Comscore Tracker

10 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Ekonomi yang Nyaman

Cocok buat yang ingin solo traveling, nih!

Saat ini, liburan menjadi rutinitas yang umum dilakukan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran setelah penat dengan padatnya aktivitas. Dengan maraknya online travel agent (OTA), tentu gak sulit menyiapkan berbagai kebutuhan untuk liburan, seperti tiket kereta api.

Berbekal smartphone dan koneksi internet stabil, kamu bisa memilih tempat duduk yang nyaman selama di kereta api. Ini bisa dilakukan melalui aplikasi atau situs tepercaya. Namun, memilih tempat duduk yang salah bisa membuat kamu tak nyaman selama perjalanan.

Supaya perjalanan menyenangkan, ikuti tips memilih tempat duduk kereta api berikut. Lakukan supaya liburanmu tetap nyaman dan seru.

1. Beli tiket kereta secara online

10 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Ekonomi yang Nyamanilustrasi pesan tiket online (unsplash.com/cardmapr)

Langkah pertama untuk mendapat tempat duduk yang nyaman adalah dengan membeli tiket kereta api secara online. Ini bisa dilakukan melalui berbagai platform, seperti aplikasi pesan tiket online, KAI Acces, hingga melalui website  resmi milik PT KAI.

Dengan membeli tiket secara online, kamu bisa menyesuaikan tempat duduk kereta sesuai keinginan di setiap gerbong. Selain itu, kamu pun dapat mengetahui kapasitas tempat duduk yang tersedia pada setiap gerbong.

2. Pilih tempat duduk sesuai arah laju kereta

10 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Ekonomi yang Nyamanilustrasi tempat duduk di kereta ekonomi (instagram.com/railways_fotografi)

Bagi yang gak pernah atau jarang menaiki transportasi berbahan bakar biodesel 30 ini, tentu akan terasa pusing dan mual saat duduk berlawanan dengan arah lajunya. Maka dari itu, penting untuk memilih tempat duduk sesuai dengan arah laju dari kereta ekonomi.

Kalau kereta melaju ke timur, sebaiknya kamu memilih tempat duduk yang menghadap ke timur juga. Misalnya, kalau kamu akan naik kereta dari Jakarta menuju ke Yogyakarta, pilihlah nomor tempat duduk antara 12-19, sementara kalau kamu akan menuju ke arah barat, pesan tempat duduk bernomor 1-11.

Namun, pastikan kamu memilih tempat duduk yang berada di posisi tengah. Hal ini untuk menghindari kamu dari gangguan, seperti suara bising yang berasal dari pintu akses yang kerap dibuka tutup. Catat, ya!

3. Pilih tempat duduk di dekat jendela

10 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Ekonomi yang Nyamanilustrasi saat duduk di dekat jendela (pexels.com/Anna Shvets)

Kalau menggunakan kereta untuk menempuh perjalanan cukup jauh, sebaiknya memilih tempat duduk yang berada di dekat jendela saja. Apalagi ketika kamu menaiki kereta saat pagi maupun siang hari.

Dengan duduk di dekat jendela, siap-siap kamu akan disambut dengan pemandangan indah berupa hamparan sawah sampai pegunungan hijau. Dengan memesan tempat duduk di dekat jendela, kamu akan terhindar dari rasa bosan selama perjalanan.

Supaya bisa menikmati pemandangan yang indah dan hijau selama perjalanan, kamu bisa memesan tempat duduk dengan kode A atau D. Selain gak mudah bosan, kamu juga bisa mengisi daya baterai smartphone melalui stop kontak di bawah meja dengan mudah, lho.

4. Hindari tempat duduk di dekat bordes dan toilet

10 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Ekonomi yang Nyamanilustrasi di dalam kereta ekonomi (instagram.com/yulikurnianingtyas)

Selain melihat panorama yang indah, kira-kira apa yang biasa kamu lakukan saat menaiki kereta? Sebagian orang memanfaatkan perjalanan panjang selama di kereta untuk beristirahat atau tidur. Maka dari itu, hindari memilih tempat duduk di dekat bordes atau sambungan gerbong dan di samping toilet.

Sebab, suara pintu sambung yang dibuka dan tutup oleh penumpang atau petugas yang berlalu lalang biasanya cukup bising dan mengganggu istirahatmu. Selain itu, aroma toilet yang gak sedap juga bisa buatmu gak nyaman.

Tentu saja kamu gak ingin duduk dengan menghirup aroma kurang sedap dari toilet selama di kereta, kan? Supaya perjalanan nyaman, pilih tempat duduk yang gak berdekatan dengan bordes maupun toilet.

Baca Juga: 5 Tips Bepergian Naik Kereta Api untuk Pemula, Biar Gak Zonk!

5. Hindari tempat duduk yang terkena sorotan cahaya matahari

10 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Ekonomi yang Nyamanilustrasi saat duduk di dekat jendela yang tidak terkena sorotan cahaya matahari (pexels.com/Anna Shvets)

Cahaya matahari memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Maka dari itu, kebanyakan para ahli menyarankan kita berjemur di pagi hari untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Apalagi di tengah pandemik saat ini. 

Namun, kalau kamu memilih kereta di waktu siang atau sore hari, tentu cahaya matahari adalah hal yang paling dihindari. Pemilihan tempat duduk ternyata juga berpengaruh terhadap sorotan cahaya matahari, lho!

Kalau ingin beristirahat atau sekadar terhindar dari sorotan cahaya matahari saat melihat panorama, kamu bisa memilih tempat duduk dengan kode C. Sebaiknya, hindari tempat duduk dengan kode A atau E karena paparan cahaya mataharinya cukup menyilaukan.

6. Pilih tempat duduk dekat dengan gerbong restorasi

10 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Ekonomi yang Nyamanilustrasi saat menikmati makanan dan minuman di gerbong restorasi (instagram.com/wiranirani)

Bagi kamu yang menggunakan kereta untuk menempuh perjalanan jauh, maka bisa memilih tempat duduk dekat dengan gerbong restorasi, nih. Gerbong restorasi merupakan gerbong yang menyediakan berbagai makanan atau minuman untuk para penumpang.

Maka dari itu, beberapa penumpang kereta memilih tempat duduk yang dekat dengan gerbong ini untuk mengantisipasi rasa lapar. Atau, bisa juga sekadar bersantai sambil meminum kopi. Tentu seru kalau menyesap sambil menikmati hamparan persawahan, nih.

Namun, bagi yang ingin lebih praktis, sebaiknya bawa camilan atau minuman sendiri untuk disantap selama perjalanan. Selain praktis, kamu juga gak perlu mengeluarkan uang, karena biasanya harga makanan atau minuman di kereta terbilang cukup mahal.

7. Pilih tempat duduk yang dekat lorong

10 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Ekonomi yang NyamanIlustrasi kereta api kelas ekonomi (pinterest.com/radhitya0343)

Memilih tempat duduk di samping lorong akan membuat aktivitasmu lebih leluasa. Terlebih bagi penumpang yang sering menggunakan toilet. Untuk mendapatkan kursi dekat lorong, kamu bisa request saat membeli tiket kereta secara online ataupun offline.

Selain itu, keuntungan tempat duduk dekat lorong adalah gak membuatmu terbentur jendela, atau merasa kesempitan saat bersebelahan dengan penumpang lain. 

8. Perhatikan posisi AC dalam gerbong

10 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Ekonomi yang NyamanSuasana Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Agar lebih nyaman duduk di kursi kereta, penting juga memerhatikan posisi AC yang ada bagian atas kereta. FYI, suhu AC akan terasa lebih dingin di malam hari. Jika gak kuat dingin, lebih baik hindari kursi dekat AC.

Sebaliknya, jika kamu menempuh perjalanan siang, kamu bisa duduk di dekat AC agar terasa lebih sejuk, meski suhu ruang di dalam kereta normal dan stabil.

9. Ambil tempat duduk dekat pintu keluar stasiun

10 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Ekonomi yang NyamanIlustrasi kursi ekonomi kereta Argo Parahyangan (instagram.com/keretaapikita)

Memilih kursi di dekat pintu keluar kereta juga perlu diperhatikan, lho. Pasalnya, selain buatmu lebih nyaman di perjalanan, ini juga akan memudahkanmu untuk menuruni gerbong kereta.

Umumnya, pintu keluar di setiap stasiun terletak di bagian tengah, dengan cara ini kamu gak perlu berjalan jauh menuju pintu keluar stasiun. Untuk itu, kamu bisa pilih gerbong dengan nomor urut tengah, ya.

10. Sesuaikan dengan barang bawaan

10 Tips Memilih Tempat Duduk Kereta Ekonomi yang NyamanPotret kereta api kelas eksekutif (instagram.com/keretaapikita)

Meski setiap kursi penumpang sudah tersedia ruang bagasi di bagian atas, tapi ada sejumlah kursi yang memiliki kapasitas penyimpanan barang yang berukuran besar.

Nah, jika dalam perjalanan kamu akan bawa banyak barang, hindari tempat duduk dengan nomor 1-4 ABCD dan 19-22 ABCD.

Nah, tips memilih tempat duduk kereta api di atas bisa jadi panduan selama perjalanan. Jadi, kamu lebih nyaman dan terhindar dari sorotan cahaya matahari saat solo traveling.

Selain artikel ini, masih banyak informasi menarik seputar tips wisata yang bisa kamu temukan di IDN Times. Cek terus, ya!

Baca Juga: Perbedaan Kelas Kereta Api Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, dan Luxury

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Eddy Rusmanto
  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya