Comscore Tracker

4 Penyebab Headlamp Menguning dan Penerangan Redup, Bisa Bahaya lho!

Merusak estetika juga membahayakan keselamatan berkendara

Jakarta, IDN Times - Sebagai komponen penerangan utama pada mobil, headlamp perlu diperhatikan agar dapat terus berfungsi dengan baik selama mobil digunakan. Salah satu masalah langganan pada headlamp adalah kondisinya yang menguning.

Bagian lampu mobil yang menguning ini sesungguhnya terjadi pada bahan mika. Bagian mika yang menguning ini akan membuat penerangan pada headlamp menjadi redup dibandingkan sebelumnya.

Penyebab headlamp menguning dan penerangannya menjadi redup ini bisa karena berbagai hal. Simak penyebab-penyebabnya berikut ini!

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Penyebab Mobil Bisa Terbakar

1. Bercak jamur akibat air hujan

4 Penyebab Headlamp Menguning dan Penerangan Redup, Bisa Bahaya lho!Ilustrasi headlamp menguning (instagram.com/ headlightrestoration_romford)

Bercak jamur pada mika headlamp ini disebabkan karena air yang menempel pada lampu. Umumnya dari air hujan yang menempel pada headlamp kemudian mengering karena mika lampu memiliki suhu yang panas karena lampu yang menyala, sehingga terjadi proses penguapan sehingga air hujan mengering sendiri.

Hal ini selanjutnya akan memunculkan bercak jamur pada mika. Walaupun saat ini sudah ada lapisan khusus yang melindungi dari terik panas dan turunnya air hujan, namun bercak jamur ini jika dibiarkan akan menyerap ke lapisan pelindung tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Ban Mobil, Biar Gak Cepat Rusak

2. Ada lubang dari penutup atau pelindung mika

4 Penyebab Headlamp Menguning dan Penerangan Redup, Bisa Bahaya lho!Ilustrasi mobil yang headlamp-nya menguning (instagram.com/ pleasantdetailsandtint)

Bercak jamur akibat air hujan ini bisa terjadi jika penutup atau pelindung mika pada headlmap mengalami kerusakan, robek, atau berlubang. Hal ini menyebabkan air hujan ataupun kotoran-kotoran lain dengan mudahnya masuk ke bagian dalam headlamp.

Oleh karena itu kamu harus segera merapikan dan memperbaiki bagian penutup atau pelindung ini agar air atau kotoran tak masuk ke dalam ruang headlamp.

Baca Juga: Cara Merawat Wiper Mobil, Lakukan Langkah Ini secara Rutin!

3. Memasang lampu yang tak sesuai dengan spesifikasi

4 Penyebab Headlamp Menguning dan Penerangan Redup, Bisa Bahaya lho!Ilustrasi headlamp yang menguning (instagram.com/ purediamonddetailing)

Lampu yang terlalu besar watt-nya dari spesifikasi yang dianjutkan bisa menjadi penyebab headlamp menguning. Lampu yang watt-nya terlalu besar akan menghasilkan panas yang tinggi sehingga mika akan berubah warna menjadi kekuningan. Selain itu hal ini pun dapat berdampak pada performa aki karena aki akan bekerja lebih keras pada lampu dengan watt yang tinggi.

Sehingga selalu pastikan untuk memasang lampu dengan besaran watt yang sesuai dengan standar mobil yang kamu gunakan. Karena lampu yang watt-nya terlalu besar tak berarti memiliki performa yang lebih baik, malah justru memperburuk kondisi headlamp mobil.

4. Sengatan terik matahari secara langsung

4 Penyebab Headlamp Menguning dan Penerangan Redup, Bisa Bahaya lho!Ilustrasi headlamp yang menguning karena sengatan matahari (instagram.com/ autosmartrepairsltd)

Sinar ultraviolet (UV) dari terik matahari juga mampu mempengaruhi sehingga mika pada headlamp menjadi menguning. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bisa memarkirkan mobil di tempat yang teduh agar sinar UV tak langsung mengenai headlamp sehingga mika pada headlamp tak gampang menguning.

5. Faktor usia pemakaian

4 Penyebab Headlamp Menguning dan Penerangan Redup, Bisa Bahaya lho!Ilustrasi mobil yang headlamp-nya menguning (instagram.com/counter_core_customs)

Faktor usia pemakaian juga turut mempengaruhi penyebab headlamp menguning. Hawa panas pada mesin yang terjadi secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama, akan mengakibatkan mika mengalami perubahan warna menjadi menguning. Hal ini bisa terjadi pada mobil dengan umur 4 hingga 5 tahun ke atas.    

Inilah empat penyebab headlamp menguning. Headlamp yang mulai menguning ini tak hanya merusak estetika mobil saja, tapi juga dapat membahayakan keselamatan karena penerangan pada mobil menjadi redup.

Oleh karena itu, segera ganti atau periksakan jika headlamp sudah menguning ke bengkel terpercaya. Meski sekadar mengganti bagian headlamp yang sudah menguning sering dianggap hal remeh, namun hal ini penting untuk membantu dalam menjaga keselamatan saat berkendara dengan mobilmu.

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya