Comscore Tracker

Duel SUV Monocoque Vs Ladder Frame, Mana Lebih Tangguh?

Beda sasis, beda peruntukan

Jakarta, IDN Times - Mobil-mobil bergenrea sport utility vehicle (SUV) memang dirancang untuk mengatasi segala medan, mulai dari aspal mulus hingga jalan berlumpur. Bahkan beberapa SUV juga bisa diajak beroffroad, lho!

Karena itu fitur dan teknologinya pun cukup melimpah. Tak mengherankan jika harga baru mobil jenis ini cukup tinggi. Namun tahu gak sih kalau SUV ternyata ada dua jenis berdasarkan sasisnya, yakni SUV Monocoque dan SUV Ladder Frame.

Keduanya memiliki perbedaan signifikan pada bagian sasis. Nah, berikut penjelasan kedua jenis sasis tersebut beserta keunggulan serta kekurangannya.

1. SUV dengan sasis monocoque lebih nikmat melibas jalan perkotaan

Duel SUV Monocoque Vs Ladder Frame, Mana Lebih Tangguh?cars24.com

Monocoque berasal dari bahasa Prancis yang berarti rangka tunggal. Maksudnya bodi dan sasis menjadi satu kesatuan. Mobil-mobil SUV dengan sistem monocoque biasanya memiliki bobot yang lebih ringan.

Sistem monocoque juga membuat handling mengemudi menjadi lebih baik. Bobot yang ringan akan membuat bahan bakar menjadi lebih efisien. Bisa dibilang, mobil SUV dengan sasis monocoque diciptakan untuk mereka yang menginginkan kenikmatan lebih saat berkendara.

Contoh mobil-mobil SUV dengan jenis rangka monocoque adalah Audi Q Series, Range Rover, Honda CR-V, Hyundai Santa Fe, Porsche Cayenne, dan Macan.

Namun SUV dengan rangka monocoque biasanya kurang handal saat melibas medan offroad. Sederhananya, SUV monocoque adalah SUV perkotaan.

Baca Juga: GIIAS 2018: Deretan SUV Ini Bisa Jadi Pajero dan Fortuner Killer!

2. SUV dengan sasis ladder frame

Duel SUV Monocoque Vs Ladder Frame, Mana Lebih Tangguh?paultan.org

Selain jenis rangka monocoque, ada jenis rangka lain dalam dunia per-SUV-an, yakni ladder frame. Disebut ladder frame karena bentuk sasisnya memang seperti anak tangga.

Jika jenis monocoque menyatukan rangka dan bodi, maka pada ladder frame sasis dan body dibuat terpisah. Pada ladder frame, bodi mobil diletakkan di atas rangka atau sasis kemudian disambungkan.

Kelebihan mobil dengan sasis ladder frame ada pada kekuatannya. Bahkan SUV dengan ladder frame lebih tangguh dibandingkan SUV monocoque. 

Mobil-mobil yang memakai sasis ladder frame antara lain Jeep Wrangler, Ford All New Everest, Toyota Fortuner, Mitsubishi All New Pajero Sport, Tata Safari Storme, dan Land Rover Defender.

3. Bingung pilih monocoque atau ladder frame?

Duel SUV Monocoque Vs Ladder Frame, Mana Lebih Tangguh?themotorreport.com

Bingung ya pilih SUV dengan sasis monocoque atau ladder frame? Memang pilihan yang sulit, sih. Tapi kalau kamu hanya menggunakan SUV untuk daerah perkotaan yang sebagian jalanna telah beraspal, meski tidak selalu aspal mulus, ada baiknya memilih SUV monocoque. Sebab bakalan lebih nyaman bantingannya.

Namun kalau medan yang akan kamu hadapi lebih banyak tanah basah, apalagi berlumpur, maka SUV dengan ladder frame adalah pilihan yang cocok. Memang tidak senyaman SUV monocoque, namun sasis ladder frame jelas lebih tangguh. So, sudah siap ke dealer?

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Kenapa Mobil SUV Laris Manis? Ini Tiga Alasannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya