Comscore Tracker

Catat! Begini Cara Mencegah Motor Terbakar

Enggak mau kan keluar uang untuk perbaiki motor yang hangus?

Jakarta, IDN Times - Motor yang terbakar kalau telat sebentar saja, biasanya akan sulit diselamatkan. Karena api akan dengan mudah membakar berbagai bagian motor yang mudah terbakar, mulai dari body, ban, sampai jok.

Apalagi motor yang terbakar biasanya memang sulit dipadamkan karena ada bensin, karena gak cukup cuma dengan menyiram air saja. Sebaiknya kamu mencari pasir, kain basah, atau alat pemadam api ringan (APAR) untuk bisa memadamkan api di motor.

Nah, untuk mencegah motor kamu terbakar, bisa melakukan beberapa cara ini!

1. Selalu cek kondisi motor sebelum berkendara

Catat! Begini Cara Mencegah Motor TerbakarFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Motor yang dipakai sehari-hari bukan berarti kondisinya selalu prima. Sebaiknya, kamu harus selalu mengecek kondisi motor setiap sebelum melakukan perjalanan, misalnya cek apakah ada kebocoran oli atau bensin yang menetes di parkiran.

Karena seperti diketahui, kebocoran oli atau bensin bisa menjadi penyebab utama motor terbakar. Karena kedua material tersebut mudah terbakar, apalagi kalau terkena bagian mesin yang panas.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Penyebab Mobil Bisa Terbakar

2. Lakukan servis rutin di bengkel

Catat! Begini Cara Mencegah Motor TerbakarAda promo di bulan Ramadan dari Yamaha (Dok. YIMM)

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan servis rutin di bengkel, karena dengan begitu kamu bisa selalu memastikan kondisi motor dalam keadaan yang baik.

Selain bisa mengetahui apakah ada kebocoran bensin atau oli, kamu juga bisa mengetahui kondisi pengapian motor.

Karena kalau ada kebocoran pada sistem pengapian seperti tutup busi atau kabel koil, juga bisa menyebabkan munculnya percikan listrik yang mudah menyambar ke bensin. Kalau sampai ada masalah-masalah tersebut, pasti lebih cepat terdeteksi ketika kamu rajin servis motor.

3. Bengkel modifikasi kelistrikan

Catat! Begini Cara Mencegah Motor TerbakarBengkel Vespa Garage (Instagram/@vespa_garage)

Salah satu penyebab terjadinya kebakaran pada motor adalah karena adanya hubungan arus pendek alias korsleting, hal ini bisa terjadi salah satunya karena pemasangan aksesoris kelistrikan yang gak benar atau tidak sesuai spek motor.

Kalau memang kamu ingin melakukan modifikasi kelistrikan, seperti memasang klakson atau lampu-lampu tambahan, sebaiknya pilih bengkel yang memang spesialis kelistrikan atau bengkel yang sudah sering direkomendasikan.

Karena biasanya bengkel-bengkel tersebut pemasangannya lebih rapi dan lebih aman, walaupun harganya biasanya sedikit lebih tinggi dari bengkel modifikasi umum.

Baca Juga: Motor Bensin Jadi Motor Listrik, Ini Komponen yang Dibutuhkan

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya