Comscore Tracker

Selain Saham, Ini 5 Investasi yang Punya Prospek Keuntungan Tinggi

#IDNTimesBusiness Bisa dijadikan pendapatan pasif, lho!

Berinvestasi menjadi sebuah hal yang penting dan dapat membantu kamu dalam menghasilkan pendapatan pasif dan proses dalam menabung untuk masa pensiun. Investasi memiliki berbagai bentuk yang dapat membantu kamu dalam mendapatkan pendapatan dengan prospek keuntungan yang tinggi.

Walaupun kata investasi identik dengan saham, kamu juga dapat tetap melakukan berbagai jenis investasi lain yang menggunakan jumlah uang dan resiko yang berbeda sehingga kamu bisa memilih berbagai jenis investasi untuk mendapatkan pendapatan pasif dan keuntungan yang tinggi, yah!

1. Emas 

Selain Saham, Ini 5 Investasi yang Punya Prospek Keuntungan TinggiIlustrasi emas (pexels.com/Michael Steinberg)

Peristiwa penurunan nilai mata uang dapat berakibat pada kenaikan nilai emas, dimana emas mengalami kenaikan nilai sebesar 19% pada saat masa pandemik. Bahkan, emas dikenal sebagai investasi yang aman dan mampu mempertahankan nilainya seiring dengan pertambahan pengeluaran kebutuhan hidup.

Kamu bisa memililih berbagai cara dalam berinvestasi melalui emas, baik secara saham ataupun membeli emas secara fisik. Selain itu, emas juga termasuk dalam liquid asset sehingga kamu bisa menukarkan emas yang kamu miliki dengan uang tunai kapanpun yang kamu inginkan, lho.

2. Sewa properti

Selain Saham, Ini 5 Investasi yang Punya Prospek Keuntungan TinggiIlustrasi rumah (pexels.com/Scott Webb)

Lingkup real estate menjadi salah satu kesempatan investasi yang dapat memudahkan dan membuat kamu memiliki pendapatan pasif, dimana kamu bisa memulai dengan menyewakan properti kamu dengan menambahkan harga sewa diatas pembayaran hipotek sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Selain dapat menambah pendapatan, kamu juga bisa mendapatkan sebuah keamanan secara finansial dalam melakukan investasi properti. Hal ini dikarenakan properti dalam sebuah negara menjadi sebuah aset yang penting untuk dimiliki karena setiap manusia membutuhkan sebuah tempat untuk menetap.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Takut Memulai Investasi Saham, Sudah Tahu?

3. Kolektor 

Selain Saham, Ini 5 Investasi yang Punya Prospek Keuntungan TinggiIlustrasi karya seni (pexels.com/Rachel Claire)

Walaupun karya seni ataupun benda dapat menjadi sebuah investasi yang riskan, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan menjadi seorang kolektor. Karya seni, mainan vintage, fashion, ataupun karya kenangan dapat membawa banyak keuntungan dan penghasilan dalam jumlah besar.

Walaupun tidak semua kolektor dapat membawa keuntungan dalam jumlah yang besar, menjadi seorang kolektor merupakan sebuah kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dalam tingkat yang tinggi. Nah, sebelum kamu memutuskan untuk menjadi seorang kolektor, pastikan kamu sudah melakukan penelitian untuk koleksi yang kamu inginkan sebelum membeli koleksi tersebut, yah!

4. Menjadi silent business partner 

Selain Saham, Ini 5 Investasi yang Punya Prospek Keuntungan TinggiIlustrasi partner bisnis (pexels.com/Anna Shvets)

Salah satu investasi yang dapat menambah pendapatan adalah dengan menjadi seorang partner bisnis yang akan menyediakan ataupun menginvestasikan sejumlah uang, namun tidak terlibat dalam operasi usaha setiap harinya.

Nah, dengan menjadi seorang partner bisnis, kamu bisa mendapatkan beberapa bagian persentase dari keuntungan yang didapatkan dari usaha tersebut dan sesuai dengan persetujuan antara kedua belah pihak. Kamu juga bisa membantu mempromosikan dan mengembangkan usaha tersebut sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan secara lebih cepat, lho. 

5. Peer-to-peer lending (P2P) 

Selain Saham, Ini 5 Investasi yang Punya Prospek Keuntungan TinggiIlustrasi peer-to-peer lending (pexels.com/Sora Shimazaki)

Peer-to-peer lending (P2P) menjadi sebuah sarana yang mampu menghubungkan antara peminjam dengan kreditur atau pemberi pinjaman, di mana platform P2P memiliki minimum yang rendah dan berpotensi menghasilkan return yang tinggi.

Selain dapat bermanfaat bagi masyarakat yang mencari dana finansial, platform P2P juga menjadi salah satu hal yang dapat menghasilkan pendapatan pasif bagi investor. Walaupun demikian, berinvestasi menggunakan P2P juga memiliki berbagai resiko sehingga pastikan kamu sudah melakukan riset mengenai platform yang digunakan dan jenis investasi yang akan kamu lakukan, yah!

Dengan berbagai jenis investasi yang tersedia di berbagai platform dan bentuk yang beragam, kamu memiliki kesempatan untuk memilih dan mempertimbangkan investasi yang akan kamu lakukan berdasarkan resiko ataupun jumlah uang yang akan dikeluarkan. Investasi mana nih yang paling menarik buat kamu?

Baca Juga: Mau Tahu Cara Investasi di Pasar Modal? Awalnya Buka Rekening Saham!

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya