Comscore Tracker

5 Fakta Unik Mesin Penjual Otomatis di Jepang yang Wajib Kamu Tahu

Tahu gak ada berapa banyak vending machine di Jepang?

Jepang merupakan salah satu negara yang sangat sibuk, ini membuat mereka menciptakan alat atau mesin yang digunakan secara praktis. Contohnya adalah mesin penjual otomatis. Mesin ini menjual benda seperti minuman, makanan dan benda yang tidak umum lainnya. Ingin tahu apa saja fakta unik lainnya mengenai mesin penjual otomatis ini? yuk liat ulasannya!

1. Jepang adalah negara yang memiliki mesin penjual otomatis terbanyak di dunia 

5 Fakta Unik Mesin Penjual Otomatis di Jepang yang Wajib Kamu Tahukuriositas.com

Dilansir dari matcha-jp.com, ada sekitar 2,47 juta unit mesin penjual otomatis yang terdapat di seluruh Jepang. Mesin ini dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari bandara, pinggir jalan, gunung Fuji hingga ruang publik tempat orang-orang berkumpul.  Hal ini membuat Jepang menjadi negara yang memiliki mesin penjual otomatis terbanyak di dunia.

2. Cara beli di mesin penjual otomatis yang sangat praktis 

5 Fakta Unik Mesin Penjual Otomatis di Jepang yang Wajib Kamu Tahucuriositymag.com

Nah, buat kamu yang ingin mencoba mesin penjual otomatis, caranya sangatlah mudah, yaitu dengan melakukan pembayaran menggunakan koin atau kartu penjual pra-bayar. Kemudian tekan tombol atau tarik tuas untuk memilih produk yang diinginkan, produk yang dipilih akan jatuh ke bagian bawah di mana terdapat ruang untuk mengambilnya. Namun kamu juga bisa membuka pintu untuk mengambilnya, ini tergantung dari perubahan yang dilakukan pada layar pengubah.

Baca Juga: Hidden Gems, 5 Destinasi di Jepang Ini Jarang Dilirik Wisatawan Asing

3. Alasan Jepang memiliki mesin penjual otomatis yang sangat banyak 

5 Fakta Unik Mesin Penjual Otomatis di Jepang yang Wajib Kamu Tahuabc.net.au

Jepang terkenal akan masyarakatnya yang sangat sibuk. Ini menjadi faktor utama pembuatan mesin penjual otomatis agar masyarakatnya tidak perlu meluangkan waktu banyak untuk membeli makanan atau minuman yang diinginkan dengan jarak yang jauh. Faktor lainnya adalah karena Jepang adalah negara yang sangat aman, di sana jarang ditemukannya kerusakan fasilitas publik.

4. Harga benda yang dijual di mesin penjual otomatis relatif murah 

5 Fakta Unik Mesin Penjual Otomatis di Jepang yang Wajib Kamu Tahutimeout.com

Hal menarik lainnya dari mesin penjual otomatis adalah harga benda seperti minuman dan makanan yang dijual masih sangat rendah, ini juga berlaku pada kota Tokyo di mana memiliki reputasi dengan kota serba mahal. Namun harga juga akan naik disesuaikan dengan kenaikan pajak konsumsi pada mesin penjual otomatis.

5. Benda unik yang dijual di mesin penjual otomatis 

5 Fakta Unik Mesin Penjual Otomatis di Jepang yang Wajib Kamu Tahutimeout.com

Selain menjual makanan dan minuman, beberapa mesin penjual otomatis juga menjual benda yang tidak umum, mulai dari oden kalengan, kripik kentang , minuman beralkohol, kaldu dashi hingga mainan.

Di Jepang batas usia untuk membeli minuman beralkohol adalah 20 tahun, jadi bila ingin membeli minuman beralkohol dibutuhkan kartu identitas, sedangkan mainan dapat dibeli di mesin penjual otomatis capsule toy, mesin ini menyediakan mainan dengan karakter tokoh Jepang yang unik.

Nah itu dia fakta unik dari mesin penjual otomatis yang ada di Jepang, kalau kamu ke Jepang mungkin bisa mencoba mesin ini disana!

Baca Juga: 10 Potret Menara Tokyo Jepang yang Dibuka Kembali di Tengah Pandemik

Febiola tambunan Photo Writer Febiola tambunan

newbie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya