Comscore Tracker

Jajal Fitur TSS di Toyota Veloz, Beneran Bikin Aman!

Berbagai fitur TSS sempat dicoba IDN Times

Jakarta, IDN Times - PT Toyota-Astra (TAM) mengajak beberapa jurnalis untuk merasakan fitur Toyota Safety Sense (TSS) dan aplikasi T Intouch pada Toyota Veloz pada Kamis (30/6/2022). Acara bernama "Safe Jakarta" ini memang sengaja digelar untuk mengeksplore dan merasakan sendiri kedua teknologi tersebut.

"Toyota Safety Sense (TSS) dan T Intouch merupakan dua teknologi canggih yang menjadi wujud dari komitmen Toyota dalam menghadirkan mobilitas yang aman, mudah dan nyaman," kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM kepada wartawan.

1. Perjalanan dimulai menggunakan teknologi T Intouch

Jajal Fitur TSS di Toyota Veloz, Beneran Bikin Aman!Toyota Veloz (Dok. TAM)

Acara dimulai dari sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Dari sini, IDN Times bersama beberapa jurnalis lainnya diwajibkan untuk mencari Toyota Veloz yang akan digunakan dengan teknologi T Intouch. Lewat aplikasi mToyota, ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna, salah satunya fitur Find My Car yang digunakan untuk mencari mobil yang terparkir.

Setelah menelusuri lewat aplikasi tersebut, IDN Times kemudian menemukan lokasi mobil yang terparkir beberapa kilometer dari lokasi awal. Setelah itu perjalanan menuju titik selanjutnya pun dimulai.

Baca Juga: 5 Komparasi Toyota Veloz Vs. Mitsubishi Xpander, Siapa yang Terbaik?

2. Menjajal fitur TSS di jalan raya

Jajal Fitur TSS di Toyota Veloz, Beneran Bikin Aman!Fitur TSS diuji di jalan raya (Dok. TAM)

Di jalan raya, IDN Times langsung merasakan bagaimana fitur TSS pada Toyota Veloz bekerja. Beberapa di antaranya adalah Lane Departure Warning yang memberikan peringatan melalui layar MID kepada pengemudi kalau secara tidak sengaja berpindah lajur, dan Lane Departure Prevention, yang membuat mobil memberikan koreksi ringan terhadap pengemudi kalau tidak mengubah arah setelah peringatan pindah lajur muncul.

Sementara di bangku penumpang, dimanjakan dengan konektivitas smartphone yang mudah ke layar infotainment. Di sini penumpang bisa menggunakan fitur Android Auto maupun Apple CarPlay, yang bisa digunakan untuk navigasi dan juga mendengarkan musik dari smartphone.

3. Ada trek khusus untuk menjajal TSS

Jajal Fitur TSS di Toyota Veloz, Beneran Bikin Aman!Fitur All Round View Camera Toyota Veloz (IDN Times/Fadhliansyah)

Bukan cuma di jalan umum, PT TAM juga sudah menyediakan special track untuk para jurnalis mengulik dan mengetes lebih dalam dari fitur TSS. Jurnalis diberikan tantangan untuk parkir mundur dengan hanya mengandalkan All Round View Monitor, tanpa boleh melirik ke spion sedikit pun.

Selain itu fitur lainnya seperti Rear Crossing Traffic Alert (RCTA) yang melakukan pendeteksian kendaraan lain di belakang untuk kemudian memberikan peringatan kepada pengemudi ketika mundur juga dapat diuji oleh jurnalis. Termasuk fitur Blind Spot Monitor (BSM) yang memberikan peringatan kepada pengemudi ketika ada kendaraan berada di area blind spot untuk membantu menentukan arah manuver kendaraan.

4. Fitur Pre-Collision Warning dan Pre-Collison Braking

Jajal Fitur TSS di Toyota Veloz, Beneran Bikin Aman!Special track untuk mengulik lebih dalam fitur TSS (IDN Times/Fadhliansyah)

Salah satu bagian dari special track yang paling menarik perhatian adalah saat pengujian fitur Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking. IDN Times mencoba melaju di kecepatan 20-25 km/jam secara konstan dan mencoba menabrakkan mobil ke penghalang yang berbahan styrofoam, tanpa menginjak rem ternyata mobil bisa otomatis berhenti saat mendekati penghalang tersebut.

Setelah berhasil berhenti dengan sempurna di depan halangan, IDN Times diminta untuk menginjak pedal gas dalam-dalam tetapi mobil tidak bergerak sedikit pun. Ternyata, itu merupakan fungsi dari fitur Pedal Missoperation Control yang mencegah pengemudi salah menginjak pedal gas. Wah, beneran aman nih kalau ada fitur TSS!

Baca Juga: 5 Komparasi Honda BRV vs Toyota Veloz, Mana Lebih Baik?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya