Comscore Tracker

Harga Telur Ayam Naik, Zulhas Ungkap 2 Hal Ini Jadi Penyebabnya

Harga telur ayam melonjak sampai Rp33 ribu per kilogram

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengungkapkan dua penyebab utama naiknya harga telur ayam di pasaran saat ini. Seperti diketahui, harga telur ayam saat ini ada di level Rp30 ribu hingga Rp33 ribu per kilogramnya.

Penyebab pertama adalah afkir dini yang dilakukan oleh peternak ayam. Afkir dini adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi produksi indukan agar tidak bertelur dan menjadi bibit ayam atau day old chick final stock (DOC FS).

"Yang pertama sebabnya, beberapa ini kan pengusaha-pengusaha besar melakukan apa yang disebut afkir dini. Jadi, induknya itu, yang petelur-petelur itu diafkir dini, disembelih, dijual. Itu satu," kata menteri yang karib disapa Zulhas tersebut kepada awak media di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Baca Juga: Naik Drastis, Harga Telur Ayam di Kota Serang Tembus Rp36 Ribu per Kg 

1. Bansos juga bikin harga telur naik

Harga Telur Ayam Naik, Zulhas Ungkap 2 Hal Ini Jadi Penyebabnyailustrasi telur (pexels.com/Pixabay)

Penyebab kedua yang membuat harga telur naik saat ini adalah karena bantuan sosial alias bansos.

Zulhas mengatakan, keputusan pemberian bansos membuat permintaan telur naik, tetapi tidak diimbangi dengan stok yang melimpah. Dengan demikian harga telur itu mengalami lonjakan.

"Yang kedua sebabnya adalah Kemensos rapel bantuan sosialnya itu tiga bulan dan sebagian besar telur. Jadi permintaan tiba-tiba melonjak naik," kata dia.

Baca Juga: Bansos Jadi Biang Kerok Kenaikan Harga Telur Ayam

2. Ucapan Zulhas sejalan dengan ID FOOD

Harga Telur Ayam Naik, Zulhas Ungkap 2 Hal Ini Jadi PenyebabnyaIlustrasi Pengiriman Telur Ayam. (IDN Times/Sunariyah)

Sebelumnya, Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor pangan, ID FOOD mengungkapkan adanya peran pemberian bansos sebagai penyebab kenaikan harga telur ayam ras saat ini. Telur ayam ras sendiri menjadi satu komoditas yang kerap mengalami fluktuasi harga selama setahun.

"Untuk telur sendiri ini memang dilema karena kadang-kadang seperti saat ini isunya kan adanya bansos meningkat sehingga permintaan telur naik. Permintaan naik, harga naik sampai sekarang Rp33 ribu," kata Direktur Utama ID FOOD, Frans Marganda Tambunan kepada awak media di Gedung Kementerian, Jakarta, Senin (22/8/2022).

3. Kondisi terkini harga telur ayam

Harga Telur Ayam Naik, Zulhas Ungkap 2 Hal Ini Jadi PenyebabnyaIlustrasi Pengiriman Telur Ayam. (IDN Times/Sunariyah)

Sebagai informasi, mengutip data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), rata-rata harga telur ayam ras segar di Indonesia per 24 Agustus 2022 adalah Rp31 ribu per kilogram.

Harga ayam ras segar di tiap provinsi pun berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp39 ribu per kilogramnya.

Adapun rerata harga telur ayam ras segar termurah ada di Jambi, yakni sebesar Rp25.450 per kilogram. Sementara rata-rata harga telur ayam ras segar tertinggi ada di Papua sebesar Rp39.650 per kilogram.

Baca Juga: Mendag Klaim Harga Daging Ayam Turun, Pedagang: Hari Ini Naik!

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya