bisa sambil membantu merawat rumah atau mengurus hewan peliharaan mereka.  

2. Jadi relawan

9 Tips dan Trik Traveling Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Murahsmallbiztrends.com

Cara lain supaya bisa traveling murah adalah menjadi relawan. Kamu bisa mencari informasi di UNICEF atau World Vision, karena sudah banyak  organisasi yang bisa kamu ikuti untuk membantu proyek di negara lain. 

Kamu akan mendapatkan benefit seperti menginap gratis. Selain bisa merasakan traveling ke luar negeri, kamu juga bisa berperan meningkatkan kehidupan orang lain.

3. Traveling naik sepeda

9 Tips dan Trik Traveling Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Murahbackroads.com

Gak perlu kendaraan mahal untuk melakukan traveling, kamu bisa jalan-jalan menggunakan sepeda. Kamu bisa bersepeda ke beberapa daerah yang ada di Indonesia hanya dengan sepeda.

Liburan cara ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan dengan sahabat. Ini adalah cara unik untuk melihat dunia. 

4. Bekerja di luar negeri

9 Tips dan Trik Traveling Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Murahthejobnetwork.com

Melihat negara lain sekaligus bisa mendapatkan gaji adalah cara menyenangkan untuk traveling. Dengan banyaknya situs kerja yang menghubungkan kamu dengan perusahaan di luar negeri, liburan sambil bekerja pun bisa kamu lakukan.

Kamu bisa mencari proyek-proyek freelance dari luar negeri. Dengan begitu, kamu bisa menikmati lingkungan baru sambil menghasilkan uang.

5. Menginap di hostel

9 Tips dan Trik Traveling Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Murahtravellifestylemagazine.com

Hotel dan resor bukan satu-satunya pilihan untuk memilih tempat tidur di luar rumah. Supaya bisa traveling dan melihat dunia, kamu bisa menginap di hostel dengan harga lebih terjangkau.

Pasalnya, hostel memiliki konsep sharing room, jadi kamu bisa berinteraksi dengan wisatawan lain, penduduk setempat, dan orang asing. Gak heran kalau harganya lebih murah.

Sederhana dan nyaman, sebagian besar hostel juga menyajikan makanan gratis, sehingga kebutuhanmu bisa terpenuhi dengan baik. Namun, teliti hostel sebelum memesan, pastikan hostel pilihanmu itu aman dan dapat diandalkan.

Baca Juga: 10 Tips Mudah untuk Vegan Traveler, Dijamin Liburan Tetap Menyenangkan

6. Pergi ke Free Walking Trips

9 Tips dan Trik Traveling Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Murahfreewalkertours.com

Banyak cara untuk menjelajahi tempat baru tanpa harus mengandalkan tour guide yang mahal. Sebab, sekarang tersedia jasa tur jalan kaki gratis di negara-negara tertentu.

Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan wawasan lokal di tempat yang kamu kunjungi. Kamu hanya perlu memberikan sedikit tip untuk menghargai jasa mereka. 

7. Tinggal di rumah warga setempat

9 Tips dan Trik Traveling Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Murahfreepik.com

Cara ini disebut ekonomi berbagi, semacam tinggal di rumah warga di tempat tujuan yang bisa dilakukan melalui teknologi. Kamu bisa mencari informasi ini di platform aplikasi pemesanan penginapan.

Gak cuma bisa bikin hemat, kamu juga bisa berinteraksi dengan tamu lainnya. Menerima pengetahuan dari penduduk setempat dan bertemu dengan mereka adalah salah satu kesenangan yang akan kamu dapatkan saat traveling.

8. Bekerja di pertanian WWOOF

9 Tips dan Trik Traveling Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Murahthisstudenttravels.com

Demi memiliki peluang untuk melihat dunia, kamu bisa ikut WWOOF (Worldwide Opportunities on Organic Farms) yang akan membuat kamu belajar dan bekerja di pertanian organik. Mereka akan membayar kamu sebagai imbalannya. 

Gak cuma berkesempatan untuk melihat tempat-tempat yang gak pernah kamu kunjungi, kamu juga akan diperkenalkan dengan gaya hidup yang lebih baik, sekaligus lebih sering menghirup udara segar. 

9. Maksimalkan hadiah kartu kredit

9 Tips dan Trik Traveling Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Murahmoney.howstuffworks.com

Kalau kamu pengguna kartu kredit, kamu bisa memanfaatkan penawaran menarik berupa hadiah. Kamu juga dapat memaksimalkan bonus yang biasanya diberlakukan di kartu kredit bank tertentu. Bahkan, beberapa kartu kredit menyediakan hadiah penerbangan gratis. 

Walaupun gak punya dana banyak untuk traveling ke tempat yang jauh, kamu tetap memiliki kesempatan dengan tips di atas. Dengan sedikit kreativitas, kemauan, dan usaha, kamu bsia bepergian ke tempat mana pun sesuai keinginan, lho. Semangat!

Baca Juga: 10 Tips Traveling Hemat Tanpa Takut Biaya Membengkak, Bikin Bahagia!

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya