Comscore Tracker

Resmi IPO, Cimory Raup Dana Rp3,66 Triliun

Harga awal saham CMRY dibandero Rp3.080 per lembar

Jakarta, IDN Times - PT Cisarua Mountain Dairy Tbk atau Cimory resmi mencatatkan saham perdananya atau listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode CMRY, Senin (6/12/2021).

Cimory melepaskan 1.190.203.000 saham pada penawaran perdananya. Saham itu mewakili 15 persen dari modal disetor dan ditempatkan perseroan setelah initial public offering (IPO).

Cimory menetapkan harga saham pada angka Rp3.080 per saham pada penawaran perdananya ini. Dengan demikian, Cimory telah menghimpun dana sebesar Rp3,66 triliun dari IPO kali ini.

Baca Juga: Info Wisata Cimory Dairyland Prigen: Rute, Harga Tiket, dan Tipsnya

1. Penggunaan dana hasil IPO

Resmi IPO, Cimory Raup Dana Rp3,66 TriliunCimory Dairyland & Resto Prigen. (youtube.com/Cimory Indonesia)

Presiden Direktur CMRY, Farell Sutantio, menjelaskan penggunaan dana hasil IPO ini. Pertama, sebesar 33 persennya bakal digunakan untuk belanja modal terkait dengan penambahan kapasitas fasilitas produksi seperti pabrik, properti, dan peralatan.

"Selanjutnya sekitar 25 persen untuk penyetoran kepada entitas anak, yaitu PT Macroprima Panganutama (MP), perusahaan pengolaan makanan. Dana ini utamanya akan digunakan MP untuk penambahan kapasitas untuk fasilitas produksi dan modal kerja," tutur Farell.

Kemudian, dana IPO sebesar 20 persen digunakan CMRY untuk penyetoran modal kepada entitas anak lainnya, yaitu PT Macrosentra Niagaboga (MN). MN sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang agen dan distributor.

Farell menyebut, MN bakal menggunakan dana tersebut untuk belanja modal yang berkaitan dengan rencana ekspansi pusat distribusi dan untuk modal kerja.

"Kemudian sebesar 15 persen akan digunakan untuk belanja modal yang berkaitan dengan ekspansi saluran distribusi dalam bentuk penambahan jumlah toko dan sarana pendukung, terkait peningkatan jumlah Miss Cimory yang meliputi pelatihan dan pengembangan. Terakhir, sekitar tujuh persen akan digunakan untuk modal kerja perseroan untuk pembiayaan kebutuhan operasional sehari-hari," ujar dia.

2. IPO jadi momentum bersejarah buat Cimory

Resmi IPO, Cimory Raup Dana Rp3,66 TriliunSuasana liburan di Cimory Dairyland, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. IDN Times/Naufal Al Rahman

Di sisi lain, pendiri sekaligus Presiden Komisaris CMRY Bambang Sutantio menyatakan, IPO ini menjadi momentum bersejarah bagi Cimory.

Hal ini sejalan dengan misi Cimory yang ingin menjadi pemimpin di bidang industri olahan susu dan makanan di Indonesia.

"IPO ini menjadi momen bersejarah bagi perusahaan kami, di mana kami bertransformasi dari sebuah perusahaan keluarga menjadi sebuah perusahaan terbuka, yang memiliki komitmen kuat terhadap tatakelola perusahaan yang baik, serta fokus pada pertumbuhan yang berkelanjutan," kata Bambang.

3. Update terkini saham CMRY

Resmi IPO, Cimory Raup Dana Rp3,66 TriliunCimory Dairyland & Resto Prigen. (youtube.com/Cimory Indonesia)

Saham CMRY terpantau sanggup bertahan di zona hijau sejak pembukaan perdagangan awal pekan ini.

Mengutip RTI hingga pukul 10.30 WIB, harga saham CMRY telah mengalami kenaikan 290 poin atau 9,42 persen menjadi Rp3.370 per lembarnya.

Baca Juga: Resmi! Harga IPO Bukalapak Rp850 per Lembar Saham

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya