Comscore Tracker

Yuk, Vote UMKM Pilihan Kamu di Anugerah Bangga Buatan Indonesia! 

Dukung produk buatan lokal

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparefkraf) memberikan apresiasi kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui ajang Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020. Apresiasi ini akan diselenggarakan pada 6 Desember 2020 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Anugerah BBI 2020 diselenggarakan dengan tema 'Penguatan Ekosistem Digital dan Produk Kebanggaan Indonesia yang Menginspirasi'. Dalam acara Anugerah BBI 2020 ini para pelaku usaha akan diberikan penghargaan dalam 11 kategori, yaitu fesyen, kriya, kuliner, film, animasi, musik, aplikasi, game, manufaktur, kecantikan dan kebugaran, serta event.

“Apresiasi yang akan diterima oleh para pemenang, berupa piala untuk pemenang di tiap kategori, hadiah uang tunai, dan bantuan fasilitasi yang ditentukan untuk masing-masing program,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/11/2020).

1. Diseleksi dari 450 ribu UMKM

Yuk, Vote UMKM Pilihan Kamu di Anugerah Bangga Buatan Indonesia! Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memberikan sambutan lewat teleconference saat penyerahan santunan masyarakat terdampak pembangunan di lahan zona otorita Danau Toba. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Wishnutama mengatakan, terkait proses seleksi dan penjurian akan berlangsung ketat dengan melibatkan profesional di bidangnya serta masyarakat umum. Di awali pemantauan sekitar 450 ribu UMKM dan UKM lokal yang memanfaatkan sektor digital dalam mengembangkan usahanya. Dari jumlah itu, lolos penyaringan awal berupa tingkat keaktifan memanfaatkan sektor digital sebanyak 735 usaha.

"Kemudian dikurasi tim kurator yang berasal dari 14 kementerian dan lembaga, serta 10 asosiasi dan idEA menghasilkan 15 terbaik dari masing-masing kategori. Kemudian, proses penjurian untuk pemilihan finalis tiga besar per-kategori dilakukan oleh tim juri dari para media, praktisi, dan akademisi profesional di bidangnya,” kata Wishnutama menjelaskan.

Baca Juga: Google Kucurkan Rp155 Miliar untuk UMKM dan Berantas Pengangguran RI

2. Yuk voting UMKM jagoan kamu

Yuk, Vote UMKM Pilihan Kamu di Anugerah Bangga Buatan Indonesia! Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020 (Dok / Kemenparekraf)

Di akhir penentuan pemenang, kamu dapat memberikan suara untuk jagoan UMKM kamu melalui anugerah.banggabuatanindonesia.co.id untuk menentukan juara 1, 2, dan 3. Voting bisa dilakukan mulai dari 20 November – 5 Desember 2020.

“Melalui acara Anugerah BBI 2020 ini, diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pelaku UMKM untuk terus mengembangkan usahanya, membantu pelaku usaha untuk mendorong pergerakan ekonomi yang melemah dikarenakan mobilitas masyarakat yang dibatasi, serta diharapkan dapat mempermudah penyerapan produk-produk Indonesia,” kata Wishnutama.

3. Kerja sama 14 Kementerian/Lembaga

Yuk, Vote UMKM Pilihan Kamu di Anugerah Bangga Buatan Indonesia! Ilustrasi UMKM. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Anugerah Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2020 terwujud atas koordinasi 14 Kementerian/Lembaga, ekosistem digital yang dikomandoi oleh Kementerian Koordinator BIdang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo R.M. Manuhutu menjelaskan keberhasilan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan capaian 3,2 juta UMKM on boarding per 15 November 2020, hingga salah satunya pelaksanaan Anugerah BBI, ditunjang karena adanya dukungan penuh dari Presiden RI, Joko Widodo.

“Hanya dalam jangka waktu dua hari, ke-14 institusi berhasil meluncurkan gerakan BBI. Awalnya diusulkan oleh Menparekraf kepada Pak Presiden, kemudian disetujui pada 12 Mei 2020, dan dalam dua hari, yaitu pada 14 Mei 2020, diluncurkan Gernas BBI oleh Presiden RI” ujar Odo.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya