Comscore Tracker

6 Rekomendasi Buku Investasi Saham, Bahasanya Ringan buat Pemula

Semakin mengerti cara berinvestasi di bursa #IDNTimesBusines

Berinvestasi merupakan kegiatan yang akhir-akhir ini menjadi kegemaran para milenial. Salah satunya adalah berinvestasi di dunia saham. Berinvestasi saham tidak serumit dulu. Melalui aplikasi dan dari jarak jauh, kini setiap orang bisa berinvestasi dengan aman dan nyaman.

Namun, jangan asal berinvestasi hanya karena sedang tren. Kamu juga harus mengerti apa itu investasi terutama berinvestasi saham. Pahami ilmunya dengan rekomendasi buku di bawah ini.

Selain memiliki bahasa yang ringan, enam rekomendasi buku berikut juga membuatmu semakin yakin mengapa harus mulai berinvestasi saham. Yuk, baca agar kamu semakin paham!

1. Yuk Nabung Saham - Nicky Hogan

6 Rekomendasi Buku Investasi Saham, Bahasanya Ringan buat PemulaRekomendasi buku untuk berinvestasi saham (instagram.com/hogannicky)

Buku ini ditulis oleh orang yang terjun langsung dan mengerti tentang dunia saham di Indonesia. Nicky Hogan adalah seorang Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2018. Jadi, tidak salah lagi jika buku ini jadi satu daftar wajib baca untuk kamu yang baru mau terjun di dunia saham.

Tenang saja, buku ini menjelaskan apa pentingnya berinvestasi dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Sangat relate dengan keseharian kita dan membuat orang yang masih awam tak lagi takut untuk berinvestasi. Buku ini juga menjadi sebuah kampanye #nabungsaham agar semakin banyak investor ritel di pasar modal Indonesia.

2. Berinvestasi di Bursa Saham - T. Dominic H

6 Rekomendasi Buku Investasi Saham, Bahasanya Ringan buat PemulaRekomendasi buku untuk berinvestasi saham (ebooks.gramedia.com/T.Dominic H.)

Buku yang juga mengulas tentang pentingnya berinvestasi saham adalah karyanya T. Dominic H. Terbit dalam 182 halaman di tahun 2008, buku ini menjelaskan alasan mengapa orang awam pun bisa melakukan investasi saham. Tentu sangat menarik karena berinvestasi saham memang masih jadi momok menakutkan bagi sebagian besar masyarakat.

Buku ini bisa menjadi sebuah pencerahan yang membuat orang sadar akan pentingnya berinvestasi demi masa depan. Bahkan di bagian awal buku ini menekankan pentingnya membangun mental yang sehat sebelum kita memulai investasi.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini 6 Perbedaan Reksadana Saham dan Investasi Saham

3. Yuk Belajar Nabung Saham - Ryan Filbert

6 Rekomendasi Buku Investasi Saham, Bahasanya Ringan buat PemulaRekomendasi buku untuk berinvestasi saham (instagram.com/ebuy.buku)

Salah satu buku yang memiliki bahasa ringan adalah buku karya Ryan Filbert yang satu ini. Bahasan bukunya sangat lengkap, bisa dimengerti meski membahas tentang saham. Melalui buku ini, Ryan menjelaskan bahwa berinvestasi saham tak perlu modal besar seperti yang ditakutkan banyak orang.

Tak perlu takut bangkrut atau uang yang diinvestasikan hilang. Pembaca diajak memahami betul apa sebenarnya dunia saham itu, mengapa bisa menjadi penting dan bagaimana cara berinvestasinya dan masih banyak lagi. Tak heran buku ini kerap menjadi waiting list di perpustakaan online miliknya Perpusnas RI.

4. Who Wants to be A Smiling Investor - Lukas Setia Atmaja dan Thomdean

6 Rekomendasi Buku Investasi Saham, Bahasanya Ringan buat PemulaRekomendasi buku untuk berinvestasi saham (ebooks.gramedia.com/Lukas S. A)

Buat kamu yang bosan dengan metode membaca buku yang berisi tulisan semua, berarti kamu cocok dengan buku ini. Meski membahas tentang saham, buku karya Lukas Setia Atmaja ini membawa suasana membaca yang berbeda. Pasalnya kamu diajak seperti sedang membaca komik tentang saham.

Ya, benar-benar berisi gambar dan tulisan yang tak asing bagi para pecinta komik. Bahasanya tentu ringan dan sangat menarik. Buku ini juga menjadi salah satu buku wajib baca buat kamu yang baru mau mulai berinvestasi dalam saham. Melalui cover bukunya saja sudah terlihat banyak animasi di dalamnya. Seru banget deh!

5. The Intelligent Investor - Benjamin Graham

6 Rekomendasi Buku Investasi Saham, Bahasanya Ringan buat PemulaRekomendasi buku untuk berinvestasi saham (gramedia.com/Benjamin G.)

Nah, buat kamu yang ingin mempelajari saham lebih lanjut bisa mulai membaca buku karyanya Benjamin Graham yang satu ini. Bahkan buku ini digadang-gadang jadi salah satu bacaan wajib para investor saham.

Buku ini berisi banyak data dan penelitian yang dilakukan oleh penulis dan timnya agar semakin lengkap dan jelas. Terbit pada tahun 2003, buku ini juga terbit dalam edisi revisi, bahkan di awal buku ada kata pengantar oleh investor saham legendaris Warren Buffet, lho!

6. #YukBelajarSaham untuk Pemula - Komunitas Investor Saham Pemula (ISP)

6 Rekomendasi Buku Investasi Saham, Bahasanya Ringan buat PemulaRekomendasi buku untuk berinvestasi saham (instagram.com/frisca_dc)

Kalau buku yang satu ini merupakan kumpulan tulisan dari lima belas penulis tentang saham. Diinisiasi oleh Komunitas Investor Saham Pemula atau Komunitas ISP, buku ini menjadi gerakan melek literasi keuangan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Semua penulis dalam buku ini merupakan anak muda yang sudah lalu lalang di dunia saham menjadi investor yang berpengalaman. Buku yang menarik untuk dibaca dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Bahkan founder ISP selalu mengedukasi masyarakat untuk berinvestasi dan memiliki follower terbesar di Instagram, lho!

Setelah membaca buku-buku di atas, tentu kamu akan semakin memahami bahwasanya berinvestasi saham adalah hal yang mudah dan murah. Kamu hanya perlu mengedukasi diri dengan banyak membaca agar menjadi seorang investor yang handal. Selamat berinvestasi!

Baca Juga: 7 Aplikasi Investasi Emas, Praktis dan Cocok untuk Pemula

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya