Comscore Tracker

5 Risiko Kerusakan Jika Menaruh Motor di Bawah Terik Matahari

Yakin, motormu gak kenapa-kenapa di bawah terik matahari?

Halo, sobat otomotif! Apakah kamu termasuk salah satu pengendara motor yang penasaran dengan dampak sinar matahari terhadap sepeda motormu? Kamu gak sendirian. Apalagi dengan sinar mataharinya Indonesia yang kayak neraka bocor.

Kebanyakan dari pengendara sepeda motor tidak menyadari bahwa terik matahari bisa merusak motor mereka. Apalagi kalau hari sedang sangat panas. Memang butuh jangka waktu eksposyur yang panjang sampai sinar matahari bisa merusak motor. Namun, kamu perlu tahu bahwa itu tetap bisa terjadi.

Kalau dalam sehari-harimu, kamu memarkir motormu di dalam ruangan atau garasi, gak perlu khawatir. Namun kalau kamu rutin memarkir motormu di tempat kerja, sekolah atau kampus, di kondisi udara terbuka di bawah terik matahari langsung, kamu perlu mengantisipasi beberapa hal ini. Dilansir dari motorcyclehabit.com dan dan bikesmedia.in, berikut ini beberapa risiko yang akan terjadi jika kamu menaruh sepada motormu di bawah terik matahari dalam waktu lama!

1. Yang pertama, jelas jok motormu akan terasa sangat panas, jadi susah untuk langsung digunakan

5 Risiko Kerusakan Jika Menaruh Motor di Bawah Terik Mataharia-small-lab.com

Kalau di tempat umum dan terbuka, biasanya petugas parkir sudah menyediakan kardus atau karung untuk menutupi jok motormu dari terik matahari. Namun, kalau kamu sering mengunjungi tempat yang tidak ada tempat parkirnya dan terbuka di bawah sinar matahari, kamu perlu menyiapkan handuk atau reflektor untuk menutupi jok motormu.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa mengganti jok motormu dengan yang punya sistem anti panas. Atau bisa juga menggunakan cover motor. Ribet? Memang. Namun yang jelas jangan sepelekan, karena menduduki jok motor yang terlalu panas juga buruk untuk kesehatanmu. Kalau kamu membiarkan body motormu terus dalam keadaan panas, bensinmu bahkan bisa mengalami penguraian loh.

2. Kalau kamu mengaplikasikan sesuatu berbahan kulit di motormu, bahan tersebut akan terdampak terik sinar matahari

5 Risiko Kerusakan Jika Menaruh Motor di Bawah Terik Mataharijrspeed.ph

Sinar ultraviolet (UV) yang digabungkan dengan panas sinar matahari bisa memudarkan warna kulit dan membuatnya menjadi kering. Kondisi tersebut lama-lama akan membuat bahan kulit menjadi pecah-pecah dan mengelupas. Bahan kulit sintetis juga sama. Bahkan bisa rusak lebih cepat karena mengandung plastik di dalamnya.

3. Lama kelamaan sinar matahari akan bisa merusak cat atau warna motormu

5 Risiko Kerusakan Jika Menaruh Motor di Bawah Terik Mataharipxhere.com

Ini adalah dampak yang paling terlihat. Penyebab utama dari rusaknya cat atau warna motormu adalah sinar UV. Mungkin ketika memudarnya, kamu akan susah untuk sadar. Namun, ketika sudah mulai mengelupas, warna bahan aslinya akan tampak jelas dan itu sangat mengganggu tampilan motormu. Setelah warna dasarnya mulai terlihat akibat sinar UV, terik cahaya matahari biasa akan dengan mudah memudarkan warna motormu, dengan cepat.

Baca Juga: 5 Tips Agar Cat Bodi Motor Selalu Kinclong dan Terlindungi

4. Teriknya sinar matahari dalam waktu lama bisa merusak apa pun yang berbahan karet atau plastik di motormu

5 Risiko Kerusakan Jika Menaruh Motor di Bawah Terik Mataharipxhere.com

Semua yang berbahan karet atau plastik itu termasuk ban, handle grip dan pembungkus pijakan kaki. Karet sangat reaktif terhadap suhu panas. Biasanya ketika dipanaskan, karet akan mengembang. Bahkan kalau kamu terlalu banyak mengisi udara di ban motormu di hari yang sangat panas, bukan tidak mungkin ban tersebut bisa meledak di tengah jalan. Sudah terpapar suhu yang sangat panas, kebanyakan udara di dalamnya, tergesek-gesek pula di jalan, kan?

5. Ternyata, bensinmu bisa berkurang jika kamu meninggalkan motormu terlalu lama di bawah terik matahari

5 Risiko Kerusakan Jika Menaruh Motor di Bawah Terik Mataharipxhere.com

Apalagi ketika panasnya sinar matahari saat itu sedang parah-parahnya. Bensin (gasoline) atau minyak gas, itu bersifat sangat reaktif dan mudah menguap. Ketika bensin diletakkan di kondisi panas, proses penguapannya menjadi lebih cepat. Itu artinya, senyawa ini dengan cepat berubah dari cair menjadi gas. Bukan cuma buruk untuk lingkungan, tapi juga buruk untuk kantongmu, kan?

Itulah tadi beberapa hal yang akan terjadi kalau kamu menaruh sepeda motormu di bawah terik matahari dalam waktu lama. Sekarang karena kamu sudah tahu risikonya, yuk antisipasi agar tidak terjadi pada motormu!

Baca Juga: 5 Alasan Sepeda Motor yang Selalu Rusak Harus Segera Dijual

Bayu Dewey Photo Verified Writer Bayu Dewey

a Disney dude who want to fulfill the purpose of life like Desmond Doss. story teller in an uncertain gaea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya