Comscore Tracker

Buat yang Mau Mudik Balik, Ikuti 5 Tips Packing Ini Biar Praktis!

#MudikAsikIDNTimes Jangan sampai barang bawaanmu kebanyakan

Mudik adalah salah satu tradisi lebaran yang ada di Indonesia. Orang Indonesia mudik karena banyak di antaranya adalah perantau luar kota atau bahkan luar pulau. Berbagai persiapan mudik pun dilakukan. Mulai kendaraan hingga barang bawaan, semuanya harus dipastikan siap.

Satu yang tak kalah penting adalah cara mengemas atau packing barang bawaanmu. Agar packing efisien dan tidak membuat mudik balikmu rempong, cek yuk 5 tips ini!

1. Gak perlu belanja terlalu banyak oleh-oleh

Buat yang Mau Mudik Balik, Ikuti 5 Tips Packing Ini Biar Praktis!Balikami.com

Oleh-oleh sebenarnya tidak wajib untuk dibeli, namun nampaknya hal ini sudah menjadi tradisi bagi mereka yang akan mudik balik dan kembali ke kota rantau. Jika kamu memang akan membawa buah tangan, pastikan yang praktis dan tak merepotkan. Misalnya nih gantungan kunci atau keripik khas daerahmu yang berbobot ringan.

2. Tinggalkan barang yang tidak berguna

Buat yang Mau Mudik Balik, Ikuti 5 Tips Packing Ini Biar Praktis!Unsplash.com/STIL

Tinggalkan barang yang tidak berguna atau kurangi jumlahnya, seperti aksesoris. Aksesoris tentunya akan menunjang penampilanmu. Selain itu, gak perlu membawa banyak barang dari rumah. Apa yang sudah ada atau bisa dibeli di kota rantaumu, lebih baik tinggalkan saja.

3. Pilih ransel atau koper, sesuaikan dengan keperluan!

Buat yang Mau Mudik Balik, Ikuti 5 Tips Packing Ini Biar Praktis!Unsplash.com/Andrew Neel

Pilih ransel dan koper sesuai dengan banyaknya bawaan yang kamu bawa. Jangan sampai salah pilih!

4. Jangan lupakan obat-obatan, alat mandi, dan make up

Buat yang Mau Mudik Balik, Ikuti 5 Tips Packing Ini Biar Praktis!Unsplash.com/Charisse Kenion

Obat-obatan seperti kayu putih dan balsam sangat diperlukan saat di perjalanan. Obat alergi, maag, asma pun sama pentingnya untuk kamu yang punya riwayat penyakit ini. Oleh karena itu, jangan malas untuk menyiapkan dan membawa obat karena pasti akan sangat berguna. Alat mandi pribadi seperti sikat gigi penting dibawa juga make up atau skin care yang tentunya tidak bisa sembarangan kamu pinjam dari saudara.

5. Gulung bajumu supaya nyaman dan efisien!

Buat yang Mau Mudik Balik, Ikuti 5 Tips Packing Ini Biar Praktis!Poloskaos.com

Menggulung baju akan membuat banyak space kosong di dalam ransel atau kopermu. Selain itu manfaatkan juga ruang kosong di dalam sepatu untuk memuat t-shirt tipis atau kaus kaki.

Nah itu dia tips packing untuk mudik balik, ikuti dan pastikan packing-mu efisien ya! Selamat mudik balik ya, semoga selamat sampai tujuan!

Sari Nurmayani Photo Community Writer Sari Nurmayani

Science and Research enthusiast | Love teaching so much

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Pinka Wima

Just For You