Comscore Tracker

Mau Coba Digital Marketing? Ini Hal-hal yang Wajib Kamu Tahu

Peluang bisnis lewat pemasaran digital sangat besar lho!

Jakarta, IDN Times - Head of Business Development for Platform allstars.id, Grady Esmond mengungkapkan prospek digital marketingatau pemasaran secara digital akan semakin besar. Hal ini dilihat dari banyaknya platform digital yang dapat dijadikan peluang untuk bisa berbisnis serta memasarkan produk secara online.

"Bisa dikatakan prospek ke depannya pasti gede banget, orang-orang semakin paham dengan digital ads, dan ini menjadi potensi besar, pasti orang-orang akan memakai platform digital karena emang pasarnya besar sekali," ucapnya dalam acara "How to Monotize Revenue Through Digital Media Tech" di Pondok Indah Office Tower, Jakarta, Senin (24/2).

1. Tiga hal yang menjadi acuan menjadi digital marketer

Mau Coba Digital Marketing? Ini Hal-hal yang Wajib Kamu TahuPerkembangan digital media dalam bisnis online (IDN Times/Denny Adhietya)

Memasuki era digital menuntut setiap perusahaan atau pelaku bisnis lainnya untuk masuk ke pasar digital. Pada kesempatan yang sama, Founder & CEO ToffeeDev, Ryan Kristomuljono mengatakan ada tiga hal yang sangat diperlukan bagi seorang digital marketer.

Pertama adalah traffic yaitu bagaimana caranya untuk bisa mendatangkan pengunjung. Kedua, conversation yaitu untuk melakukan diskusi dan jadikan pengunjung sebagai pelanggan sedangkan yang terakhir adalah engagement, yaitu menjalin hubungan atau kolaborasi dengan pelanggan tersebut.

"Ini merupakan tiga hal yang sangat diperlukan bagi seorang digital marketer. Hal tersebut sebagai acuan bagi digital marketer," ucap Ryan.

2. Tantangan sebagai agen digital marketing

Mau Coba Digital Marketing? Ini Hal-hal yang Wajib Kamu TahuPerkembangan digital media dalam bisnis online (IDN Times/Denny Adhietya)

Ryan pun menilai tantangan sebagai digital marketer adalah harus mengetahui market position. Sebab, saat ini banyak sekali startup yang membangun bisnis dengan pasar dan target yang berbeda-beda.

"Kita harus paham market positionnya biar kita bisa menyesuaikan pasar yang ada dengan melihat potensi pasar digital yang tersedia," ucapnya.

3. Strategi untuk para pelaku bisnis

Mau Coba Digital Marketing? Ini Hal-hal yang Wajib Kamu TahuPerkembangan digital media dalam bisnis online (IDN Times/Denny Adhietya)

Grady mengatakan diperlukan edukasi khusus bagi para influencer atau pelaku bisnis lainnya yang ingin masuk dunia pasar digital. Hal itu penting untuk memahami batasan atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai bisnis digital.

"Kita perlu mengedukasi influencer sih, ada beberapa yang perlu di-highlight dari sisi profesional, seperti memahami batasan-batasan digital business, menyikapi brief dari klien, bagaimana langkah-langkahnya, dan bagaimana cara mendeliver konten kita agar kena pasarnya," ucapnya.

Sementara itu, Ryan mengungkapkan tidak adanya sekolah khusus yang mengajarkan tentang pemasaran lewat dunia digital. Tapi dia menyebutkan sejumlah jalur yang dapat ditempuh mereka yang ingin mendalami hal ini.

"Ini kan gak ada edukasi formalnya, jadi ya lewat agensi yang sudah mengerti untuk memasarkan secara online agar bisa membantu bisnis-bisnis mereka secara online, yang jelas edukasi sih, lewat seminar, atau event-event lainnya yang memang mengarah ke digital bisnis seperti ini," ucapnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Gelar Start Summit 2020, Tokopedia Dorong Talenta Digital 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya