Comscore Tracker

Bocor Halus, 5 Hal Gak Penting Ini Bisa Ganggu Kondisi Keuangan Kamu

Henat, hemat, hemat!

Kamu pernah gak sih merasa kondisi keuangan kamu tidak stabil padahal kamu sudah berusaha untuk berhemat? Jika pernah, kemungkinan ada beberapa kesalahan kecil yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk kamu lakukan sehingga mengganggu kondisi keuangan.

Mayoritas dari hal-hal gak penting itu justru bisa jadi kebiasaan untuk sebagian orang. Sehingga tak heran jika kondisi keuangan mereka sering berubah-ubah. Nah, daripada penasaran yuk simak lima hal gak penting yang bisa ganggu kondisi keuangan kamu!

1. Belanja ini itu ketika ada diskon

Bocor Halus, 5 Hal Gak Penting Ini Bisa Ganggu Kondisi Keuangan KamuUnsplash.com/ArtemBeliaikin

Beberapa orang menganggap waktu yang paling tepat untuk berbelanja adalah ketika sedang ada diskon/potongan harga. Meski terdengar hemat, nyatanya anggapan itu gak akan berlaku jika kamu berbelanja terlalu banyak.

Mayoritas manusia akan membelanjakan uangnya ketika mendengar iming-iming potongan harga meski tidak penting sekalipun. Yang terpenting bagi mereka adalah mendapatkan barang dengan harga murah, namun bingung kapan akan menggunakannya.

2. Tidak peka terhadap hutang

Bocor Halus, 5 Hal Gak Penting Ini Bisa Ganggu Kondisi Keuangan KamuUnsplash.com/MathieuTurle

Berhati-hatilah dalam memutuskan segala sesuatu tentang keuangan. Kamu harus lebih peka terhadap yang namanya hutang-piutang. Mengapa? Sebab, hutang-piutang terkadang memiliki ending yang kurang menyenangkan.

Mungkin kamu sanggup membayarnya nanti. Namun akan lebih baik jika kamu memikirkannya kembali sebelum membeli. Karena biasanya 'trend' akan berubah dan memengaruhi daya tarik kita terhadap sebuah barang.

3. Ikut-ikut teman berbelanja

Bocor Halus, 5 Hal Gak Penting Ini Bisa Ganggu Kondisi Keuangan KamuUnsplash.com/HansonLu

Terkadang, teman-teman kamu secara tidak langsung memengaruhi kondisi keuangan kamu. Baik atau buruknya kondisi keuangan kamu terkadang terpengaruhi lewat gaya hidup yang spontan kalian anut.

Bagaimana begitu? Seperti halnya kamu menemani temanmu untuk berbelanja. Otomatis ada saja barang yang kamu lirik sehingga kamu membelinya tanpa ada rencana sebelumnya. Dan hal itu juga bisa terjadi seperti saat makan siang atau lainnya.

Baca Juga: Ini Lho 5 Cara Cerdas Mengatur Keuangan untuk Freelancer

4. Cari inspirasi sambil ngopi di cafe

Bocor Halus, 5 Hal Gak Penting Ini Bisa Ganggu Kondisi Keuangan KamuUnsplash.com/ClaudiaCrespo

Mencari inspirasi memang lebih enak ditemani secangkir kopi di sebuah tempat yang mengasyikkan. Tetapi, terlalu sering melakukan hal itu juga tidak baik untuk kesehatan kantong kamu!

Coba deh kamu ingat-ingat lagi, sudah berapa uang yang habis untuk nongkrong-nongkrong? Tak ada salahnya kamu menikmati hari dengan nongkrong seperti itu, hanya saja perlu kamu kendalikan. Sebab, sedikit saja pengeluaran dapat berpengaruh pada keuangan.

5. Makan atau minum di tempat yang sedang 'HYPE'

Bocor Halus, 5 Hal Gak Penting Ini Bisa Ganggu Kondisi Keuangan KamuUnsplash.com/WesualClick

Kamu pasti pernah punya keinginan untuk makan atau menikmati minuman di sebuah restoran yang sedang hype sekarang. Keinginan itu tak masalah jika kamu wujudkan sesekali, namun menjadi masalah jika kamu mewujudkan secara rutin. Mengapa? Sebab, tidak sedikit uang yang harus kamu keluarkan untuk berbelanja makanan di restoran. Oleh karena itu lebih baik kamu tahan keinginan itu dulu ya!

Itulah kelima hal yang sebenarnya gak penting dan bisa buat kondisi keuangan gak stabil. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Jurus Jitu Mengelola Keuangan agar Aman di Masa Pandemik

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya