Comscore Tracker

10 Kerajinan yang Banyak Diburu di 2021, Bisa Jadi Peluang Bisnis!

Saatnya menggeluti bisnis kreatif #IDNTimesBusiness

Beberapa tahun belakangan, permintaan produk kerajinan buatan tangan meningkat tajam. Di media sosial dan marketplace, produk-produk bernilai seni mulai merajai linimasa. Terlebih lagi, di tengah pandemi seperti ini. 

Setidaknya ada sepuluh kerajinan paling diburu tahun 2021 ini. Apa saja? Catat, ya, siapa tahu bisa jadi peluang bisnis untuk menambah pemasukan. 

1. Anyaman rotan dan bambu

10 Kerajinan yang Banyak Diburu di 2021, Bisa Jadi Peluang Bisnis!Cup holder (instagram.com/theapplehouse_official)

Kerajinan anyaman rotan tak harus jadi perabot besar. Kadang, kreasi berupa ornamen atau perkakas kecil seperti cup holder atau placemat juga disukai, kok. Selain estetik, kerajinan anyaman rotan dan bambu sangat ramah lingkungan.

Sebab, bahan tersebut bakal terurai dengan mudah seiring berjalannya waktu. Jadi, gak harus merasa berdosa saat membuangnya nanti ketika rusak. 

2. Clay dan keramik

10 Kerajinan yang Banyak Diburu di 2021, Bisa Jadi Peluang Bisnis!Keramik atau clay (virginiasin.com)

Kerajinan clay dan keramik juga banyak diminati. Bentuk-bentuk nyentrik pun diincar dan disukai. Jadi, tak perlu mencapai kesempurnaan, jadilah unik untuk memulai bisnis di bidang ini.

Kamu bisa membuat banyak hal dengan keramik dan clay. Misalnya saja, cangkir, mangkuk, tray, soap dish, anting, hingga penyangga buku. 

3. Ornamen dari terazzo 

10 Kerajinan yang Banyak Diburu di 2021, Bisa Jadi Peluang Bisnis!Terrazzo (instagram.com/terrazzoparazo)

Meski mirip dengan clay dan keramik, terrazzo terbuat dari semen putih. Untuk mendapatkan corak dan warnanya, kamu membutuhkan pigmen khusus.

Beda dengan clay dan keramik yang bisa dibentuk dengan tangan, campuran terrazzo berbentuk cairan jadi harus dicetak dalam cetakan silikon. Sudah banyak pengrajin yang membagikan tahap-tahap pembuatannya, semua terlihat menenangkan dan mudah. Tinggal eksekusinya aja, nih.

4. Lilin aromaterapi 

10 Kerajinan yang Banyak Diburu di 2021, Bisa Jadi Peluang Bisnis!Lilin (instagram.com/day_glow)

Bukan lilin biasa, lilin yang diburu orang tahun 2021 ini adalah lilin aromaterapi dan terbuat dari bahan-bahan yang alami seperti beeswax. Aromanya pun diambil dari tanaman asli seperti rempah dan bunga-bungaan lainnya.

Tentu selain bentuk yang estetik, kamu perlu mempertimbangkan tingkat keamanannya saat lilin dinyalakan. Produk ini cukup digemari mengingat banyaknya orang yang sedang butuh suasana rileks saat work from home.

5. Punch needle

10 Kerajinan yang Banyak Diburu di 2021, Bisa Jadi Peluang Bisnis!Punch needle rug (instagram.com/luckybear____)

Kerajinan dari benang dan punch needle perlahan menandingi crochet. Tak hanya untuk keset dan karpet, kerajinan ini bisa jadi banyak benda gemas.

Misalnya, menjadikan kerajinan berbentuk boneka sampai sarung bantal. Tinggal asah kreativitasmu aja dalam mendesain pola.

6. Peralatan makan dari bahan ramah lingkungan

10 Kerajinan yang Banyak Diburu di 2021, Bisa Jadi Peluang Bisnis!Peralatan makan (instagram.com/tvoi_moi)

Produk-produk ramah lingkungan juga merajai pasar tahun ini. Kalau sudah ada kerajinan rotan dan bambu di sektor home decor, di peralatan makan ada keramik dan kayu.

Selain cantik, bahan-bahan di atas awet dan aman buat makanan, lho. Selain itu, bentuknya yang cantik bikin makanan kamu lebih artistik untuk dipotret.

7. Perhiasan buatan tangan

10 Kerajinan yang Banyak Diburu di 2021, Bisa Jadi Peluang Bisnis!Cincin resin (instagram.com/edies.co)

Kalau perhiasan macam emas dan perak lebih cocok untuk investasi dan harganya kelewat mahal, kamu bisa mencari celah dengan membuat perhiasan buatan tangan.

Harganya jauh lebih murah, tetapi tak kalah unik dan gemas. Bisa dari clay, batuan alam, atau resin seperti ini.

8. Art print

10 Kerajinan yang Banyak Diburu di 2021, Bisa Jadi Peluang Bisnis!Art print (instagram.com/e.p.o.k)

Jago gambar? Coba bisniskan karyamu dalam bentuk poster atau art print. Sektor home decor masih jadi primadona dan art print salah satu yang paling banyak diburu.

Jangan malas untuk riset pasar. Padukan antara gaya gambar khasmu dengan apa yang dibutuhkan pasar. 

9. Stationery

10 Kerajinan yang Banyak Diburu di 2021, Bisa Jadi Peluang Bisnis!Stationery (instagram.com/p.palette)

Pernak-pernik stationery kini berkembang pesat. Banyak peluang yang belum diisi oleh pebisnis besar di sektor ini.

Tak usah yang muluk-muluk seperti pulpen dan pensil yang harus dibikin di pabrik. Tawarkan desain yang unik dalam bentuk planner, jurnal, buku aktivitas, koleksi stiker, gantungan kunci, dan lain sebagainya. 

10. Pernak-pernik dari kain 

10 Kerajinan yang Banyak Diburu di 2021, Bisa Jadi Peluang Bisnis!Kain (instagram.com/day_glow)

Sama halnya dengan punch needle dan crochet, pernak-pernik berbahan kain seperti lap dapur, jampel, sampai scrunchies masih jadi idaman pembeli. Asalkan unik dan kualitasnya terjamin, kamu siap kebanjiran pesanan.

Bakal lebih keren dan autentik kalau coraknya adalah desain spesial milik brand-mu. Bisa berkolaborasi dengan ilustrator atau seniman juga kalau kamu belum jago gambar. 

Kalau bisa dirangkum, sebenarnya dalam bisnis kreatif kamu menjual keunikan. Tentu ada proses panjang, percobaan, kesalahan, kerugian material dan tenaga mungkin harus kamu lewati. Namun, bila benar-benar suka, tantangan justru jadi penyemangat. Siap mulai bisnis?

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya