Comscore Tracker

Airbag Mobil: Kegunaan dan Cara Kerjanya 

Fitur kemanan yang melindungi dari benturan

Jakarta, IDN Times - Fitur keamanan mobil sudah banyak dirancang oleh produsen kendaraan. Misalnya saja fitur seat belt dan airbag. Banyak orang awam yang sudah mengetahui dan menggunakan seat belt secara teratur ketika mereka berkendara. 

Namun berbeda dengan airbag. Banyak pengemudi dan penumpang mengira kalau keselamatan dalam berkendara hanya memerlukan seat belt saja. Pada kenyataannya, airbag juga menjadi salah satu fitur keselamatan penting.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui kegunaan dan cara kerja dari airbag mobil.

1. Sebagai pelindung dari benturan

Airbag Mobil: Kegunaan dan Cara Kerjanya Airbag mobil (hargatoyota.com)

Pada bagian dasbor kendaraan mobil, terdapat tempat untuk menyimpan airbag. Airbag, atau kantung udara adalah perangkat keselamatan yang mampu meminimalisir cedera penumpang saat mobil mengalami tabrakan.

Fungsi utama airbag adalah sebagai pelindung pengendara dari kendaraan saat terjadi kecelakaan dengan benturan yang cukup keras. Dengan adanya airbag pada bagian depan, pengemudi dan pengendara dapat meminimalisir efek dari kecelakaan.

Baca Juga: Asal-usul Airbag Pelindung Nyawa   

2. Fungsi airbag

Airbag Mobil: Kegunaan dan Cara Kerjanya Airbag mobil (HeartApps)

Fungsi utama airbag adalah untuk meminimalisir efek benturan saat terjadi kecelakaan, maka airbag biasanya diletakkan di bagian pengemudi, dan di bagian penumpang.

Meskipun pengendara sudah menggunakan seat belt, tubuh yang hanya ditahan oleh seatbelt saat terjadi tabrakan atau benturan tanpa adanya airbag berpotensi mengakibatkan cedera parah pada kepala dan dada.

Selain menjadi salah satu fitur keselamatan dalam berkendara, airbag juga memiliki tujuan memperlambat gerak laju penumpang dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: Odometer: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

3. Cara kerja airbag mobil

Airbag Mobil: Kegunaan dan Cara Kerjanya Airbag mobil (techannouncer.com)

Kerja dari airbag mobil akan dimulai pada saat sensor yang terdapat di bagian depan kendaraan mengirimkan sinyal pada saat benturan terjadi. Sensor ini akan membuat kawat mekanisme kantung udara menjadi panas.

Panas tersebut akan menghasilkan sejumlah gas udara (nitrogen) yang mengisi airbag. Hasilnya, airbag akan mengembang dengan sangat cepat. Setelah mengembang, bagian tubuh pengemudi akan membentur airbag, perlahan kantong udara mulai mengempis.

Hal ini dikarenakan nitrogen yang ada di dalam kantong udara mulai keluar. Hal ini dapat terjadi dengan sangat cepat dalam hitungan detik karena pada saat kecelakaan, situasi menjadi tidak terkendali dalam hitungan detik.

Sedangkan airbag yang terpasang di bagian penumpang atau samping kendaraan akan aktif apabila mobil mengalami benturan atau tabrakan terjadi di sudut tertentu. 

Mobil-mobil keluaran terbaru pastinya sudah memiliki fitur keselamatan yang satu ini untuk memastikan keselamatan penumpang pada saat berkendara.

4. Petunjuk penggunaan dan cara merawat airbag

Airbag Mobil: Kegunaan dan Cara Kerjanya Airbag mobil (pixabay.com/Pixel-mixer)

Meskipun airbag akan bekerja secara otomatis pada saat terjadi benturan. Pemilik kendaraan juga perlu mengetahui petunjuk dalam penggunaan fitur ini agar tetap maksimal.

Karena airbag terletak di bagian dasbor mobil, maka ada baiknya untuk tidak memodifikasi bagian tersebut. Selain dasbor, bagian lain seperti bemper mobil, kemudi, panel instrumen, suspensi kendaraan juga dapat mengurangi performa kerja airbag mobil jika dimodifikasi.

Maka, disarankan untuk tidak mengubah bagian-bagian tersebut. Pada beberapa mobil keluaran terbaru, fitur keselamatan yang satu ini telah dikembangkan dengan tersambung otomatis secara elektronik. Pada terobosan baru ini airbag akan didukung melalui energi listrik.

Beberapa sinyal listrik ini akan terdapat pada komponen mobil yang biasanya menjadi tempat pengendara mengalami benturan. Fitur airbag akan berfungsi ketika mobil bergerak setelah mobil berjalan dengan kecepatan melebihi 30 km/jam.

Nah, itu dia beberapa informasi tentang airbag atau kantung udara pada kendaraan yang sangat bermanfaat untuk keselamatan selama perjalanan.

Penulis: Nafila Chaerunnisa

Baca Juga: Cara Mengetahui Ukuran Tekanan Ban Mobil yang Tepat 

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya