Comscore Tracker

Bank Penerus Surat Kredit Berdokumen: Pengertian dan Ketentuannya

Apa itu bank penerus surat kredit berdokumen?

Bank penerus surat kredit berdokumen merupakan sebuah lembaga keuangan yang bertugas dalam penerusan surat kredit. Maksudnya, sebagai bank koresponden atau agen yang membantu nasabah untuk meneruskan surat kredit kepada penerima.

Meskipun demikian, pihak bank tidak akan bertanggung jawab perihal isi surat kredit yang akan dikirimkan. Hal itu berhubungan dengan privasi dari si pengirim agar tetap aman, sehingga pihak bank hanya bertindak sebagai perantara.

Bank penerus surat kredit berdokumen berkaitan erat dengan surat kredit berdokumen dalam negeri. Berikut ulasan lengkap mengenai SKBDN dalam pengoperasian bank pemrakarsa.

Baca Juga: Bank Bukan Bank: Pengertian dan Contohnya

1. Apa itu SKBDN?

Bank Penerus Surat Kredit Berdokumen: Pengertian dan KetentuannyaIlustrasi credit (IDN Times/Arief Rahmat)

Perlu kamu ketahui bahwa Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri alias SKBDN merupakan sebuah jasa yang diberikan kepada pihak bank. Hal tersebut dilakukan agar dapat memberikan kelancaran pada sistem transaksi dagang yang ada di dalam negeri.

Penerbitan SKBDN memang berhubungan erat dengan bank penerus surat kredit berdokumen. Terbitnya surat tersebut sekaligus juga cerminan dari bank sebagai lembaga perantara dalam lalu lintas pembayaran atas asas kepercayaan.

Pada prinsipnya, SKBDN merupakan letter of credit yang dimanfaatkan dalam aktivitas dagang luar negeri. Letak perbedaan tersebut berada di wilayah pabean dan valas yang dipakai.

Surat tersebut biasa digunakan untuk transaksi dalam negeri dengan memakai valuta rupiah. Sementara itu, letter of credit juga diberlakukan secara menyeluruh di dunia dan juga dimanfaatkan untuk valuta asing.

Tidak hanya itu, SKBDN merupakan sebuah surat kredit berdokumen dalam negeri yang didalamnya memuat janji tertulis. Hal tersebut berdasarkan pada jenis permintaan tertulis yang sifatnya terikat pihak bank pembuka.

SKBDN juga merupakan letter of credit didasarkan atas permintaan tertulis para pemohon yang sifatnya terikat oleh bank pembuka. Dengan demikian, menunjukkan bank merupakan lembaga perantara yang telah mengikat diri di dalam perjanjian untuk melakukan berbagai kewajiban.

Hal itu berhubungan dengan transaksi dagang dengan pihak ketiga. Dalam hal demikian, bank penerbit perlu melakukan pembayaran, melakukan akses dan pemberian kuasa pada bank lain. Hal itu dilakukan agar dapat memudahkan bank dalam negosiasi wesel.

2. Apa saja ketentuan penerbitan SKBDN?

Bank Penerus Surat Kredit Berdokumen: Pengertian dan KetentuannyaIlustrasi Kartu Kredit (IDN TImes/Umi Kalsum)

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses penerbitan SKBDN. Beberapa ketentuan tersebut dapat meliputi:

1. Apabila SKBDN yang dibuat adalah valuta asing, maka pihak bank peremburs wajib mempunyai kewarganegaraan luar negeri.

2. Penerbitan SKBDN hanya dapat dikerjakan dalam melakukan transaksi dagang barang.

3. Urusan transaksi dagang barang yang berkaitan dengan transaksi dagang jasa yang tidak dapat terpisahkan. Tentunya nilai barang yang berada di dalamnya harus lebih besar dibandingkan nilai jasa.

4. Transaksi dagang pada barang tersebut dapat dilakukan dengan ketentuan tertentu. Perlu diketahui perpindahan barang di dalam negeri ke luar negeri dapat dilakukan selama SKBDN dengan tujuan ekspor.

5. SKBDN yang dimunculkan dengan memakai mata uang negara masing-masing. Selain itu, surat tersebut dapat diterbitkan dengan valuta asing di dunia perdagangan internasional.

6. Penerbitan SKBDN dapat dilakukan dengan keadaan tidak dapat diubah dan tidak dapat dilakukan penarikan kembali maupun tidak dapat dilakukan pembatalan. Hal itu dapat terjadi tanpa adanya persetujuan dari pihak bank pembuka, penerima maupun bank pengkonfirmasi.

7. Jangka waktu penerbitan SKBDN dan waktu penundaannya dapat ditentukan berdasarkan persetujuan antara pihak pemohon maupun pihak dari bank pembuka.

8. Dalam agenda penerbitan SKBDN, bank tidak dapat melakukan penentuan sendiri besaran nilai jaminan maupun setoran tunai dengan penuh pertimbangan tingkat bonafiditas kepada pihak pemohon.

9. Terkait hal SKBDN yang diterbitkan dengan syarat dan ketentuan pembukaan, maka perbankan perlu menentukan atau menetapkan adanya setoran tunai lebih sesuai. Tentu saja juga perlu memperhatikan nilai besaran uang muka yang dapat ditarik.

10. Para pemohon SKBDN di dalam negeri hanya dapat melakukan secara tertulis oleh kuasanya maupun pihak pemohon. Perbankan hanya dapat melakukan penerimaan permohonan terbit SKBDN berdasarkan permohonan.

Baca Juga: Bagian Kredit: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

3. Perihal akuntansi SKBDN dengan bank penerus surat kredit berdokumen

Bank Penerus Surat Kredit Berdokumen: Pengertian dan KetentuannyaIlustrasi kartu kredit (unsplash.com/)

Pada prinsipnya, SKBDN yang diterbitkan tidak dapat dibatalkan, kecuali memerlukan kesepakatan oleh bank pembuka, ban pengkonfirmasi dan bank penerima. Maka dari itu, terbitnya SKBDN dapat menyerupai SKBDN yang dapat dibatalkan.

Perlu kamu ketahui bahwa SKBDN yang dapat dibatalkan adalah SKBDN yang mempunyai nilai dalam transaksi dan bersifat komitmen. Sementara itu, SKBDN dapat dibatalkan adalah SKBDN yang didalamnya mempunyai transaksi dengan sifat bersyarat.

Masalah akuntansi SKBDN berkaitan dengan komitmen dalam hal tersebut tidak dapat dilakukan pembatalan dan mempunyai kepastian. Sementara, kontijensi mempunyai indikasi, kelanjutan bertransaksi bergantung dari pihak bank penerbit, bank penerima dan bank pengkonfirmasi.

Keduanya dapat tercatat dalam rekening administratif SKBDN yang dapat maupun tidak dapat dibatalkan. Hal itu masih berjalan dalam kegiatan perdagangan domestik.

Baca Juga: Berbagai Jenis Kartu Kredit Bank Permata, Apa Saja Ya? 

4. Penutup

Itulah beberapa informasi berkaitan dengan bank penerus surat kredit berdokumen dengan SKBDN. Usahakan mengetahui informasi lebih lanjut apabila berkeinginan untuk menerbitkan SKBDN.

Baca Juga: 9 Jenis Kartu Kredit Mandiri, Jangan Salah Pilih!

Topic:

  • Kiki Amalia
  • Anata Siregar
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya