Comscore Tracker

Nasib Realisasi Investasi Tiongkok Akibat Virus Corona 

Realisasi investasi Tiongkok di RI diprediksi merosot

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM) Bahlil Lahadalia enggan berkomentar banyak akibat dampak virus corona (coronavirus) yang berawal dari kota Wuhan Tiongkok, terhadap realisasi investasi Tiongkok di Indonesia.

"Saya gak tahu (dampaknya)," kata Bahlil di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Senin (27/1).

Padahal pada semester I tahun lalu Tiongkok merupakan negara dengan investasi terbesar ketiga setelah Jepang, dengan nilai investasi sebesar US$2,3 miliar atau 16,2 persen dari total PMA.

Baca Juga: 10 Foto Mudik Imlek di Tiongkok di Tengah Penyebaran Virus Corona 

1. Realisasi investasi Tiongkok akan terdampak virus corona

Nasib Realisasi Investasi Tiongkok Akibat Virus Corona (Virus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong) IDN Times/Yogi Pasha

Kendati begitu peneliti di Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira mengatakan, virus Corona akan berpengaruh pada realisasi investasi Tiongkok. Sebab pemilik modal asal Tiongkok yang ingin meninjau proyek di Indonesia terhambat oleh beberapa prosedur kesehatan di bandara.

"Apalagi investor yang berasal dari Wuhan, kota yang diisolasi, pastinya deal investasi akan tertunda," ujarnya.

Selanjutnya Bhima menuturkan, virus corona dikhawatirkan berpengaruh pada kinerja ekspor dan impor.

"Pengawasan makanan minuman lebih ketat, artinya proses pengiriman barang lebih lama. Di satu sisi investasi China di sektor berkaitan ekspor impor pastinya jadi terganggu. Selain karena konsumsi rumah tangga turun tajam di Tiongkok," ujarnya.

2. Realisasi investasi Tiongkok di Indonesia diprediksi merosot

Nasib Realisasi Investasi Tiongkok Akibat Virus Corona Ilustrasi investasi. IDN Times/Mia Amalia

Dengan begitu Bhima memprediksi, realisisai investasi Tiongkok di Indonesia yang saat ini berada di posisi tiga akan merosot.

Kendati begitu, Bhima belum bisa menghitung berapa realisasi nilai investasi yang akan ditanam oleh Tiongkok akibat virus itu.

"Soal asumsi nilainya masih terlalu dini. Kita masih tunggu seberapa luas dampak dan jumlah korbannya," ujarnya.

3. Rencana Tiongkok membangun industri investasi di industri makanan juga terdampak

Nasib Realisasi Investasi Tiongkok Akibat Virus Corona (Virus Corona juga berimbas hingga ke Hong Kong) IDN Times/Yogi Pasha

Bhima pun menuturkan kerjasama antara Tiongkok dan Indonesia akan terdampak. Sebagaimana diketahui perusahaan susu asal Tiongkok berencana akan membangun industri es krim di Indonesia.

"Karena virusnya menyebar dari hewan ke manusia. Kerjasama China yang bergerak di bidang industri makanan minuman, pariwisata (hotel, restoran), akan terdampak," ujarnya.

Baca Juga: Seorang WN Tiongkok Mendadak Dirawat di RS dr. Soetomo Surabaya

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya